INSIGHT-HOLLYWOOD

RUNDSKOP (BULLHEAD)

Kamis, 03 Mei 2012 12:13

RUNDSKOP (BULLHEAD)
Bullhead





KapanLagi.com - Cinemags
CinemagsCinemags
 

A tragedy about fate, revenge, redemption, and punishment

Directed by: Michael R. Roskam | Starring: Matthias Schoenaerts, Jeroen Perceval, Barbara Sarafian, Jeanne Dandoy, Tibo Vandenborre, Sam Louwyck | Genre: Crime-Drama | Running time: 124 minutes

Bagi sebagian orang, kebetulan atau coincident dapat berdampak besar hingga mengubah kehidupan seseorang bahkan banyak orang. Hal inilah yang menjadi tema cerita dari film berjudul RUNDSKOP atau BULLHEAD, sebuah film layar lebar debutan sutradara asal Belgia, Michael R. Roskam, yang terkenal dengan film-film pendeknya, seperti CARLO (2004) dan THE ONE THING TO DO (2005).

"Sometimes in a man's life stuff happens that makes everyone go quiet. So quiet that no one even dares talk about it."

Film yang mengambil latar tempat di daerah Limburg (Flanders), ujung barat Belgia ini, menceritakan tentang seorang peternak sapi dari suku Flemish bernama Jacky Vanmarsenille (Schoenaerts) yang melakukan transaksi obat hormon untuk meningkatkan massa daging sapi dengan seorang dokter hewan bernama Marc Decuyper (Louwyck). Namun, Jacky yang memiliki kehidupan masa kecil yang suram ini mendapat masalah lebih ketika Decuyper menjadi tersangka atas pembunuhan seorang polisi. Di lain pihak, Jacky juga menjadi incaran polisi atas usaha ilegalnya menggunakan obat hormon untuk hewan ternaknya.

Selain berfokus kepada tindakan kriminal yang dilakukan oleh Jacky dan Marc, film ini juga menyajikan beberapa subplot cerita dari setiap tokoh dan menyinggung tentang ragam suku bangsa dari Belgia.

Walaupun memiliki banyak subplot, Roskam berhasil memasukkannya ke dalam alur cerita utama, tanpa membuat bingung para penontonnya. Untuk itulah, film dari sutradara kelahiran tahun 1972 ini banyak memenangkan berbagai penghargaan, seperti Best Director, Best Film, dan Best Actor dalam Austin Fantastic Festival di tahun 2011 silam dan bersaing dalam pagelaran Academy Awards tahun 2012 sebagai salah satu kandidat Best Foreign Language Film.

Selain itu, film dengan durasi 124 menit ini berhasil menjadikan sang aktor utama, Matthias Schoenaerts, sebagai Best Actor di pagelaran Palm Springs International Film Festival dan Magritte Award.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, April 2012, halaman 104