Awalnya, Cumming berminat mendalami ilmu kedokteran hewan, namun karena sebuah perselisihan pribadi antara Cumming dan guru biologinya, ia mengurungkan niatnya dan beralih ingin mendalami seni peran.

Setelah lulus sekolah, Cumming sempat menjadi editor di sebuah majalah bernama TOPS sebelum akhirnya melanjutkan pendidikannya di Royal Scottish Academy of Music and Drama.

Karir Cumming di bidang ini diawali saat ia dan temannya Jennifer Jason Leigh membuat sebuah film indie berjudul THE ANNIVERSARY PARTY. Dalam film ini Cumming dan Jennifer mengerjakan semuanya mulai dari menulis naskah, menyutradarai, memproduksi bahkan sampai menjadi pemeran dalam film ini.

Tak berhenti di sana, Cumming kemudian terlibat dalam produksi film televisi bergenre komedi situasi, FRASIER, sekitar tahun 2003. Di saat yang sama, Cumming juga sering terlibat produksi drama teater di Broadway.

Pria yang secara terang-terangan mengaku biseksual ini juga cukup banyak membintangi film layar lebar. Tak kurang dari 45 judul film sudah mencantumkan nama aktor ini. Namun yang paling diingat publik mungkin adalah penampilannya dalam film GOLDENEYE dan X2: X-MEN UNITED.

Baca Profil Lengkap Alan Cumming ▼