INSIGHT-HOLLYWOOD

'THE GREAT GATSBY', Gone is the Romance That was so Divine

Selasa, 01 Maret 2011 12:13  | 

Robert Redford


'THE GREAT GATSBY', Gone is the Romance That was so Divine
The Great Gatsby





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Directed by:Jack Clayton
Starring:Robert Redford, Mia Farrow, Bruce Dern, Karen Black, Scott Wilson, Sam Waterston, Lois Chiles
Genre:Drama-Romance
Distributed by:Paramount Pictures
Release date:March 29, 1974
Running time:144 min.
Awards:Won 2 Oscars, Another 5 wins & 3 nominations
Budget:US$ 6.5 million
Gross:US$ 23,017,000
Film tahun 1974 ini merupakan film ketiga yang diadaptasi dari novel karya penulis F. Scott Fitzgerald yang dibuat oleh Paramount Pictures. Yang pertama dirilis yaitu film bisu di tahun 1926, disutradarai oleh Herbert Brenon dan menampilkan Warner Baxter, Lois Wilson, dan William Powell. Kemudian yang kedua rilis pada tahun 1949; disutradarai oleh Elliot Nugent dengan memasang nama Alan Ladd, Betty Field, dan Shelley Winters.

Ceritanya dibuka oleh narasi yang dibawakan pula oleh tokoh utama film ini, Nick Carraway (Sam Waterston), ia baru saja pindah ke New York setelah mengikuti Perang Dunia. Ia bertetanggaan dengan pasangan suami istri Tom Buchanan (Bruce Dern) dan Daisy Buchanan (Mia Farrow). Tom sendiri adalah teman Nick saat masih berkuliah sedangkan Daisy masih ada hubungan saudara dengannya. Nick menyadari kalau kedua pasangan ini memiliki masalah karena keduanya sama-sama menyimpan rahasia yang rumit.

Tak lama, Nick tertarik dengan satu nama yang juga memiliki kehidupan rahasia dibalik gemerlap pesta-pesta mewah yang sering ia adakan, Jay Gatsby (Robert Redford). Antara Gatsby mulai terjalin pertemanan setelah Nick diundang ke salah satu pesta yang dibuatnya. Dari sini Nick mendapati rahasia Gatsby yang memiliki cinta terpendam terhadap Daisy. Keadaan menjadi kian rumit setelah Tom akhirnya mengetahui hubungan gelap mereka.

Kerumitan kisah cinta di dalam film, sebelumnya sudah terjadi di belakang layar saat proses produksi. Hak novel ini dibeli oleh produser Robert Evans di tahun 1971 dengan tujuan agar istrinya saat itu, Ali MacGraw, bisa memerankan tokoh Daisy. Saat menyiapkan naskah, MacGraw sempat bermain dalam THE GETAWAY (1972). Dalam proses penggarapan film tersebut MacGraw jatuh cinta pada Steve McQueen dan menceraikan Evans. Peran tersebut akhirnya diberikan pada Mia Farrow.

Film ini memang sudah ditunggu oleh penggemar novelnya saat itu dan ternyata sang sutradara, Jack Clayton berhasil memuaskan para penonton karena berhasil menerjemahkan dan setia dengan cerita yang ada di novelnya. Secara finansial fitm ini berhasil meraup keuntungan dengan US$23 juta. Catatan tersebut dipermanis dengan dua piala Oscar untuk Best Costume Design dan Best Music.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Februari 2011, halaman 108