Edward Christopher "Ed" Sheeran adalah penulis lagu, penyanyi asal Inggris. Ia lahir tanggal 17 Februari 1991. Sheeran dikenal luas karena salah satu singlenya, The A Team, single debutnya yang dirilis bulan Juni 2011 melesat ke posisi 3 chart musik di Inggris.

PERSONAL
Sheeran lahir di Halifax, Yorkshire Barat dari orang tua Inggris dan Irlandia. Ia kemudian pindah ke kota Framlingham, Suffolk. Bakat musiknya terlihat dari kelihaiannya memainkan gitar sejak usia muda dan mampu menulis lagu selama bersekolah di Thomas Mills High School. Masa kecil Sheeran sangat dekat musik, ia habiskan hari-harinya mendengarkan Van Morrison, menonton Damien Rice.


KARIR
Karir Sheeran dimulai tahun 2005 dan menghasilkan rekaman pertamanya, THE ORANGE ROOM. Dua album berturut ia rilis, SELF TITLED (2006) dan WANT SOME? (2007). Dengan dua album dirilisnya. Sheeran tampil dalam venue kecil hampir setiap hari. Saking kecilnya sampai pernah ia hanya ditonton oleh 5 orang saja.

Selama tahun 2009, Sheeran sukses tampil dalam 312 pertunjukan. Ia berhasil mematahkan rekor penampilan James Morrison yang pernah tampil dalam 200 pertunjukan. Tepatnya di bulan Februari di tahun 2010 Sheeran merilis mini album LOOSE CHANGE yang di dalamnya terdapat single debutnya yang terkenal, The A Team.

Bakat Sheeran diendus oleh Jamie Foxx saat dirinya tampil di Los Angeles, April 2010. Foxx memberi Sheeran kesempatan untuk menggunakan studionya dan menempati rumahnya di Hollywood selama Sheeran berada di LA. Sepanjang 2010, Sheeran mencuri perhatian netizen melalui videonya di YouTube. Fansnya pun bertambah. Beberapa nama terkenal yang mengakui bakatnya antara lain, harian The Independent, pemain bola Rio Ferdinand dan Elton John.

Lewat albumnya NO. 5 COLLABORATIOS PROJECT yang rilis tanggal 8 Januari 2011, Sheeran mendapat perhatian dari kelompok mainstream karena berhasil meraih posisi 2 di tangga iTunes tanpa satu pun promosi. Albumnya tersebut terjual sebanyak 7000 kopi dalam minggu pertamanya saja.

Satu hal yang memang dikenal dari Sheeran tentu saja adalah single debutnya, The A Team. Single ini bercokol di posisi tiga chart di Inggris dengan penjualan sekitar 58 ribu kop pada minggu pertama. Singlenya ini langsung mendapat predikat single debut dengap rekor penjualan terbaik dan masuk ke dalam 8 single dengan penjualan terbanyak di tahun 2011. Tak hanya itu, singlenya ini menjadi hits di Australia, Jerman, Irlandia, Jepang, Luxemburg, Selandia Baru, Norwegia, dan Belanda.

Album studio Sheeran, +, dirilis 12 September 2011. Album ini langsung mendapat posisi pertama dalam tangga album di Inggris dengan penjualan 102 ribu kopi dalam minggu pertamanya. Dari penjualannya yang makin lama makin laris, album ini mendapat triple platinum dari British Phonographic Industry. Sampai bulan Maret 2012, album ini telah terjual sebanyak 1.021.072 kopi di UK.

Sheeran juga berperan dalam beberapa karya musisi tenar seperti boyband One Direction. Ia membantu menuliskan lagu Moments yang dipakai oleh One Direction. Tanggal 10 Januari tahun ini, ia membantu band Snow Patrol dalam menjalani tur Fallen Empires Tour. Satu lagi lagunya yang ia sumbangkan adalah lagu Give Me Love. Lagu tersebut dipakai dalam salah satu episode THE VEMPIRE DIARIES.

AWARDS
Februari 2012 Brit Award untuk Best British Male Solo Artist, dan British Breaktrough of the Year.
Mei 2012 Lagunya, The A Team, mengalahkan Adele - Rolling In The Deep dan Florence and the Machine-Shake It Out dalam Ivor Novello Awards sebagai Best Song secara musik dan lirik.

Baca Profil Lengkap Ed Sheeran ▼



Show More ▼