INSIGHT-HOLLYWOOD

'NETWORK'

Jum'at, 20 Januari 2012 12:13  | 

Robert Duvall


'NETWORK'
Network





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Not since the dawn of time has America experienced a man like Howard Beale!

Directed by:Sidney Lumet
Starring:Faye Dunaway, William Holden, Peter Finch, Robert Duvall
Running time:121 minutes
Kotak, atau sekarang sudah disebut panel, bernama televisi memang dahsyat. Memasuki setiap rumah, daya hipnotisnya sulit dielakkan. Sudah banyak survei yang memperlihatkan bahwa orang lebih banyak menonton televisi daripada membaca buku.

Film ini rilis tahun 1976, tapi temanya tetap relevan untuk masa kini di mana film yang mendapat 10 nominasi Oscar ini memunculkan tema kerakusan para petinggi stasiun televisi akan rating dan iklan, ketidakpedulian pada standar jurnalisme, serta penggambaran para petinggi stasiun televisi sebagai burung bangkai yang melahap derita untuk diubah menjadi sensasi.

Ceritanya memang satir kelam mengenai dunia pertelevisian. Mengambil setting stasiun televisi fiktif UBS, film ini mengisahkan seorang pembawa berita veteran Howard Beale (Finch) yang sudah memasuki masa penurunan popularitas. Menderita post-power syndrome ia mulai bertingkah aneh. Dalam suatu acara live, ia malah meracau akan bunuh diri dan berkata-kata kasar. Kontan petinggi stasiun UBS marah dan hendak memecat Beale. Tapi karena rating tinggi Diana Christensen (Dunaway) dan Frank Hackett (Duvall), salah satu bos UBS memutuskan untuk memberikan Beale show tersendiri dan menjulukinya 'nabi gila yang menyindir kemunafikan jaman modern'.

Dengan alasan mencari iklan dari rating tinggi, kicauan Beale yang kontroversial mendapat jam tayang utama.

Hal ini ditentang keras sahabat Beale, Max Schumacher (Holden) yang merasa tidak pantas jika stasiun UBS mengeksploitasi kegundahan hati Beale.

Kisah pinggiran lainnya adalah Diana yang bekerja sama dengan seorang wanita pendukung organisasi komunis, Laureen Hobbs (Warfield) untuk membuat sebuah acara kontroversial serta perselingkuhan Diana dan Max.

Apa yang akan terjadi dengan acara Beale? Apalagi kicauannya tanpa naskah dan tak terkendali. Akankah ini menjadi senjata makan tuan dan apa yang UBS akan lakukan demi rating, akankah semua norma dilanggar hanya untuk keuntungan belaka?

Dengan sinis, film ini memunculkan pesan bahwa stasiun televisi tak lebih sebagai sirkus terorganisir yang seenaknya membuat program demi rating semata.

Akting para pemainnya bagus dan memikat, khususnya Duvall yang memerankan bos UBS yang dingin, tanpa perasaan, dan hanya memikirkan keuntungan saja. Sisanya sangat realistis (untuk ukuran jamannya) seperti penyebutan krisis minyak, Presiden Ford, serta stasiun televisi lain seperti CBS. Disutradarai oleh Sidney Lumet, ia telah menghasilkan banyak film bagus seperti 12 ANGRY MEN (1957), LONG DAY'S JOURNEY INTO NIGHT (1962), FAIL-SAFE (1964), SERPICO (1973), DOG DAY AFTERNOON (1975,) serta banyak lagi.(Cinemags/roc)

AWARDS

OSCAR

Best Actor in a Leading Role - Peter Finch

Best Actress in a Leading Role - Faye Dunaway

Best Actress in a Supporting Role - Beatrice Straight

Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen - Paddy Chayefsky

Source: Cinemags, Desember 2011, halaman 68