INSIGHT-HOLLYWOOD

'MILDRED PIERCE'

Rabu, 29 Desember 2010 12:13

'MILDRED PIERCE'
Mildred Pierce




KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

In her heart of hearts she knew it would happen this way!

Directed by:Michael Curtiz
Starring:Joan Crawford, Ann Blyth, Jack Carson, Zachary Scott, Eve Arden
Genre:Drama/Romance
Distributed by:Warner Bros
Release date:September 24, 1945
Running time:111 minutes
Awards:Won Oscar, Another 2 wins & 5 nominations
Budget:US$1,453.000 [estimated]
Beberapa saat paska PD II usai, industri film mulai kembali bergairah. Joan Crawford ketika itu juga sedang dalam masa transisi setelah penurunan karir akibat berpindah studio yang semula dari MGM ke Warner Brothers. Dan lewat penampilan perdana dengan studio barunya ini, Joan membuka lembaran baru dalam perkembangan kariernya.

Film yang diadaptasi dari novel buah pikiran James M. Cain dengan judul sama ini, sedikit berbeda dengan versi bukunya di mana ceritanya dibawakan oleh narator yang berperan sebagai orang ketiga. Sedangkan dalam filmnya narasi dibawakan langsung oleh tokoh utama, Mildred Pierce (Joan Crawford). Berawal dari kondisi di mana Mildred ditanyai oleh polisi terkait dengan pembunuhan yang menimpa suami keduanya; Monte Beragon (Zachary Scott), sebagai korban. Dengan alur flashback, Mildred membawa penonton kembali merunut awal mula permasalahannya.

Pernikahan pertama Mildred dengan Bert Pierce (Bruce Bennet) berujung pada perceraian dan membuat ia harus merawat kedua anaknya Veda (Ann Blyth) dan Kay (Jo Anne Marlowe). Dengan desakan dari keadaannya yang sekarang, mau tidak mau Mildred harus mencari pekerjaan untuk menghidupi kedua putrinya. Ia pun menjadi seorang pelayan tanpa sepengetahuan Veda yang memiliki perangai sombong dan serakah karena merasa dirinya berasal dari keluarga yang kaya. Mengetahui kenyataan ibunya tidak memiliki pekerja yang layak, Veda menjauhi sang ibu. Mildred akhirnya menikahi Monty Beragon yang ia pikir mampu memperbaiki keadaan keuangan juga menaikkan status sosialnya.

Mildred: You look down on me, because I work for a living. Don't you.

Ternyata Monty juga tidak lebih baik dari Veda yang hanya memanfaatkan harta Mildred untuk menarik hati perempuan lain. Berkat tipu daya Monty dan juga Veda yang serakah, Mildred kehilangan semua hartanya. Dari sini lah titik terang kasus pembunuhan Mildred mulai terlihat setelah muncul fakta bahwa Veda juga menjadi korban bujuk rayu Monty.

Film pertama Joan dengan studio barunya ini melambungkan nama Joan. Berkat penampilan primanya piala Oscar pun jatuh ke tangan Joan dengan predikat Best Actress in a Leading Role. Ann Blyth juga meraih nominasi Oscar untuk Best Actress in a Supporting Role.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, November 2010, halaman 106