INSIGHT-HOLLYWOOD

Meryl Streep Cetak Rekor Baru

Kamis, 04 Maret 2010 17:44  | 

Meryl Streep






KapanLagi.com - Lagi-lagi kepiawaian Meryl Streep dalam dunia akting mendapat pengakuan. Aktris kawakan ini mendapatkan nominasi Oscar di kategori Best Actress untuk perannya di JULIE & JULIA. Dan nominasi ini merupakan yang ke-16 kalinya, sebuah rekor baru dalam perolehan nominasi Academy Awards.

Cetak Rekor Baru

Perolehan nominasi yang kini dicapai Streep melampaui dua seniornya, yang sebelumnya jadi rekor tertinggi, yakni Katharine Hepburn dan Jack Nicholson (masing-masing 12 nominasi). Meski Hepburn unggul dengan mendapatkan empat piala kemenangan dan Nicholson dua piala Best Actor dan satu best supporting. Sedang Streep hanya mendapat satu piala Best Actress dan satu piala Best Supporting.

Prestasi Bagi Veteran

Walau Streep mengalahkan rekor Hepburn, dia juga mengikuti jejak pendahulunya ini. Hepburn dinominasikan ke-10 kalinya untuk peran di GUESS WHO'S COMING TO DINNER di perhelatan Oscar tahun 1967, saat itu usianya 60 tahun.

Sama seperti Streep saat ini, yang dinominasikan untuk JULIE & JULIA dalam usianya yang 60 tahun. Dengan prestasi yang dicapainya ini, Streep berhasil mematahkan klise di Hollywood, dimana bintang veteran biasanya hanya mendapat peran yang kurang penting dalam sebuah film. Wanita bernama asli Mary Louise Streep ini membuktikan, bukan penampilannya yang membuatnya berjaya melainkan kemampuannya berakting.

Bersaing Dengan Junior

Streep kali ini harus bersaing dengan bintang-bintang muda, beberapa bahkan junior jauh di bawahnya, seperti Carey Mulligan dari film AN EDUCATION dan Gabourey Sidibe untuk perannya di PRECIOUS. Helen Mirren dari film THE LAST STATION dan Sandra Bullock untuk film THE BLIND SIDE, keduanya sama-sama sudah punya nama di panggung musik. Sepanjang sesi penghargaan tahun ini, Sandra Bullock disebut-sebut jadi pesaing berat Streep.
Agnes MonicaAgnes Monica
Namun keduanya cukup santai menghadapi persaingan ini. Bahkan saat ajang penghargaan pemanasan Oscar, Golden Globes, Bullock yang kalah dari seniornya ini memberikan ciuman di bibir. Menang atau kalah, peran Streep sebagai juru masak legendaris Julia Child di JULIE & JULIA membuktikan meski di usia lanjut, kalau urusan akting, dia tak kalah hebat jika harus bersaing dengan juniornya. (kpl/erl)