INSIGHT-HOLLYWOOD

'TERRAFERMA'

Selasa, 21 Februari 2012 12:13

'TERRAFERMA'
Terraferma





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Director:Emanuele Crialese
Starring:FiLippo Pucillo, Donatella Finocchiaro, Mimmo Cuticchio, Claudio Santamaria, Giuseppe Fiorello, Timnit T
Genre:Drama
Running time:88 minutes
TERRAFERMA yang dalam bahasa Inggrisnya berarti solid land adalah sebuah film yang bercerita tentang orang-orang yang berada di pulau Linosa, selatan Sisilia, Italia. TERRAFERMA sendiri merupakan sebutan penduduk lokal untuk pulau yang jauh di selatan Italia ini. Fokus cerita dari film ini adalah tentang benturan dari dua hukum yang berbeda, yakni peraturan pemerintah yang melarang masuknya imigran dan 'Law of The Sea' yang dianut penduduk pulau Linosa, di mana hukum ini memperbolehkan para imigran untuk masuk ke pulau mereka atas nama kemanusiaan.

Pada suatu hari seorang nelayan bernama Ernesto (Cutcchio), menemukan sebuah rakit yang penuh dengan imigran dari Afrika tengah terapung di tengah laut, naluri Ernesto yang memegang teguh hukum TERRAFERMA langsung menolong enam orang tersebut sebelum penjaga pantai datang dan memulangkan penumpang yang masih berada di rakit tersebut. Namun, akibat tindakannya tersebut, pihak berwenang datang dan menyita perahu Ernesto atas tuduhan melawan hukum karena menolong para imigran. Di lain pihak, Nino (Fiorello), anak Ernesto berpendapat bahwa sudah saatnya Linosa berubah dengan tidak lagi menampung para imigran, karena hal itu akan menyebabkan matinya industri wisata yang ada di pulau tersebut.

TerrafermaTerraferma

Konflik yang ada di antara dua orang ini membuat Filippo (Pucillo) bingung untuk mengambil sikap dan memutuskan apakah pendapat sang paman, Nino, atau pendapat sang kakek yang harus ia turuti. Sedangkan sang ibu. Giuletta (Finocchiaro), berpendapat bahwa Linosa yang tidak berkembang membuat mereka harus untuk meninggalkan pulau ini agar mendapat kehidupan yang lebih baik. Filippo yang baru berusia 20 tahun dan tengah dilanda kebingungan harus mengambil keputusan yang tepat demi masa depannya sendiri.

Emanuele Crialese, sang sutradara, di film ini secara cerdas menggambarkan pergeseran budaya yang tengah terjadi di pulau Linosa. Hal ini disebabkan dirinya yang lahir di Roma benar-benar memiliki silsilah keluarga dari Sisilia. TERRAFERMA sendiri merupakan film kedua sang sutradara dengan latar Sisilia setelah RESPIRO (2002).

Kelihaian Crialese menggambarkan Linosa yang miskin dan menggabungkannya dengan konflik tentang pergeseran budaya di pulau ini menjadikan TERRAFERMA diganjar dengan penghargaan Special Jury Price, Passineti Award, dan UNICEF Award pada perhelatan Venice Film Festival ke-68 dan mendapat tempat untuk nominasi Best Foreign Language Film pada pergelaran Academy Awards ke-84 tanggal 26 Februari mendatang.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Januari 2012, halaman 104