INSIGHT-HOLLYWOOD

Spot on Emotion

Rabu, 21 Maret 2012 12:13  | 

Andy Serkis


Spot on Emotion
Spot on Emotion





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Performance capture sudah pernah dibahas ketika mengintip proses pembuatan film AVATAR. Kali ini Andy Serkis yang sudah berpengalaman menjadi King Kong dan Gollum dipercaya memerankan Captain Haddock. Wajahnya ditempeli titik hijau dan itu bukan sembarangan sebab ditaruh di 12 otot wajah yang bisa mereplikasi emosi jika diterjemahkan secara digital seperti dua titik yang disimpan di alis, ujung mulut dan selanjutnya.

Spot on EmotionSpot on Emotion

Ketika aktornya berakting titik itu ikut bergerak dan ditangkap kamera yang disimpan di helm. Informasi itu lalu dikirim ke software khusus dan menjadi sebuah wajah digital tersendiri. Repotnya setiap titik itu harus berada di tempat yang sama tiap hari. Untuk memastikannya ada topeng plastik para aktor yang menjadi 'cetakan' titik itu karena para aktor tentu tidak akan tidur di rumah mereka masing-masing dengan titik titik di hijau di wajahnya.

Khusus untuk tekstur kulit, tim special effect mengambil contoh kulit tangan dan wajah orang dalam bentuk resin dan kulit buatannya dipindai untuk dimasukkan ke komputer memakai software bernama Mari di mana kulitnya terlihat realistis dengan pori-pori. Untuk Haddock, tekstur kulitnya bahkan melalui proses audisi khusus.

"I think Tintin is probably one of the most appropriate uses of performance capture so far" - Andy Serkis.

Uniknya ketika masih dalam versi tes Peter Jackson sendiri yang 'memerankan' Haddock untuk sebuah tes kamera live action.

HISTORY OF MOTION CAPTURE
Motion capture telah dimulai sejak lama dalam industri film. Motion capture sendiri adalah perekaman gerakan tubuh manusia untuk kemudian dianalisis. Hal ini juga termasuk merekam emosi manusia dari otot wajah. Untuk SNOW WHITE, Disney Studios mentrace gerakan manusia dan ini disebut rotoscoping. Rotoscope sendiri bisa disebut sebagai nenek moyang motion capture.

Pioneers of Motion Capture

Eadweard Muybridge (1830 - 1904) - fotografer gambar bergerak.

Etienne-Jules Marey - Orang pertama yang menyelidiki gerakan manusia dari video

Harold E. "Doc" Edgerton (1903 - 1990) - High Speed stroboscopic photography

Lee Harrison III (1960's) - Scanimation

Walt Disney - Multiplane Camera

FINAL FANTASY THE SPIRITS WITHIN - Film layar lebar pertama yang menggunakan motion capture.

LORD OF THE RINGS, THE TWO TOWERS - Film yang menggunakan motion capture yang diakui oleh Motion Picture Academy.

POLAR EXPRESS - Film pertama yang 100% motion capture.

AVATAR - revolusi motion capture dari James Cameron yang menggabungkannya dengan teknologi 3D.


(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Februari 2012, halaman 104