INSIGHT-HOLLYWOOD

Summer Bishil, Upcoming Princess Azula

Rabu, 24 Agustus 2011 12:13  | 

Aaron Eckhart


Summer Bishil, Upcoming Princess Azula
Summer Bishil





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Tidak seperti bintang-bintang muda berdarah Eropa, Amerika Latin, maupun Afrika yang ibarat tidak pernah surut, hanya sedikit talenta muda berdarah Asia yang muncul di Hollywood. Itu saja masih belum dikategorikan lagi siapa yang hanya muncul sesaat dan siapa yang sanggup bertahan lama. Untuk hal ini, Summer Bishil bisa dibilang salah satu talenta muda berdarah Asia yang masuk di golongan terakhir.

Summer Yasmine Bishil lahir 17 Juli 1988 di Pasadena, California. Meski lahir di AS, di dalam tubuhnya mengalir darah Asia dari sang ayah; warga Arab Saudi berdarah India. Tidak hanya itu, aktris yang bulan ini genap 23 tahun itu sempat tinggal di jazirah Arab sejak ia berusia tiga tahun. Baru pada tahun 2002, ia kembali ke AS.

Aktris yang akrab dipanggil Summi ini mulai berkenalan dengan dunia akting pada saat ia berusia 14 tahun. Debutnya diawali lewat DAYS OF OUR LIVES, sebelum melakukan terobosan aktingnya, kala dipercaya memegang peran utama dalam TOWELHEAD, yang diadaptasi dari novel yang sama.

Lewat peran itu pujian, dari kalangan kritikus membanjirinya dan menilai penampilan Bishil merupakan kekuatan utama dari film yang juga dibintangi Aaron Eckhart, Maria Bello, dan Toni Collette itu. Pasca TOWELHEAD ia turut mendukung Harrison Ford, Alice Braga, dan sederetan bintang tenar lainnya dalam CROSSING OVER.

Berbicara mengenai proyek masa depannya, ia dijadwalkan meneruskan peran Putri Azula dalam kisah lanjutan THE LAST AIRBENDER, namun dengan catatan, film garapan M. Night Shyamalan yang dikecam habis-habisan ini jadi dibuatkan sekuelnya.(Cinemags/roc)

Selected Filmography


  • LIP SERVICE (2011)

  • THE LAST AIRBENDER (2010)

  • TOWELHEAD (2007)

Source: Cinemags, Juli 2011, halaman 103