Edward Norton Harrison adalah seorang aktor film, penulis skenario dan sutradara asal Amerika. Pada tahun 1996, peran pendukungnya dalam drama PRIMAL FEAR membawanya masuk nominasi Academy Award untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik. Dua tahun kemudian, peran utamanya dalam film AMERICAN HISTORY X juga membawanya masuk nominasi Academy Award sebagai Aktor Terbaik. film-film drama lain yang dia bintangi adalah KINGDOM OF HEAVEN (2005), THE ILLUSIONIST (2006), dan THE PAINTED VEIL (2006). Selain itu masih banyak beberapa film populer lain seperti ROUNDERS (1998), FIGHT CLUB (1999), 25TH HOUR (2002), RED DRAGON (2002), dan THE INCREDIBLE HULK (2008).

Selain akting, Norton juga seorang penulis dan sutradara. Dia membuat debutnya sebagai sutradara dengan film KEEPING THE FAITH (2000) dan dijadwalkan akan segera menggarap film yang diadaptasi dari novel MOTHERLESS BROOKLYN. Norton juga sempat menggarap beberapa naskah film seperti THE SCORE, FRIDA, dan THE INCREDIBLE HULK.

Norton adalah seorang aktivis lingkungan dan sosial. Dia adalah anggota dewan pengawas dalam Enterprise Community Partners yang merupakan sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan perumahan yang terjangkau. Norton juga sempat menduduki beberapa jabatan penting dalam organisasi tersebut.

Baca Profil Lengkap Edward Norton ▼



Show More ▼