INSIGHT-HOLLYWOOD

'PATHS OF GLORY'

Selasa, 22 Maret 2011 12:13  | 

Kirk Douglas


'PATHS OF GLORY'
Paths of Glory





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

It explodes in the no-man's land no picture ever dared cross before!

Directed by:Stanley Kubrick
Starring:Kirk Douglas, Ralph Meeker, Adolphe Menjou, George Macready
Genre:Crime, Drama, War
Distributed by:United Artists
Release date:25 December, 1957
Running time:86 minutes
Awards:Nominated for BAFTA Film Award, Another 3 wins & 2 nominations
Budget:US$935,000
Dirilis kurang lebih empat tahun setelah terjadinya perang di Korea tetapi film ini sama sekali tidak menyinggung perang di negeri ginseng tersebut. Seting film ini mengambil masa saat Perang Dunia pertama sekitar tahun 1916. Diawali prolog tentang gambaran situasi yang terjadi pada masa tersebut, seorang jendral bernama George Broulard (Menjou) meminta rekannya jendral Mireau (Macready) untuk mengirim anak buahnya guna melakukan misi. Karena tergoda oleh kenaikan pangkat yang mungkin diterimanya, Mireau pun menerima tugas tersebut.

Kolonel Dax (Douglas) dan pasukannya-lah yang mendapat tugas untuk melakukan penyerangan terhadap tentara Jerman tersebut. Dax sendiri menyadari kalau misi tersebut akan menjadi misi gagal, dan menolak untuk menjalankan misi tersebut. Misi tersebut terbukti gagal dan Mireau berusaha untuk menghindar dari kesalahannya. Dax berusaha membela tiga rekannya yang akan dieksekusi sebagai tumbal kesalahan Mireau. Dalam usahanya menyelamatkan temannya, Dax menyadari adanya beberapa keanehan yang terjadi dan mencoba cari tahu kebenaran dibalik kejanggalan tersebut.

Cerita di dalamnya diangkat dari novel berjudul sama tulisan Humphrey Cobb yang dirilis pada tahun 1935. Novelnya pun diangkat dari kisah nyata tentang empat tentara Prancis di Perang Dunia pertama yang mendapat tekanan dari Jenderal mereka, Geraud Reveilhac. Saat novelnya dipublikasikan memang tidaklah terlalu sukses. Barulah ketika cerita ini dibeli dan diterjemahkan ke layar lebar oleh Kubrick, film ini mendapat respon yang positif baik dari kritikus atau penonton awam meskipun tidak sedikit juga beberapa pihak memberi kritik serius karena dianggap menyinggung golongan tertentu.

Namun raihan prestasi film ini menunjukkan kualitas film ini sesungguhnya seperti menjadi nominator dalam BAFTA Awards untuk kategori Best Film. Sebuah karya apik yang banyak orang sandingkan dengan DR. STRANGELOVE (1964).(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Januari 2011, halaman 110