INSIGHT-HOLLYWOOD

'RACHEL GETTING MARRIED'

Senin, 21 Mei 2012 12:13  | 

Anne Hathaway


'RACHEL GETTING MARRIED'
Rachel Getting Married





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags
 

(Sony Pictures Classics)
Starring: Anne Hathaway, Bill Irwin, Anna Deavere Smith, Debra Winger, Rosemarie DeWitt, Tunde Adebimpe, Anisa George, Jerome Le Page, Beau Sia, Dorian Missick, Kyrah Julian, Carol Jean Lewis, Herreast Harrison, Gonzales Joseph | Directed by: Jonathan Demme

Permasalahan alienasi dan merasa tersingkirkan dalam lingkungan rumah disebabkan perbedaan sifat dan ketidakcocokan dengan anggota keluarga lainnya mungkin terdengar sepele. Namun, jika hal itu tidak segera ditanggulangi oleh individu yang bersangkutan maupun tidak cepat disadari oleh orang-orang terdekatnya, bisa memunculkan depresi berat yang bisa saja membawa akibat fatal. Situasi dan problematika itulah yang menjadi tema utama dalam film ini.

Setelah menghabiskan waktu 10 tahun kehidupan terakhirnya di pusat rehabilitasi, Kym Buchman (Hathaway) diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya guna menghadiri pernikahan Rachel (DeWitt); adiknya, yang akan melepas masa lajangnya dengan sang kekasih, Sidney (Adebimbe); seorang musisi beretnis Afro-Amerika.

Akan tetapi, lingkungan rumahnya selalu menjadi tantangan yang besar bagi pecandu yang tengah menjalani tahap pemulihan, bahkan meski bagi yang berkunjung selama beberapa hari saja. Meski antara Kym dan Rachel saling menyayangi secara tulus satu sama lain, namun ada sedikit ketegangan di dalam hubungan mereka.

Sudah barang tentu, kepulangannya ke rumah membawa sejarah panjang krisis pribadi serta konflik keluarga yang dialaminya. Akibatnya, momen pernikahan yang seharusnya membahagiakan itu berubah menjadi momen yang penuh tensi, emosional, dan kejutan tak terduga, tidak hanya bagi keluarganya, namun juga bagi semua pihak yang terlibat di acara pernikahan tersebut.

Secara garis besar, buah pikiran guru drama SMP bernama Jenny Lumet ini memang mengajak penonton untuk melihat bagaimana perasaan Kym yang merasa terasing di tengah momen menjelang perhelatan upacara pernikahan sang adik. Film ini menghasilkan catatan tersendiri bagi Anne Hathaway di mana ia berhasil masuk nominasi Best Actress di ajang Oscar tahun 2009. (Cinemags/roc)

Susanna Galeano: I was wondering, have you ever thought about public relations?
Kym: The public's kind of afraid of me.

Comment:
Keluarga bisa jadi penyebab depresinya Kym. Bukannya mendukung, mereka malah 'menyiksa'. Keluarga pula yang dalam hal ini malah lebih berpotensi menyakiti anggota keluarga mereka sendiri, bukan orang asing. Lingkungan yang 'sehat' sebaiknya tidak seperti itu dan harusnya, ada pengertian satu sama lain sehingga tidak ada yang merasa diasingkan, dalam hal ini, Kym.

Source: Cinemags, April 2012, halaman 102