INSIGHT-HOLLYWOOD

'BODY OF PROOF', Get Away With Murder? Over Their Dead Bodies

Kamis, 11 Agustus 2011 12:13

'BODY OF PROOF', Get Away With Murder? Over Their Dead Bodies
BODY OF PROOF





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Originally On:ABC
Status:New Series
Premier:March 29, 2011
Created by:Chris Murphey
Show Categories:Medical drama/Police procedural
Starring:Dana Delany, Megan Hunt, Jeri Ryan, Kate Murphy, John Carroll Lynch, Bud Morris, Nicholas Bishop, Peter Dunlop, Sonja Sohn, Samantha Baker, Geoffrey Arend, Ethan Gross, Windell Middlebrooks, Curtis Brumfield
Drama yang mengangkat tema prosedural kepolisian terus berkembang. Setelah mengambil sudut pandang polisi biasa, detektif, serta ahli forensik, kini kisah drama ini mengambil sudut pandang lainnya, yaitu tim medical examiner (otopsi). Serial yang baru mulai ditayangkan pada 29 Maret 2011 ini merupakan kreasi perdana dari Chris Murphey (DEAD LAWYERS).

BODY OF PROOF awalnya akan ditayangkan perdana pada 22 Oktober 2010, namun karena gagalnya beberapa serial ABC yang lain, akhirnya penayangan serial yang semula berjudul BODY OF EVIDENCE ditunda. Saluran alfabet ini akhirnya memutuskan untuk menempatkan BODY OF PROOF sebagai serial pengganti (sementara) dari serial yang hiatus atau mengalami pembatalan. Tapi siapa sangka, BODY OF PROOF malah berhasil mencuri perhatian publik luas, di mana episode pilotnya disaksikan oleh 13,94 juta pasang mata.

Kisah yang ada sendiri berfokus pada sepak terjang tim otopsi dan detektif penyidik. Tidak ditemukan aksi forensik yang ilmiah nan rumit, melainkan hanya sebuah otopsi dan turunannya dari sebuah jenazah yang ternyata dapat bercerita banyak kepada para penyidik agar pelaku kejahatan dapat ditemukan.

BODY OF PROOFBODY OF PROOF

"I think it's a great combination of the procedural, but also very heavily driven by character and certainly Dana's character and how we all fit into that world. You get to know a little more about the people outside of the job." - Nicholas Bishop

Tim otopsi ini dipimpin oleh Dr. Megan Hunt (Delany); dokter bedah andal yang harus meninggalkan pekerjaan yang sangat ia cintai karena sebuah kecelakaan. Walaupun berhasil selamat, Dr. Hunt harus mengakhiri karirnya dan meniti karir baru karena tangannya yang terus gemetar. Ia ditemani oleh Peter Dunlop (Bishop); mantan polisi yang kini bekerja sebagai Medicolegal Investigator. Selain itu, juga ada Dr. Kate Murphy (Ryan); Chief Medical Examiner, Dr. Ethan Gross (Arend); ahli forensik patologi, serta Dr. Curtis Brumfield (Middlebrooks); Deputy Chief Medical Examiner.

Dr. Hunt bukanlah ahli otopsi yang enak untuk diajak bekerja sama, namun ia adalah yang terbaik di bidangnya. Banyak detektif yang tidak dapat menerima cara pendekatan Hunt yang intimidatif dan melibatkan diri dalam investigasi kepolisian yang sebenarnya bukan pekerjaannya. Namun saat bertemu dengan Detective Bud Morris (Lynch) dan Detective Samantha Baker (Sohn), dokter yang ternyata kehidupan pribadinya jauh dari kata sempurna seperti pekerjaannya ini seakan-akan menemukan rekan kerja yang ia idamkan.

Awalnya, bukan perkara mudah bagi duo detektif tersebut untuk menerima cara pendekatan yang dilakukan Dr. Hunt saat 'membantu' penyelidikan. Namun seiring kontribusi besarnya, akhirnya mereka dapat menerima berbagai masukan dari sang dokter dan timnya.

Menilik aksi Dr. Hunt dalam BODY OF PROOF, sangat bertentangan dengan sepak terjang medical examiner dalam film atau serial-serial bertema prosedural kepolisian lainnya. Walaupun berhasil menampilkan sudut pandang yang berbeda di mana kini berbagai hal berbau medis lebih diutamakan, tapi pada kenyataannya, nuansa forensik layaknya CSI maupun BONES sulit untuk dilepaskan.

Serial yang menampilkan latar belakang kehidupan pribadi Dr. Hunt sebagai cerita tambahan ini mendapat beragam tanggapan dari para kritikus. Tapi kelihatannya penonton awam kurang setuju dengan tanggapan para 'ahli' tersebut. Hal ini terbukti dengan rataan jumlah penonton BODY OF PROOF yang mencapai 10,95 juta pasang mata setiap episodenya.

ABC sendiri telah memastikan bahwa BODY OF PROOF akan berlanjut ke musim kedua yang rencananya akan dimulai pada September 2011.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Juli 2011, halaman 128