INSIGHT-HOLLYWOOD

'PRIMAL FEAR'

Rabu, 12 Januari 2011 12:13  | 

Richard Gere


'PRIMAL FEAR'
Primal Fear





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Directed by:Gregory Hoblit
Starring:Richard Gere, Laura Linney, Edward Norton, Andre Braugher, John Mahoney
Runtime:129 min
MPAA Rating:R for brief grisly violence, pervasive strong language and a sex scene.
Bagi pengacara haus publisitas sebuah kasus besar yang melibatkan orang terkenal terlalu menggiurkan untuk dilewatkan begitu saja karena namanya akan terangkat secara gratis di hadapan publik.

Martin Vail (Richard Gere) adalah jenis pengacara yang seperti itu, dengan gayanya yang lembut tapi tajam, ia tergolong pengacara sukses yang kaya raya. Ketika seorang remaja, Aaron Stampler (Edward Norton) dituduh membunuh uskup Chicago dengan sangat keji, dengan jeli Martin menyambit kasus itu, bahkan ia rela tidak dibayar sama sekali. Bayarannya bagi ia adalah publisitas dan namanya tercetak di halaman depan koran-koran.

PRIMAL FEARPRIMAL FEAR

Apakah Martin peduli akan praduga tak bersalah? Tampaknya tidak, ia hanya peduli pada publisitas saja. Padahal dulu ia adalah Jaksa Wilayah bersama pacarnya, Janet Venable (Laura Linney), yang kini menjadi lawannya di ruang sidang.

Aaron yang lugu diyakini tidak bersalah, padahal ia ditemukan berlumuran darah ketika dikejar polisi sesudah kejadian pembunuhan itu. Mantan penyanyi paduan suara ini dituduh membunuh dan sebagian besar filmnya adalah proses pengadilan yang berusaha membuktikan apakah Aaron bersalah atau tidak.

Marty: Why gamble with money when you can gamble with people's lives? That was a joke. All right, I'll tell you. I believe in the notion that people are innocent until proven guilty.

Seiring berjalannya proses peradilan terungkap banyak fakta baru seperti tak adanya saksi di tempat kejadian perkara, kasus bisnis uskup dengan pejabat kota yang mencurigakan, sebuah skandal video seks yang melibatkan Aaron serta psikolog Molly Arrington (Frances McDormand) yang menemukan fakta baru mengenai kepribadian Aaron. Apakah benar Aaron yang membunuh uskup atau ada konspirasi bisnis di belakang semua ini?

Ada beberapa twist dalam film ini yang sangat mengejutkan dan akan membuat Anda terhenyak mengenai Aaron sendiri. Dengan latar kota Chicago serta akting pemainnya yang memuaskan, film ini memang cerdas dan menegangkan. Dalam film ini pula bakat Edward Norton mulai terlihat dan karirnya semakin menanjak di Hollywood, dalam film ini ia sangat piawai memerankan Aaron.

Atas perannya sebagai Aaron, Edward Norton mendapat nominasi Oscar untuk Best Supporting Actor dan memenangkan Golden Globe untuk kategori yang sama.(Cinemags/roc)

PRIMAL FEARPRIMAL FEAR

COMMENT
Haus akan popularitas akan mengorbankan banyak hal. Dalam kasus ini Martin Vail harus mengorbankan moral dan etikanya sebagai manusia dan sebagai pengacara. Jelas ia tak peduli soal salah dan benar karena ia hanya ingin terkenal. Penyadaran datang terlambat dan ketika itu datang Martin Vail sadar bahwa ia bukanlah yang terpintar sebab masih ada yang lebih pintar darinya. Profesi pengacara memang sangat berat bebannya, selain beban moral, pengacara juga harus mampu membela kliennya dengan benar.

Source: Cinemags, November 2010, halaman 79