INSIGHT-HOLLYWOOD

MOSS (IGGI)

Jum'at, 19 November 2010 12:13






KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Starring:Park Hae-Il, Jeong Jae-Yeong, Yu Jun-Sang, Yu-seon, Yu Hae-Jin, Kim Sang-Ho, Kim Jun-Bae, Heo Jun-ho
Directed by:Kang Woo-suk
Language:Korean
Runtime:163 min
Release Date:July 15th, 2010
Inilah persembahan terbaru sineas Kang Woo-suk yang dikenal lewat karya-karya filmnya seperti PUBLIC ENEMY, SILMIDO, dan film yang tema ceritanya cukup provokatif; HANBANDO. Kali ini Woo-suk menyajikan sebuah drama thriller misteri.

Ryu Mok-hyeong (Jun-ho) adalah seorang anggota sebuah sekte agama di sebuah desa terpencil daerah pegunungan. Dikarenakan sifat kepemimpinan yang dimilikinya serta kemampuan berorasi, membuat sosoknya disegani anggota lainnya. Suatu ketika, dengan misi membangun tempat peribadatan yang baru, Mok-hyeong meninggalkan pegunungan sakral itu bersama temannya; Yong-deok (Jae-Yeong).

Tahun demi tahun berlalu, kala Mok-hyeong ditemukan tewas mengenaskan setelah meminum sebotol arak beras bersama rekan seperjalanannya itu.

Putra Mok-hyeong; seorang pemuda bernama Ryu Hae-guk (Hae-Il) datang dari Seoul guna menghadiri pemakaman sang ayah. Tidak butuh waktu lama bagi Hae-guk menaruh kecurigaan bahwa terdapat konspirasi jahat di balik peristiwa ini dan para penduduk desa berusaha menutup-nutupi kejadian sebenarnya. Kecurigaan Hae-guk membuat ia meminta bantuan Park Min-uk; seorang jaksa penuntut yang dimutasi ke wilayah itu. Hae-guk lalu berencana melakukan sendiri proses autopsi pada jenazah ayahnya, hanya untuk menemukan fakta bahwa mayat sang ayah tidak ada dalam makamnya.

MOSSMOSS

Maka di tengah-tengah segala pengawasan hampir seluruh penduduk desa terhadap seluruh gerak-geriknya, Hae-guk berusaha mengkonfrontasi Yong-deok -- yang kini menjadi tokoh panutan dan pemimpin di desa tersebut - sebagai biang keladi penyebab kematian sang ayah. Seiring proses investigasi Hae-guk itulah misteri desa terpencil itu mulai terkuak. Rahasia apakah yang dimiliki tempat itu?

Tidak kalah dengan film-film drama thriller penuh intrik lainnya, garapan terbaru Kang Woo-suk ini menyajikan misteri pintar yang dibalut dengan storyline yang unik. Didukung oleh deretan bintang yang sebelumnya pernah menjalin kerja sama dengan sang sineas, ambil contoh Jae-yeong; pemeran tokoh karismatik Yong-deok, membuat film ini mendapat sambutan yang menggembirakan.

MOSS yang kabarnya diproduksi dengan bujet cukup besar untuk ukuran film summer Korea berhasil menjadi pemuncak di antara deretan film Korea lainnya yang dirilis pada jangka waktu berdekatan, dan hanya kalah dari dua film blockbuster Hollywood, INCEPTION dan SALT.(Cinemags/roc)

MOSS' Bits

  • Diangkat dari sebuah komik internet yang mulai muncul pada tahun 2007
  • Proses syuting film ini dimulai pada tanggal 29 Agustus 2009 dan tadinya dijadwalkan akan rilis di paruh pertama tahun 2010.
  • Hampir sekitar 80%-90% adegan disyut di lokasi sebuah desa buatan di Muju County, Korea Selatan.
  • Lokasi itu merupakan bagian dan obyek wisata the Taekwondo Park yang direncanakan dibuka 2013.

Source: Cinemags, Oktober 2010, halaman 114