INSIGHT-HOLLYWOOD

'THE NUMBER 23'

Kamis, 23 Februari 2012 12:13

'THE NUMBER 23'
The Number 23





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

A number is just a number. Or is it?

(New Line Cinema)

Director:Joel Schumacher
Starring:Jim Carrey, Virginia Madsen, Logan Lerman, Danny Huston, Lynn Collins
Release date:February 23, 2007
Runtime:101 minutes
Genre:Thriller
Gross Revenue:$77.600,000
Film The Number 23 merupakan film bergenre thriller pertama bagi Jim Carrey lebih dikenal sebagai aktor komedi kawakan. Dalam film ini, Carrey berusaha keras untuk berakting sebagai seorang yang paranoid tanpa terlihat lucu, seperti dalam film-film komedinya. Namun, para kritikus rupanya banyak berpendapat bahwa Jim kurang berhasil di sini. Hasilnya, ia dinominasikan sebagai Worst Actor pada Golden Raspberry Awards tahun 2008.

Walter Sparrow: I'd like two words on my tombstone: what if.

Film ini bercerita tentang seorang penangkap anjing bernama Walter Sparrow (Carrey). Pada hari ulang tahunnya, Walter merasa sial karena digigit oleh seekor anjing bernama Ned sehingga ia datang terlambat untuk bertemu dengan istrinya, Agatha (Madsen). Bosan menunggu Walter yang tidak kunjung datang, Agatha membeli sebuah buku berjudul The Number 23 yang ditulis oleh Topsy Kretts untuk kemudian ia berikan sebagai hadiah ulang tahun suaminya.

Ketika mulai membaca buku tersebut, Walter menyadari adanya kesamaan antara dirinya dengan tokoh utama buku ini, yakni seorang detektif yang memiliki nama samaran Fingerling, sebuah nama yang berasal dari buku anak-anak yang pernah dibaca Walter semasa kecil. Semakin dalam membaca buku ini, Walter sadar bahwa semakin banyak kesamaan-kesamaan yang terjadi dengan kehidupannya di masa lalu.

Penasaran, pria kurus ini pun berusaha untuk memecahkan misteri persamaan kejadian buku tersebut dengan kehidupannya. Namun, semakin dalam Walter berusaha memecahkan misteri tersebut, ia menjadi terobsesi akan angka 23 seperti yang dialami penjahat dalam buku tersebut, Suicide Blonde.

Seperti film-film yang mengusung tema numerologi lainnya, seperti Π(Pi) (1998) dan KNOWING (2009), THE NUMBER 23 besutan Joel Schumacher ini mengangkat tema tentang salah satu cabang numerologi, yakni enigma 23. Enigma 23 adalah sebuah kepercayaan bahwa setiap kejadian atau kecelakaan yang dialami seseorang berhubungan dengan angka 23 atau merupakan modifikasi dari angka 23.

Walaupun film ini banyak mendapat review yang tidak begitu memuaskan dari para kritikus film, THE NUMBER 23 agaknya cukup menghibur penonton dengan menyajikan sebuah misteri tentang sebuah angka yang membuat tokoh utamanya paranoid. Angka yang bisa jadi bagi orang biasa tidak akan berarti apa-apa dalam hidup mereka.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Januari 2012, halaman 93