INSIGHT-HOLLYWOOD

BLUE VELVET

Jum'at, 03 Desember 2010 10:13  | 

Isabella Rossellini







KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Directed by:David Lynch
Starring:Kyle MacLachlan, Isabella Rossellini, Dennis Hopper, Laura Dern
Running time:120 minutes
Jeffrey Beaumont: See that clock on the wall? In five minutes you are not going to believe what I've told you.

Jika dibandingkan dengan-serial TV TWIN PEAKS, film LOST HIGHWAY dan MULHOLLAND DRIVE, BLUE VELVET adalah salah satu film David Lynch yang gampang dimengerti. Seperti biasa ada keanehan dan kengerian di luar batas yang ditampilkan film ini tanpa perlu obral darah. Awalnya film ini dianggap menjijikkan oleh kritikus, tapi seiring berjalannya waktu, kritikus menyukai film ini dan memasukkannya ke dalam kategori Cult.

Kisah dimulai ketika Jeffrey Beaumont (Kyle MacLachlan) menemukan sepotong telinga di sebuah lapangan kosong seusai menjenguk ayahnya di Rumah Sakit.

Ia lalu memberikan potongan telinga itu ke detektif John Williams (George Dickerson) dan ia berkenalan dengan putri detektif itu; Sandy (Laura Dern). Sandy lalu menceritakan seorang wanita yang mencurigakan yang bisa jadi berhubungan dengan potongan telinga itu; Dorothy Vallens (Isabella Rossellini). Jeffrey lalu melakukan penyelidikan sendiri dan menyelinap ke apartemen Dorothy.

Di apartemen itu ia malah dipergoki Dorothy yang mengancamnya dengan pisau. Lalu ketika pintu apartemen diketuk Dorothy meminta Jeffrey bersembunyi di lemari. Dari balik lemari Jeffrey melihat Frank Booth (Dennis Hopper) datang dan melakukan hubungan seksual yang sangat aneh dan menjijikkan pada Dorothy. Ada apa ini dan apa hubungannya dengan potongan telinga itu? Tanpa disadari keingintahuan Jeffrey malah menyeretnya menuju masalah baru yang lebih besar dan masih berhubungan dengan potongan telinga itu.

Di atas kertas kisahnya hanya kisah kriminal biasa, tapi David Lynch dengan bumbu aneh dan elemen sado masokisnya mampu membuat penonton tercengang sekaligus takut pada Frank Booth serta heran pada kejadian-kejadian selanjutnya. Bahkan bagi mereka yang gampang takut, film ini bisa memberikan mimpi buruk. Film ini bisa dikatakan membantu meluncurkan karir Dennis Hopper dan Isabella Rossellini, bahkan David Lynch mendapat nominasi sebagai sutradara terbaik di ajang Oscar untuk kedua kalinya.

Padahal awalnya banyak perusahaan film menolak memfilmkan naskah BLUE VELVET karena dianggap terlalu sadis dan mengerikan. Barulah ketika produser Dino De Laurentiis bersedia memberikan bujet hanya US$6 juta dan kebebasan artistik bagi David Lynch, proyek ini jalan. Pada saat rilis film ini hanya memiliki satu nama aktor terkenal, Dennis Hopper yang sudah terkenal lewat EASY RIDER (1969) dan APOCALYPSE NOW (1979).

Lalu apa BLUE VELVET sebenarnya? Ini adalah kisah misteri penyelidikan, kebusukan di balik indahnya hidup di kota kecil juga mengenai obsesi aneh beberapa manusia akan hubungan seks yang tidak wajar. Kalau Anda meringis ketika menontonnya, berarti David Lynch berhasil membuat Anda merasa jijik akan kekerasan yang ada di dalamnya.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Oktober 2010, halaman 94