INSIGHT-HOLLYWOOD

Italian Funny Man Roberto Benigni

Jum'at, 20 Mei 2011 12:13  | 

Roberto Benigni


Italian Funny Man Roberto Benigni
Roberto Benigni





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Siapakah yang mengguncang panggung Academy Awards dengan sifat norak sampai naik ke atas kursi? Momen yang berkesan itu dibuat oleh Roberto Benigni, aktor kelahiran tahun 1952 yang berhasil menggondol Oscar untuk aktor terbaik dalam LIFE IS BEAUTIFUL, pertama kali untuk aktor pria dalam peran yang sama sekali tidak menggunakan bahasa Inggris. Selain itu LIFE IS BEAUTIFUL juga menggondol Best Original Dramatic Score dan Best Foreign Language Film.

Suami aktris Nicoletta Braschi ini lahir di kota Manciano La Misencordia, Italia. Tahun 1971 ia berkenalan dengan dunia teater dan mengguncang Italia dengan serial TV berjudul ONDA LIBERA. Kegiatan di luar layar tak kalah menarik, ia adalah simpatisan Partai Komunis Italia dan membuat kontroversi sebab dalam sebuah acara ia hampir berkelahi dengan politisi lain dan sampai sekarang ia dikenal sebagai aktivis yang sangat anti dengan Perdana Mentri Silvio Berlusconi. Karirnya sebagai sutradara dimulai dalam TU MI TURBI (YOU UPSET ME, 1983) di mana ini juga film pertamanya dengan sang istri; Nicoletta Braschi.

Tahun 1986 ia bekerja sama dengan sutradara Jim Jarmusch untuk bermain di tiga filmnya. Salah satu peran seriusnya ada dalam film sutradara legendaris Italia, Federico Fellini yang terakhir LA VOCE DELLA LUNA (1989).

Barulah ketika LIFE IS BEAUTIFUL muncul namanya terkenal sampai ke luar Italia. Tak hanya nominasi tujuh Oscar yang dahsyat tapi kelakuan Benigni yang kocak karena naik ke atas kursi yang menjadi sorotan publik. Sesudah kesuksesan itu publik berharap banyak pada Benigni tapi karirnya malah menurun.

Seperti ketika ia bermain sebagai Detritus dalam ASTERIX AND OBELIX VS CAESAR yang filmnya tidak disambut kritikus, dan PINNOCHIO (2002) yang bujetnya mahal tapi malah semakin tidak disukai kritikus. Tampaknya karir aktor yang pernah menjadi kandidat untuk Nobel Sastra ini akan sulit naik lagi sebab film terakhirnya adalah tahun 2005, LA TIGRE E LA NEVE (THE TIGER AND THE SNOW), sebuah kisah cinta dengan latar perang Irak yang juga mendapat review buruk.

Walau begitu ia tetap mendapatkan penghargaan seperti Doctor Honoris Causa tahun 2007 oleh Katholieke Universiteit Leuven, Belgia. Gagal di sinema tak membuatnya berhenti berkarir di bidang lain, tahun 2006-2007 ia sukses melakukan acara talkshow satu setengah jam dan berkeliling Italia.(Cinemags/roc)

Filmography

  • YOU UPSET ME (TU MI TURBI) (1983)
  • L'ADDIO A ENRICO BERLINGUER (1984)
  • NOTHING LEFT TO DO BUT CRY (NON CI RESTA CHE PIANGERE) (1985)
  • THE LITTLE DEVIL (II PICCOLO DIAVOLO) (1988)
  • JOHNNY TOOTHPICK (JOHNNY STECCHINO) (1991)
  • THE MONSTER (IL MOSTRO) (1994)
  • LIFE IS BEAUTIFUL (LA VITA E BELLA) (1997)
  • PINOCCHIO (2002)
  • THE TIGER AND THE SNOW (LA TIGRE E LA NEVE) (2005)

Source: Cinemags, April 2011, halaman 117