INSIGHT-HOLLYWOOD

'RUSSIAN ARK'

Sabtu, 21 Januari 2012 12:13  | 

Martin Scorsese


'RUSSIAN ARK'
RUSSIAN ARK





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

2000 cast members, 3 orchestras, 33 rooms, 300 years, Russian History in Lavish Style. ALL IN ONE TAKE

Directed by:Alexander Sokurov
Starring:Sergei Dontsov
Running time:96 minutes
Dengan judul asli RUSSKIJ KOVCHES, ini bisa jadi salah satu film dengan cara pengambilan gambar terunik dan terumit di dunia. Anda tentu ingat adegan satu kali shot yang umumnya dipakai Martin Scorsese. Tapi Scorsese hanya memakai satu-dua adegan seperti itu saja di setiap filmnya. Bayangkan jika satu kali shot itu berdurasi seluruh filmnya sendiri. Tentunya unik dan berbeda serta terbayang betapa rumitnya proses syutingnya. Bahkan, tagline-nya juga sesumbar menyebutkan bahwa ada 2000 pemain, tiga orkestra dan 33 kamar dalam satu take saja.

Lokasi syutingnya adalah di istana musim dingin Rusia yang kini menjadi Museum Sejarah Rusia. Menonton film ini Anda seolah disajikan sekelumit sejarah Rusia dan bagi mereka yang tidak tahu, mungkin akan terpancing membaca buku mengenai sejarah Rusia.

Seorang narator tanpa nama seolah berjalan-jalan di dalam gedung mewah dan mengakui dirinya adalah hantu. Ia lalu berjalan-jalan di lorong dan ruangan yang penuh karakter bersejarah dari berbagai macam periode sejarah Rusia. Ada Peter yang Agung, presentasi opera dan drama dalam jaman Catherine yang Agung, sebuah acara diplomatik, anak anak Tsar Nicholas II, pergantian penjaga dan sebuah adegan dansa yang mewah.

RUSSIAN ARKRUSSIAN ARK

Di sini kostum para pemain dan figuran sangat mewah dan meyakinkan, didukung oleh interior gedung yang besar, mewah, dan sangat mendukung aroma masa lalu. Sang narator ditemani seorang pria yang mewakili 'guide' dan menunjukannya banyak hal menarik dari perjalanan di dalam gedung ini, semuanya dalam satu shot tanpa editan sama sekali.

Museumnya sendiri sebenarnya kompleks enam gedung di pinggir sungai Neva dan yang paling besar adalah istana musim dingin yang menjadi lokasi syuting film ini. Istananya sendiri adalah tempat tinggal Tsar Rusia dari tahun 1754 sampai 1762. Dibangun selama 250 tahun ada tiga juta benda seni di dalamnya mulai dari Da Vinci sampai Monet.

Dengan kemudahan teknologi digital syuting film ini bisa terlaksana dan syutingnya memang satu take saja dengan persiapan yang rumit di mana semua pemain harus bergerak dengan presisi, apalagi di adegan akhir ada semacam pesta dansa yang melibatkan ratusan orang yang berdansa. Syuting satu take ini dilaksanakan empat kali dan yang keempatlah yang dijadikan film. Apa maksud dari hanya sekedar satu take saja? Mungkin Sokurov berusaha membuat penontonnya tetap konsentrasi dan seolah sedang bermimpi berjalan-jalan di gedung mewah sambil menyaksikan cuplikan sejarah Rusia. Pengelola museum hanya memberikan waktu satu hari saja untuk syuting film ini sehingga syuting maksimal.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Desember 2011, halaman 74