INSIGHT-HOLLYWOOD

Christian Bale, Kesatria Kegelapan Yang Bersinar Sejak Kecil

Senin, 28 Juli 2008 22:57  | 

Christian Bale







KapanLagi.com - Dengan begitu suksesnya film BATMAN, THE DARK KNIGHT, yang mampu menembus angka pendapatan sebesar US$300 juta dalam 10 hari saja, maka nama Christian Bale, aktor piawai asal Inggris, ini pun semakin bersinar pula. Tapi bagaimana awal perjalanan Bale sehingga mampu memerankan sang kesatria kegelapan yang diklaim sebagai BATMAN terbaik sepanjang masa ini?

Didukung Penuh Oleh Sang Ayah

Christian Bale terlahir dengan nama Christian Charles Philip Bale yang dikenal juga dengan nama Christian Morgan Bale. Dia dilahirkan pada 30 Januari 1974 di Wales dari pasangan David Bale dan Jenny James. Dia adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Setelah meninggalkan Wales, Bale menghabiskan masa kanak-kanaknya di beberapa negara seperti Inggris, Portugis, dan Amerika Serikat.

Waktu kecil, Bale berlatih balet dan gitar. Kakaknya, Louise, mengikuti kegiatan teater dan hal ini yang mempengaruhinya untuk menjadi seorang aktor. Ayah Bale, David, sangat mendukung bakat akting Bale. Dia mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai pilot untuk mengembangkan karir Bale. David meninggal 30 Desember 2003 karena brain lymphoma pada usia 62 tahun.

Mengawali Karir di Usia Muda

Langkah pertama Bale ke dunia akting adalah sebuah iklan penghalus pakaian, Lenor, pada 1982 saat usianya baru 8 tahun. Iklan ini kemudian diikuti oleh iklan-iklan yang lain sampai akhirnya pada 1986, Bale membintangi film televisi pertamanya, ANASTASIA: THE MYSTERY OF ANNA.

Tahun 1987, Amy Irving merekomendasikan Bale pada Steven Spielberg untuk berperan di EMPIRE OF THE SUN yang diadaptasi dari semi otobiografi JG Ballard. Di situlah Bale menarik perhatian publik, saat itu usianya baru 13 tahun.

Sejak saat itu, Bale akhirnya diberi peran yang beraneka ragam. Bale juga dikenal atas penggemarnya yang sangat setia. Terbitan edisi ulang tahun kesepuluh Entertainment Weekly menyebutnya sebagai salah satu dari 'Top 8 Most Powerful Cult Figures of the Past Decade.'

Pada 2007, polling pengguna Imdb menunjukkan bahwa Bale telah menjadi aktor favorit mereka di bawah usia 40 tahun. Entertainment Weekly juga menyebut Bale sebagai 'Most Creative People in Entertainment' atas penampilannya yang dinamis dalam AMERICAN PSYCHO.

Sangat Berdedikasi Pada Perannya

Bale tidak pernah main-main dengan peran yang dilakoninya. Setelah memerankan Pendeta John Preston dalam EQUILIBRIUM yang jeblok di pasaran, pada 2004 Bale memerankan Trevor Reznik untuk thriller psikologis, THE MACHINIST.

Bale mengambil peran ini karena dia merasa 'tertantang' dengan naskah filmnya. Reznik adalah penderita insomnia kronis yang tidak bisa tenang karena merasa diikuti oleh orang misterius. Demi mendapat gambaran penderita insomnia kronis yang nyata, Bale rela melakukan diet gila-gilaan dengan hanya memakan kopi dan apel.

Dalam beberapa bulan saja, Bale kehilangan 55 kg. Dalam satu adegan, karakter yang dimainkan oleh Jennifer Jason Leigh berkata, "Jika kau lebih kurus lagi, kau bisa jadi tidak akan ada."

Batman Baru

Bale sudah ditunjuk sebagai calon pemain BATMAN sejak awal 2002. Kabarnya dia diaudisi untuk memerankan Robin dalam BATMAN FOREVER (1995) namun dikalahkan oleh Chris O Donnell. Namun rumor ini ditolak oleh Bale sendiri dalam sebuah wawancara tahun ini.

Pada 2004, setelah menyelesaikan THE MACHINIST, Bale benar-benar ditunjuk sebagai Bruce Wayne/Batman dalam film BATMAN BEGINS yang dibidani oleh Christopher Nolan. Film ini sendiri benar-benar permulaan yang berbeda dari mitos Batman tanpa ada ikatan apa-apa dari film-film Burton atau Schumacher.

Demi perannya ini, Bale diwajibkan menggemukkan badan dan diberi tenggat waktu enam bulan saja. Dengan bantuan pelatih pribadi, akhirnya Bale berhasil melakukannya dan naik 46 kg dalam enam bulan.

Tersiksa Karena Batman

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dari karakter Batman, Bale membaca berbagai jenis komik Batman. Baginya, hal yang paling menyakitkan saat bermain sebagai Batman adalah kostumnya.

"Kau ada di dalamnya, kau kepanasan, berkeringat, dan kepalamu sakit karena topengnya. Tapi aku tidak akan mengeluh karena aku akan menjadi Batman."

Saat mempromosikan film ini, Bale dikabarkan tetap menggunakan aksen Amerika milik Batman untuk menghindarkan kebingungan bahwa Batman berasal dari Inggris.

Tapi terbukti Bale mampu memerankan Batman dengan sukses dengan begitu berhasilnya film BATMAN BEGINS yang mengumpulkan US$370 juta di seluruh dunia. Bale juga tetap memerankan Bruce Wayne dalam sekuel BATMAN BEGINS, THE DARK KNIGHT. Film ini sendiri benar-benar sukses memecahkan beberapa rekor box office secara mengagumkan.

Kehidupan Pribadi

Bale menikah dengan Sandra Blazic pada 29 Januari 2000. Mereka dikaruniai seorang putri bernama Emmeline pada 27 maret 2005. Seperti juga ayahnya, Bale dikenal sebagai aktivis yang gencar memperjuangkan masalah Green Peace dan hewan yang terancam punah.

Semakin bersinar seseorang memang semakin banyak juga masalah yang menerpanya. Baru-baru ini Bale dituduh melakukan tindak kekerasan pada ibu dan kakaknya. 22 Juli lalu Bale datang ke kantor polisi London dan ditahan atas dugaan tindak kekerasan tersebut. Setelah diinterogasi selama lebih dari empat jam, akhirnya Bale dibebaskan sementara investigasi lebih lanjut masih ditunda. Bale sendiri menolak segala tuduhan ini. (kpl/npy)