INSIGHT-HOLLYWOOD

Unstoppable Motion from Kimimasa Inazumi

Kamis, 02 Desember 2010 12:13






KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Anda tahu clay animation? Itu adalah sejenis animasi yang menggunakan clay khusus dan teknik syuting yang membutuhkan kesabaran tinggi dengan hasil yang menarik. Banyak iklan serta film sudah menggunakan clay animation seperti MARY AND MAX (2009) yang full clay animation dan dipuji banyak kritikus. Dalam sebuah kesempatan Cinemags berjumpa dengan salah seorang pelaku stop motion animation, Kimimasa Inazumidari NICE-DAY Jepang.

Ia lahir di Okayama-Jepang tahun 1982. Ia belajar Film Production & Stop Animation Production di Japan Academy of Moving Images. Setelah lulus bergabung dalam produksi SHISHA NO SHO (BOOK OF THE DEAD) karya Kihachiro Kawamoto yang terkenal dengan SANGOKUSHI di TV NHK, sekaligus mempelajari puppet animation. Saat ini Kimimasa bergabung dengan NICE-DAY.

Karya Kimimasa saat ini sudah bertebaran di berbagai media termasuk iklan TV seperti NHK Enterprise, PT. Takara Tomy, PT.Panasonic, Kewpie Corp dll. Kimimasa menangani karakter desain, puppet animation, clay animation, paper-cutout animation, shooting, lighting hingga menjadi total art.

Kimimasa InazumiKimimasa Inazumi

Kenapa tertarik pada clay animation?
Pertama-tama niatan saya membuat live action film. Saya masuk sekolah film untuk menjadi sutradara. Tapi tahun pertama kuliah banyak hal yang kurang cocok dengan saya. Ketika saya sedang sedih karena hal itu saya melihat video promosi band kesukaan saya dan gambarnya sangat bagus dan saya sangat terkejut akan hal itu. Dan itulah yang saya mau ternyata, clay animation

Apa kelebihan clay animation dibandingkan animasi biasa?
Kalau animasi tradisional itu bisa diulang di komputer kalau stop motion agak susah diulang sehingga di situlah kekakuannya. Tapi kekakuan dan ketidaksempurnaan itulah yang menjadi nuansa serta ketertarikan saya.

Berapa lama belajar stop motion animation untuk orang umum dari nol sampai bisa?
Kalau untuk sampai pada sebuah karya yang layak minimal setahun belajar dari nol baru bisa.

Apa film clay animation inspirasi Anda?
Sulit sekali karena bagi saya banyak yang bagus. Di Jepang ada sutradara namanya Kihaciro Kawamoto saya pernah membantu dia untuk membuat film layar lebarnya. Jadi favorit saya adalah karyanya dia. Selain itu, Yuri Norshein, orang Rusia yang memproduksi film mengenai landak dalam kabut.

Apakah di Jepang clay animation sedang booming? Bisa dipakai di bidang apa?
Pada dasarnya orang umum tidak tahu seni ini tapi di kalangan kesenian visual, clay animation menjadi salah satu pilihan potensial sebagai bentuk ekspresi.

Anda tertarik membuat film clay animation yang panjang?
Ya itu cita-cita saja. Memang usaha saya tiap hari bertujuan untuk membuat karya film panjang.

(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Oktober 2010, halaman 140