INSIGHT-HOLLYWOOD

'THE HOST' ('GWOEMUL')

Rabu, 10 Agustus 2011 12:13

'THE HOST' ('GWOEMUL')
THE HOST





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

It is Lurking Behind You

Director:Bong Joon-ho
Cast:Song Kang-ho, Byeon Hie-bong, Park Hae-il, Bae Du-na, Ko Ah-sung
Language:Korea
Runtime:119 mm
Boleh jadi ini merupakan jawaban sineas negeri ginseng guna memiliki monster nasionalnya sendiri sebagai penanding Hollywood yang telah 'memiliki' King Kong dan industri film Jepang yang mempunyai seabreg monster raksasa seperti Mothra, Gamera, maupun Godzilla. Hasilnya tidak sia-sia, melalui THE HOST, Bong Joon-ho berhasil mengangkat martabat film fiksi ilmiah lokal, sekaligus kembali membuktikan bahwa industri perfilman Korea layak diperhitungkan di kancah film dunia.

Di sebuah pangkalan militer tentara Amerika Serikat di Yonsan Seoul, seorang tentara Korea ditugasi atasannya untuk mengosongkan galon-galon berisi cairan kimia aktif Formaldehyde ke saluran pembuangan air.

THE HOSTTHE HOST

Enam tahun kemudian, para penduduk lokal sedang menikmati masa liburannya di tepian sungai Han, salah satunya adalah pemilik toko serba ada bernama Park Heui-bong (Hie-bong) bersama putranya Gang-du (Kang-ho) dan putrinya, Hyeon-seo (Ah-sung).

Kepanikan terjadi saat seekor mutan misterius muncul dari dasar sungai, menyerang penduduk dan menimbulkan korban jiwa. Monster itu lalu menghilang kembali setelah membawa serta Hyeon-seo.

Tentu saja seluruh anggota keluarga Park merasa sedih karena kehilangan anggota keluarga yang disayanginya. Harapan timbul saat dari hasil penyelidikan tersebut, diketahui ternyata Hyeon-seo masih hidup dan selamat. Maka seluruh anggota keluarga Park bertekad menempuh berbagai resiko untuk merebut kembali Hyeon-seo.

Tidak seperti umumnya film mengenai monster yang lebih menitikberatkan pada fatalnya serangan sang monster serta besarnya kerusakan yang ditimbulkannya dan umumnya mengesampingkan porsi kedalaman cerita, film yang dibuat dengan spesial efek yang canggih ini justru lebih ke faktor psikologis, di mana yang menjadi fokus utamanya adalah sebuah keluarga Korea yang terdiri dari seorang kakek berusia di akhir 60-an, dua orang putranya (di mana salah satunya agak terbelakang mentalnya), satu putri, dan seorang cucu perempuan, serta transisi apa yang terjadi kala salah satu anggota mereka menjadi korban serangan monster.

Storyline yang bagus tidak akan berarti jika performa para pemainnya tidak mendukung. Untuk kasus ini, dua unsur itu untungnya berada dalam sebuah garis lurus yang linear. Para pemain sentral yang membintangi film ini berhasil menampilkan penampilan terbaik mereka terutama aktris muda Koh Ah-sung serta aktor Korea papan atas Song Kang-ho.

Kembali ke faktor film, selain lumayan mencekam, THE HOST memiliki jalinan kisah apik, sesuatu yang jarang ditemui dalam film-film bertemakan monster.

Tidak hanya itu, sajian film ini juga seakan-akan membuktikan bahwa film fantasi mengenai monster bisa tersaji cerdas, serius, orisinil, komikal serta sanggup memancing emosi di saat yang bersamaan.

THE HOST terbukti mencapai kesuksesan luar biasa. Tidak hanya di kancah lokal, apresiasi yang sangat positif juga diberikan oleh publik film internasional yang secara tidak resmi mendaulat film ini sebagai salah satu film monster terbaik yang pernah ada.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Juli 2011, halaman 124