A. R. Rahman adalaah pria kelahiran 6 Januari 1966, asal Tamil Nadu, India. Kesuksesan pria ini tersebar luas ke dunia setelah ia menjadi komposer film SLUMDOG MILLIONAIRE, di mana film ini memenangkan Golden Globe dan Academy Awards untuk kategori Best Score. Selain itu ia juga memenangkan Academy Awards dalam kategori Best Song untuk lagunya yang berjudul Jai Ho.

Selain itu Rahman adalah salah satu artis yang mampu menjual albumnya dengan cepat. BBC memprediksi bahwa Rahman telah menjual lebih dari 100 juta album secara luas.

Pada tahun 1991, Rahman adalah satu-satunya artis baru yang berhasil memenangkan Indian National Award untuk Best Music Composer lewat film POJA.

Karena kepiawaiannya menciptakan lagu, majalah Time bahkan menjuluki pria ini dengan nama Mozart of Madras.

Keluarga dan Masa Kecil:

Rahman terlahir di keluarga yang mencintai musik. Ayahnya, R. K. Shekhar, adalah komposer dan konduktor dari film MALAYALAM. Namun ayah pria ini meninggal saat ia baru berusia 9 tahun.

Sebagai cara untuk memperoleh uang, keluarga Rahman menyewakan alat-alat musik untuk bertahan hidup setelah kematian ayahnya. Rahman belajar bermain piano saat ia masih kecil dan tergabung dalam komposer Ilayaraja sebagai keybordist dan komputer programmer. Selain itu Rahman lulus dengan gelar Classical Music dari Trinity College of Music di London.

Awal Karir Bermusik:

Setelah lulus dari universitas, Rahman memulai karir musiknya dengan sebuah studio musik yang ada di rumahnya. Ia mulai menciptakan lagu untuk jingle iklan bagi televisi India, dan pada tahun 1991 Rahman di kontak oleh Marni Ratman untuk menciptakan lagu dari film POJA.

Kesuksesan karirnya dalam menciptakan lagu bagi dunia film menempatkan pria ini sebagai masuk dalam top 10 dari majalah TIME untuk kategori 100 Best Movie Soundtrack di seluruh dunia. Meski begitu ia sempat juga mendapat kritikan. Namun karirnya tetap melesat dengan banyaknya tawaran untuk menciptakan soundtrack film.

Karir Bermusik Saat Ini:

Studio milik Rahman mungkin bisa dibilang salah satu studio dengan teknologi terbaik di India, yang mana hal ini membuatnya bisa mengembangkan gaya yang unik dalam menciptakan lagu.

Bisa dibilang, pria ini telah membuat pembaharuan dalam musik tradisional Bollywood untuk menjadi suatu yang bisa dibanggakan di India.

Baca Profil Lengkap A.R. Rahman ▼