INSIGHT-HOLLYWOOD

Best Picture: The King Vs Toy Story

Kamis, 03 Februari 2011 08:13  | 

Natalie Portman


Best Picture: The King Vs Toy Story




KapanLagi.com -
Oleh: Fatchur Rochim

Bukan tak mungkin memang kalau pemenangnya adalah TOY STORY 3. Paling tidak, judul bagian penutup dari trilogi TOY STORY disebut sebagai salah satu nominasi dari Best Picture Oscar tahun ini. Malahan, TOY STORY 3 adalah satu-satunya film animasi yang berhasil masuk kategori paling bergengsi di ajang perebutan Academy Awards ini. Tapi tentu saja jalan tak semulus itu buat Woody dan kawan-kawan karena sepertinya Sang Raja alias THE KING'S SPEECH siap menghadang.

Seperti juga tahun kemarin, kali ini ada sepuluh judul film yang masuk nominasi Best Picture alias Film Terbaik versi Oscar. Genre yang berhasil masuk pun cukup bervariasi dan sepertinya para petinggi Oscar ingin lebih mengakomodasi hasil karya orang-orang di industri perfilman dengan memasukkan beberapa judul yang dulu sepertinya tak akan mungkin bisa masuk nominasi. Dari sepuluh judul yang sudah diumumkan paling tidak ada beberapa judul yang sudah akrab di telinga lantaran bukan termasuk 'film festival'. Sebut saja ada INCEPTION yang sempat bikin heboh atau malah TOY STORY 3 yang juga mendapat nilai tinggi dari para kritikus film.

Ada lagi BLACK SWAN yang menawarkan konsep thriller psikologis atau TRUE GRIT yang sepertinya bakal jadi tanda bangkitnya film Western di Hollywood setelah cukup lama tak ada film dari genre ini yang bisa dibilang berkualitas tinggi. Sepuluh film yang masuk nominasi ini memang punya kelebihan sendiri-sendiri dan sepertinya juri harus bekerja ekstra keras untuk menentukan siapa yang berhak menyandang gelar film terbaik tahun ini.

1. BLACK SWAN

BLACK SWANBLACK SWAN

Film yang mengambil seting di dunia pementasan drama balet ini memang sempat membuat banyak kritikus terpesona. Kesuksesan film ini tentu saja tak lepas dari akting Natalie Portman dan kepiawaian Darren Aronofsky dalam membuat visualisasi dari kisah yang menegangkan ini. Film ini tak hanya berkualitas tapi sekaligus juga menghibur, terbukti dari penghasilan yang ia dapat dari berbagai gedung bioskop di seluruh dunia.

2. THE FIGHTER

THE FIGHTERTHE FIGHTER

Film tentang petinju memang sempat jadi booming saat Sylvester Stallone memerankan Rocky di akhir tahun 1970-an lalu. Namun seiring waktu film seperti ini tak lagi diminati. Lalu apa yang membuat THE FIGHTER lantas jadi salah satu film yang masuk nominasi Best Picture? Ternyata salah satu penyebabnya adalah permainan cemerlang Christian Bale, Mark Wahlberg, Amy Adams, dan Melissa Leo.

3. INCEPTION

INCEPTIONINCEPTION

Yang satu ini memang istimewa. Selain ada nama Christopher Nolan dan Leonardo DiCaprio, konsep yang ditawarkan film ini memang sempat membuat banyak orang penasaran. Tak heran jika film yang konon dirancang Nolan selama bertahun-tahun ini bisa masuk salah satu nominasi Best Picture Oscar tahun ini. Soal menang atau tidak memang masih harus menunggu keputusan juri.

4. THE KIDS ARE ALL RIGHT

THE KIDS ARE ALL RIGHTTHE KIDS ARE ALL RIGHT

Awalnya THE KIDS ARE ALL RIGHT memang dirilis secara terbatas di Amerika Serikat sana. Mungkin karena respon yang ternyata sangat tinggi pula lantas film ini dirilis di lebih banyak gedung bioskop. Meski film ini adalah film drama keluarga dengan bumbu komedi namun sepertinya film ini tak membuat penonton kecewa. Bisa jadi, selain karena akting para pemainnya yang memang di atas rata-rata, pesan moral yang disampaikan film ini cukup mengena buat orang-orang di sana.

