INSIGHT-HOLLYWOOD

'TAEGUKGI'

Kamis, 24 Maret 2011 12:13  | 

Jang Dong Gun


'TAEGUKGI'
Taegukgi





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

(Tae Guk Gi: The Brotherhood of War)

Starring:Jang Dong-gun, Won Bin, Lee Eun-ju, Choi Min-sik
Directed by:Kang Je-gyu
Runtime:140 min
Language:Korean
Inilah film produksi negeri ginseng yang menyoroti peristiwa serta dampak pecahnya perang saudara di Korea antara pihak Korea Selatan dengan Korea Utara, yang mana di tahun 2010 ini tepatnya pada tanggal 23 November lalu kembali memanas, setelah dua kubu yang memang selama puluhan tahun sejak berakhirnya Perang Korea pada tahun 1954 dalam situasi perang dingin, saling melancarkan serangan, setelah artileri Korea Utara menyerang pulau Yeonpyeong milik Korea Selatan di dekat perbatasan laut yang dipersengketakan kedua negara.

Bersetingkan masa-masa perang yang mencekam antara saudara serumpun Korea Selatan dan Korea Utara, dua kakak-beradik; Jin-tae (Dong-gun) dan Jin-seok (Won Bin) terpaksa bergabung sebagai anggota pasukan militer Korea Selatan setelah pecah Perang Korea pada bulan Juni 1950. Kondisi semakin diperparah kala Young-shin (Eun-ju); yang merupakan tunangan Jin-tae semakin memperkeruh suasana kala memutuskan bergabung dengan partai komunikasi demi upaya mendapatkan bahan makanan untuk anggota keluarganya.

Menyadari bahwa saudara kandungnya tidak memiliki kemampuan fisik sekuat dirinya; Jin tae yang sehari-harinya berprofesi sebagai pembuat sepatu, bertekad untuk terus menjaga sang adik; Jin-seok terhindar dari segala dampak paling buruk dari rangkaian perang saudara yang melibatkan banyak pasukan dari berbagai negara ini yang mengambil posisi membantu masing-masing kubu yang tengah berseteru. Tekad kuat sang kakak semakin kokoh, kala ia mendengar bahwa apabila ia berhasil mendapatkan medali kehormatan atas aksi perang yang dilakukannya, maka ia bisa memulangkan saudara kandungnya. Maka Jin tae berusaha berjuang dengan segenap daya upayanya untuk menjadi seorang pejuang yang hebat, demi bisa membuat sang adik dipulangkan dari kancah peperangan itu.

Berhasil menampilkan gambaran perang Korea dengan sangat realistis yang dibalut dengan cerita mengenai hubungan kakak-adik yang sangat memancing emosi membuat TAEGUKGI sukses memikat banyak kalangan khususnya para pecinta film Asia.

Selain sukses secara komersil, di mana film yang makin melambungkan nama aktor Jang Dong-gun hingga kini mencapai predikat sebagai bintang internasional ini berhasil mencatatkan pencapaian yang sangat menggembirakan, film ini juga lumayan berjaya di berbagai festival film internasional yang diikutinya.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Januari 2011, halaman 118