INSIGHT-HOLLYWOOD

Olivia Wilde, TV Actress Turns Sci-Fi Heroine

Jum'at, 12 Agustus 2011 12:13  | 

Olivia Wilde


Olivia Wilde, TV Actress Turns Sci-Fi Heroine
Olivia Wilde





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Words Dhanny

Pasca TRON: LEGACY, kebintangan Olivia Wilde melambung dengan cepat dan segera menjadi incaran untuk mengisi peran di film-film besar. Meskipun memiliki keluarga yang berkecimpung dalam bidang jurnalistik, gadis bernama lengkap Olivia Jane Cockburn ini memilih untuk menjadi seorang aktris. Ia mengambil sekolah akting di The Gaiety School of Acting di Dublin, Irlandia, setelah sebelumnya lulus dari Phillips Academy, Massachusetts, di tahun 2002. Aktris kelahiran 10 Maret 1984 ini menggunakan nama belakang pengarang terkenal Oscar Wilde sebagai nama panggungnya sehingga kini namanya menjadi Olivia Wilde.

Selepas lulus, tepatnya pada 7 Juni 2003, gadis yang aslinya berambut pirang ini menikah dengan Tao Ruspoli, seorang pembuat film dokumenter berdarah Italia-Amerika yang juga anak dari pangeran Italia. Keduanya menikah di atas bus yang terbengkalai dengan hanya dihadiri sepasang saksi ketika Wilde baru berumur 18 tahun. Sayang, pada 8 Februari 2011, pasangan ini memutuskan untuk berpisah setelah delapan tahun berumah tangga.

Meskipun pernah menjadi pemeran utama dalam SKIN (2003), nama Wilde baru dikenal di dunia hiburan ketika menjadi Alex Kelly dalam serial televisi THE O. C. Setelah muncul di serial yang juga melambungkan nama Mischa Barton, Adam Brody, dan Rachel Bilson, penyuka mobil klasik ini muncul dalam THE GIRL NEXT DOOR (2004). Menariknya, ia baru diminta mengisi peran setelah menghabiskan waktu satu bulan di lokasi syuting.

Setelah kemunculannya dalam film yang dibintangi oleh Emile Hirsch dan Elisha Cuthbert ini, karir akting Wilde semakin menanjak, antara lain dengan mengisi peran di ALPHA DOG (2006) dan TURISTAS (2006). Gadis berkewarganegaraan Amerika dan Irlandia ini kembali ke layar kaca dengan berperan sebagai Remy 'Thirteen' Hadley dalam serial HOUSE. Aktingnya di sini menuai sambutan hangat sehingga ia mendapat tawaran untuk kembali meramaikan layar lebar. Kali ini, Wilde berakting dalam kisah prasejarah kocak berjudul YEAR ONE.

Olivia WildeOlivia Wilde

"I'm a natural blonde, but I feel like a brunette, I feel like people treat me now how I should be treated. People used to be shocked, when I was blond, that I wasn't stupid. I used to get these comments that I swear people thought were compliments. Like, 'Oh! You're smart!' - like they couldn't believe it."

Tahun 2010 menjadi pembuka jalan bagi karir wanita yang pernah memenangkan lomba makan pancake ini untuk terlibat dalam film-film berskala besar. Dimulai dari mendampingi Russel Crowe dalam THE NEXT THREE DAYS (2010), Wilde kemudian mendapat kesempatan berbagi layar dengan Garrett Hedlund dan Jeff Bridges dalam TRON: LEGACY. Wanita yang memutuskan menjadi vegan ini dianggap sukses menghidupkan sosok Quorra yang kuat dan tangguh. Filmnya sendiri berhasil meraup penghasilan $400,062,763 dari bujet $170 juta.

Tidak hanya berakting, Wilde juga aktif terlibat dalam dunia politik. Ia menjadi salah satu anggota Artists for Peace and Justice yang berusaha meningkatkan pendidikan dan pelayanan kesehatan di Haiti. Pada musim gugur 2008, bersama dengan aktor Justin Long dan Kal Penn, aktris yang memelihara seekor anjing bernama Paco ini ikut dalam kampanye Barack Obama.

Ada satu kisah lucu sekaligus memalukan yang dialami perempuan cantik ini. Selang setelah dilantik menjadi kepala negara Amerika Serikat, Obama menelepon Wilde untuk mengucapkan terima kasih. Aktris yang menggantikan Kate Hudson dalam BUTTER (2011) ini lalu meluapkan kegembiraannya dengan menjerit-jerit kesenangan. Tapi, rupanya tanpa Wilde sadari, Obama masih berada di line telepon dan mendengar dengan jelas jeritannya. Ia baru tahu bahwa Presiden Obama tertawa di telepon mendengar jeritan Wilde setelah staf kepresidenan memberitahukannya mengenai hal ini.

