INSIGHT-HOLLYWOOD

'THE THREE COLOURS TRILOGY: BLUE'

Senin, 13 Februari 2012 12:13  | 

Juliette Binoche


'THE THREE COLOURS TRILOGY: BLUE'
The Three Colours Trilogy: Blue





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Directed by:Krzysztof Kieslowski
Starring:Juliette Binoche, Benoit Regent, Emmanuelle Riva, Florence Pernel, Guillaume De Tonquedec
MPAA Rating:R for some sexuality
Biru, putih, dan merah adalah warna bendera negara Perancis. Warna itulah yang menginspirasi film ini. Dibuat dalam bentuk trilogi sesuai nama warnanya, sutradara asal Polandia, Kieslowski menghadirkan kisah cinta, kesepian dan kesedihan yang sangat mendalam.

Khusus untuk BLUE yang memasang Juliette Binoche sebagai pemeran utamanya, subyek film ini adalah kemerdekaan.

Berset di Paris Julie de Courcy (Binoche) baru saja kehilangan anak dan suaminya dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Kesedihan yang melanda membuatnya menutup diri dari dunia sekitar tapi lambat laun ia sadar bahwa ia tak bisa hidup layaknya pertapa dan membutuhkan hubungan antar manusia untuk mengisi hatinya. Ia juga harus menghadapi banyak masalah masa lalu.

"Now I have only one thing left to do: nothing. I don't want any belongings,any memories. No friends, no love. Those are alt traps."

Suami de Courcy adalah komposer musik klasik untuk sebuah acara Uni Eropa. Note-note musiknya menghantui de Courcy, seolah menandakan bahwa musik tak bisa berdiri sendiri tapi harus bersama-sama dalam sebuah harmoni. Musik memegang peranan dalam film ini, begitu pula warna biru yang juga muncul dalam film ini seperti lampu manik-manik atau langit yang warna biru. Beberapa adegan juga disyut dengan filter warna biru plus ketika muncul musik yang mengingatkan Julie akan masa lalunya warna biru muncul.

Minim dialog dan terkesan lambat tapi tidak membosankan. Lambat laun penonton akan melihat perubahan watak de Courcy. Sebenarnya, film ini tidak sulit dipahami, justru sangat natural di mana kita seringkali melihat wajah orang yang diam lalu menebak emosi yang ada dari ekspresi mukanya tanpa harus mendengarkannya berbicara.

Kieslowski sendiri mengatakan bahwa ketiga warna yang digunakannya mewakili slogan negara Perancis. Biru dengan kemerdekaan, putih dengan kesetaraan, dan warna merah yang berarti persaudaraan. Dalam film ini kemerdekaan yang dimaksudkan adalah kemerdekaan individu. De Courcy 'merdeka' dari keluarganya dengan cara yang menyakitkan.(Cinemags/roc)

Awards

  • Venice Film Festival, Best Film, Best Actress: Juliette Binoche, Best Cinematography: Slawomir Idziak
  • Cesar Award, Best Actress: Juliette Binoche, Best Sound, Best Film Editing
  • Goya Awards (Spain's Academy Awards): Best European Film

Source: Cinemags, Januari 2012, halaman 92