5. THE KING'S SPEECH

THE KING'S SPEECHTHE KING'S SPEECH

Walaupun Colin Firth sempat mengeluh kesulitan mencari referensi saat harus Raja George VI namun nyatanya itu tak menghalangi aktor yang kemarin juga bermain apik dalam film A SINGLE MAN untuk bermain maksimal. Memukau barangkali adalah kata yang tepat untuk menggambarkan akting Colin Firth dalam film ini. Tentu saja itu juga tak lepas dari campur tangan Tom Hooper, sang sutradara.

6. 127 HOURS

127 HOURS127 HOURS

Kisah tragis yang dialami Aron Ralston memang materi yang sangat bagus untuk difilmkan. Perjuangan seorang manusia yang mencoba bertahan dari ganasnya alam ini pun dapat divisualisasikan dengan baik oleh sang sutradara. Soal penyutradaraan, Danny Boyle memang sudah tak perlu diragukan lagi dan dipersenjatai dengan materi yang sudah bagus dan aktor andal seperti James Franco, tak ada alasan buat Boyle untuk tak menghasilkan sebuah film berkualitas seperti ini.

7. THE SOCIAL NETWORK

THE SOCIAL NETWORKTHE SOCIAL NETWORK

Tak mengherankan kalau sampai THE SOCIAL NETWORK ini bisa sukses secara komersial. Siapa yang tak kenal Facebook dan siapa juga yang tak ingin mengetahui kisah di balik terciptanya situs jejaring sosial yang sudah mendunia ini? Tapi bukan itu saja kunci sukses film arahan David Fincher ini. Ada beberapa hal yang mengagumkan dari film ini. David mampu membuat film yang menarik untuk diikuti meskipun sebenarnya kalau dipikir-pikir film ini punya potensi jadi sesuatu yang membosankan. Ditambah lagi dengan permainan apik dari Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, dan Justin Timberlake, nominasi Oscar jelas wajib didapatkan film ini.

8. TOY STORY 3

TOY STORY TOY STORY

Mencoba melihat dunia dari mata toys! Menarik memang, dan itulah yang jadi salah satu daya tarik film ketiga dari keluarga TOY STORY ini. Kedua, jelas adalah kualitas animasi Pixar dan para pengisi suara yang tak hanya sekedar membaca naskah tapi juga memberikan nafas pada karakter animasi yang ada. Selain itu, alur kisah yang mampu merangkul semua lapisan usia jelas jadi nilai tambah buat film yang memasang nama Tom Hanks ini.

9. TRUE GRIT

TRUE GRITTRUE GRIT

Rasanya cukup lama juga sejak terakhir kita menikmati film Western berkualitas seperti TRUE GRIT ini. Hampir bisa dipastikan kalau TRUE GRIT ini nantinya bakal menjadi pemicu munculnya banyak film dari genre ini. Terlepas dari itu, TRUE GRIT memang menarik. Coen bersaudara sepertinya memilih tetap 'setia' pada sumber aslinya dan dengan dukungan Jeff Bridges, Matt Damon, dan Josh Brolin, pas sudah TRUE GRIT ini jadi sukses secara finansial maupun dari sisi kualitas.

10. WINTER'S BONE

WINTER'S BONEWINTER'S BONE

Walaupun track record Debra Granik, sang sutradara, memang masih pendek namun bukan berarti lantas ia tak bisa menghasilkan film berkualitas. Buktinya, WINTER'S BONE ini sampai bisa masuk nominasi film terbaik Oscar dan ini jelas bukan karena keberuntungan. Debra cukup jeli saat mengadaptasi versi novelnya menjadi naskah dan hal yang sama terjadi saat ia memilih pemeran utama dalam ini.

AND THE AWARD MAY GO TO...

Walaupun ini masih baru berstatus prediksi namun sepertinya ada tiga kandidat paling kuat untuk kategori ini. TOY STORY 3 punya kans kuat jadi pemenang namun di saat yang sama ia juga masuk nominasi kategori Best Animated Feature dan sepertinya ada kemungkinan film ini akan berjaya di kategori itu. THE SOCIAL NETWORK dan THE KING'S SPEECH juga sama-sama kuat meski ada kemungkinan THE KING'S SPEECH yang bakal lebih mempesona dewan juri Oscar. (kpl/roc)