INSIGHT-HOLLYWOOD

'WHERE DO WE GO NOW?'

Rabu, 01 Februari 2012 12:13

'WHERE DO WE GO NOW?'
'WHERE DO WE GO NOW?





KapanLagi.com - Cinemags

CinemagsCinemags

Studio:Les Films des Tournelles
Directed by:Nadine Labaki
Starring:Nadine Labaki, Leyla Fouad, Claude Msawbaa, Antoinette El-Noufaily
Release date:16 May 2011 [Cannes], 22 September 2011 [Lebanon]
Language:Arabic
Budget:$6.7 million
Pasca CARAMEL (2007), sutradara merangkap aktris asal Lebanon; Nadine Labaki kembali membesut karya yang lagi-lagi mendapat perhatian dari para penikmat film dunia. Bahkan, film yang berjudul asli OU HALLA LA WEYN? ini berhasil meraih penghargaan tertinggi, yaitu Cadillac People's Choice Award pada ajang 2011 Toronto International Film Festival. Tidak hanya itu, WHERE DO WE GO NOW? juga menjadi wakil Lebanon untuk berkompetisi dalam 84th Academy Awards bersama dengan film-film lain guna memperebutkan penghargaan Best Foreign Film.

Labaki sendiri agaknya masih tidak bosan mengangkat tema besar yang nyaris serupa dengan CARAMEL, yaitu kehidupan perempuan. Kali ini, kisah berfokus pada sebuah perkampungan di Lebanon yang didiami oleh komunitas Muslim dan Kristen. Para perempuan yang mendiami wilayah ini berusaha melindungi komunitas mereka dari bentrok antaragama yang mengemuka kala salah satu rumah memasang televisi. Usaha para perempuan ini termasuk mensabotase televisi, mengalihkan perhatian para pria dengan membawa gadis-gadis Eropa Timur, serta mencampurkan ganja ke dalam makanan para pria dan memindahkan senjata dari perkampungan tersebut. Berhasilkah usaha mereka untuk mencegah kerusuhan yang berhubungan dengan SARA ini meledak?

"In the film I'm talking about Christians and Muslims but I could have talked about anyone. This film could have happened anywhere. I just feel like this conflict exists everywhere in the world." - Nadine Labaki

Sama seperti CARAMEL, dalam WHERE DO WE GO NOW?, Labaki bertindak sebagai sutradara, penulis naskah, sekaligus salah satu pemainnya. Suami Labaki sendiri, Khaled Mouzanar, mengisi posisi komposer.

Proses syuting film yang premiere pada 2011 Cannes Film Festival ini berlangsung cukup lama, di mana pengambilan gambar memakan waktu dua bulan, mulai dari 18 Oktober hingga selesai pada 18 Desember 2010. Lokasi syuting sebagian besar dilakukan di perkampungan Taybeh, di mana terdapat masjid yang letaknya persis bersebelahan dengan gereja.(Cinemags/roc)

WHERE DO WE GO NOW?WHERE DO WE GO NOW?

Trivia
Salah satu tantangan yang dihadapi Labaki dalam film ini adalah mengarahkan ratusan orang yang sama sekali tidak mengenal akting dan belum pernah berada di set film.(Cinemags/roc)

Source: Cinemags, Desember 2011, halaman 70