INSIGHT-HOLLYWOOD

'FAUST'

Kamis, 16 Februari 2012 12:13

'FAUST'
Faust





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Director:Alexander Sokurov
Starring:Johannes Zeiler, Anton Adasinsky, Isolda Dychauk, Hanna Schygulla, Georg Freidnch
Release:8 September 2011
Genre:Drama
Running time:134 minutes
Film ini merupakan seri terakhir dari tetralogi tentang efek negatif kekuatan dari kekuasaan yang dimiliki manusia garapan sutradara Rusia, Alexander Sokurov. Tiga film sebelumnya adalah MOLOCH (1999) yang bercerita tentang Hitler, TAURUS (2000) tentang Lenin, dan THE SUN (2004) menceritakan Kaisar Hirohito. FAUST merupakan sebuah film interpretasi bebas sang sutradara dari drama karya Johann Wolfgang von Goethe dan Thomas Mann berjudul FAUST.

Film yang ber-setting pada abad ke-19 ini menceritakan tentang seorang pria yang menjual jiwanya kepada setan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih banyak lagi. Berbeda dengan cerita asli dari drama Goethe, di mana Faust menukar jiwanya untuk menyelamatkan penduduk desa dari wabah penyakit yang disebarkan iblis; tokoh Faust (Zeiler) dalam film ini menjual jiwanya karena adanya pembatasan dari kaum agamawan terhadap ilmu pengetahuan dan masalah keuangan yang dihadapinya.

FaustFaust

Faust merupakan seorang dokter yang memiliki obsesi untuk meneliti jiwa manusia. Dengan bantuan dari asistennya, Wagner (Freidrich), Faust mencoba mencari jiwa manusia melalui pembedahan mayat, namun gagal menemukannya. Sebagai seorang ilmuwan cerdas yang membutuhkan biaya untuk penelitiannya, Faust yang miskin dan mendapati dirinya akan kelaparan mencoba untuk menjual hartanya di sebuah toko loak. Di sana, ia bertemu dengan seorang money-lender (Adasinsky) yang sebenarnya merupakan perwujudan dari Mephistopheles, sang iblis. Faust kemudian mencoba untuk menawarkan barang yang dibawanya, namun sang iblis menolak karena ia hanya menginginkan jiwa Faust. Dengan caranya yang licik, sang iblis mengikat jiwa Faust dengan memanfaatkan nafsu Faust yang besar untuk memikat Margarete (Dychauk) dan kebutuhannya akan harta.

Film berbujet delapan juta euro ini diproduksi oleh Proline Film dan mendapat dukungan dari Mass Media Support Fund of Russia. Pengambilan gambar dimulai pada 17 Agustus 2009 di Republik Ceko yang berlangsung selama dua bulan. Selain Ceko, Jerman juga menjadi pilihan lokasi syuting. Pada bulan Oktober, tahapan syuting pindah ke Islandia selama beberapa hari.

Film ini dirilis bersamaan dengan Venice Film Festival ke-68 tahun 2011 dan memenangkan tiga penghargaan sekaligus, yakni sebagai Future Film Festival Digital Award, Golden Lion untuk kategori Best Film, dan SICNIS Award. Seperti yang dikatakan Darren Aronofsky, selaku ketua juri Venice Film Festival untuk tahun ini, bahwa FAUST mendapat penghargaan tertinggi karena film ini adalah sebuah film yang sulit dilupakan apabila seseorang telah menontonnya.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Cinemags 2012, halaman 96