INSIGHT-HOLLYWOOD

'BRICE DE NICE'

Selasa, 19 Juni 2012 12:13  | 

Jean Dujardin


'BRICE DE NICE'
Brice de Nice





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags

Film that tell you how to 'surfing' the life!

Directed by: James Huth | Starring: Jean Dujardin, Clovis Cornillac, Elodie Bouchez, Alexandra Lamy, Delphine Chaneac | Genre: Drama-Comedy | Running time: 98

"You're still there? You don't have a home? Ha, I got you!" - Brice

Inilah film komedi unik yang memberikan penontonnya perasaan campur aduk, antara membenci kualitas filmnya sekaligus tertawa lepas dengan lelucon sederhana dari film produksi tahun 2005 ini. Film ini menjadi debut aktor komedi asal Perancis, Jean Dujardin sebagai pemeran utama yang membawa namanya melejit di tanah kelahiran Napoleon Bonaparte ini.

Film ini bercerita tentang seorang pria kaya asal kota Nice bernama Brice (Dujardin), yang bercita-cita menjadi seorang peselancar. Namun sangat disayangkan, karena pantai di pesisir kota Nice merupakan pantai yang tidak memiliki ombak besar, maka Brice memutuskan untuk menunggu datangnya ombak yang diimpikannya. Untuk menunggu ombak besar yang dipercayanya akan datang di wilayah laut yang tenang tersebut, pria berusia 30 tahun ini pun mengadakan pesta dengan menggunakan uang sang ayah. Namun, masalah pun menghinggapi kala ayahnya ditangkap polisi akibat tuduhan pencucian uang. Brice langsung jatuh miskin dan mengharuskannya untuk bekerja.

Bingung karena tidak pernah bekerja, akhirnya Brice memutuskan untuk merampok bank, tetapi gagal. Kegagalan tersebut mempertemukannya dengan seorang cacat bernama Marius Lacaille (Cornillac) yang membutuhkan uang untuk biaya operasi kaki. Suatu hari, ia mendapat informasi tentang sebuah kompetisi berselancar dengan total hadiah $100.000 dan memutuskan untuk mengikuti kompetisi tersebut untuk memperbaiki hidupnya dan membantu sang sahabat.

Walaupun tidak mendapat sambutan yang hangat dari beberapa kritikus film, film dengan tema sederhana tentang bagaimana menjalani hidup pasca mendapat masalah besar dan disajikan dalam durasi 98 menit ini dianggap oleh banyak para penontonnya sebagai sebuah cult film, melalui baju dan papan selancar berwarna kuning serta celana big-size yang menjadi ciri khasnya.

Selain itu, menjadi menjadi debut dari aktor pemenang piala Oscar untuk kategori Best Actor tahun 2012 ini film ini juga menjadi film dengan keuntungan terbesar pada tahun 2005 dengan keuntungan mencapai 37,605,156 dari biaya produksi sebesar 5,340,000. Film yang temanya mirip dengan film POINT BLANK (1991) ini juga membawa nama Dujardin sebagai pemenang NRJ Cine Award untuk kategori Best Look dan menjadi penghargaan pertama bagi aktor Perancis kelahiran 19 Juni 1972 tersebut.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Mei 2012, halaman 106