Di tahun 2011 ini, beberapa film yang dibintanginya sudah masuk dalam tahap post-production dan siap untuk dirilis, antara lain THE CHANGE UP (bersama Ryan Reynolds), NOW, dan BUTTER. Tapi, film dari aktris yang pernah menjadi executive producer sebuah film dokumenter pendek berjudul SUN CITY PICTURE HOUSE yang paling ditunggu-tunggu apalagi kalau bukan COWBOYS & ALIENS garapan Jon Favreau, di mana Wilde akan memerankan heroine bernama Ella. Film yang mengisahkan perlawanan para koboi terhadap alien di kawasan Arizona pada tahun 1873 ini mempertemukan Wilde dengan Daniel Craig (QUANTUM OF SOLACE) dan Harrison Ford (INDIANA JONES AND THE KINGDOM OF THE CRYSTAL SKULL).

Question (Q): Bisa Anda ceritakan sedikit tentang film terbaru Anda, COWBOYS AND ALIENS?
Olivia Wilde(OW): Dengan produser seperti Steven Spielberg, Ron Howard, dan Brian Grazer yang peduli pada cerita dan punya imajinasi yang hebat, saya rasa, film ini akan jadi luar biasa. Tidak hanya spesial efeknya yang memukau, tapi juga kisahnya akan sangat menarik.

(Q): Bagaimana rasanya terlibat dalam film berskala besar seperti ini?
(OW): Saya sangat menyukainya! Film ini sangat menyenangkan untuk saya. Saya suka melakukan syuting untuk film action. I do kick ass in this movie.

(Q): Tantangan apa yang Anda hadapi ketika mengerjakan COWBOYS AND ALIENS?
(OW): Saya merasa bertanggung jawab dengan film ini. Saya pikir mengerjakan film TRON: LEGACY menyiapkan saya untuk bekerja dengan aktor ikonik. Dalam TRON, saya bekerja dengan Jeff Bridges. Dan, dalam COWBOYS AND ALIENS, saya bekerja dengan Harrison Ford, Daniel Craig, dan Sam Rockwell. Saya sudah lama ingin bekerja sama dengan ketiganya. Saya merasa saya mengambil langkah yang besar dan saya sudah lebih siap. Saya merasa berada di tempat yang tepat dan memang ditakdirkan untuk memainkan peran sebagai cewek tangguh ini.

(Q): COWBOYS AND ALIENS adalah film science-fiction. Apakah Anda adalah penggemar kisah fantasi seperti ini ketika masih kecil?
(OW): Saya selalu menjadi penggemar dari science fiction. Saya dan keluarga saya selalu menonton STAR TREK bersama, seperti sebuah aktivitas keluarga nerd. Awalnya saya lebih suka romance dibandingkan science fiction. Tapi, ketika saya membaca Jules Verne, saya merasa terserap dalam dunia ini. Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk bisa menjadi bagian dari dunia science fiction. Dalam dunia ini, semuanya tergantung dari imajinasi Anda karena begitu Anda sudah masuk ke dalam dunia ini, tidak ada batasan dalam bercerita.

(Q): Berbicara tentang dua tahun terakhir, karir Anda telah berkembang jauh. Bagaimana Anda menanggapi hal tersebut?
(OW): Saya merasa menjadi orang paling beruntung di planet ini. TRON: LEGACY adalah titik balik saya. Quorra merupakan karakter yang belum pernah saya mainkan sebelumnya. Lalu, setelah TRON: LEGACY, saya sangat bersemangat mengerjakan COWBOYS AND ALIENS yang menjadi proyek besar dan perubahan total untuk saya. Saya sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari proyek ini. Tahun ini sangat luar biasa. Semua yang saya kerjakan sangat berbeda satu sama lain dan saya sangat bangga.(Cinemags/roc)

AWARDS
Won:


  1. Vail Film Festival (2008): Rising Star Award

  2. U.S. Comedy Arts Festival (2006): Film Discovery Jury Award - Best Actress for BICKFORD SHMECKLER'S COOL IDEAS

Nominated:


  1. 1. Teen Choice Awards (2010): Choice TV Actress: Drama for HOUSE M.D.

  2. 2. Screen Actors Guild Awards (2009): Outstanding Performance by an Ensemble in a Drama Series for HOUSE M.D.

  3. 3. Teen Choice Awards (2008): Choice TV Breakout Star Female for HOUSE M.D.

Source: Cinemags, Juli 2011, halaman 82