PERSONAL

 

Ellie Goulding lahir dan tumbuh dewasa di Lyonshall, sebuah desa kecil di dekat Kington, Herefordshire. Dia anak ke dua dari 4 bersaudara. Ibunya bernama Tracey (nee Clark) dan ayahnya Arthur Goulding. Saat Ellie berusia 5 tahun, kedua orangtuanya berpisah, selanjutnya ibunya menikah lagi dengan seorang lorry driver.

 

Dirinya memulai bermain klarinet saat berusia 9 tahun dan belajar gitar pada 14 tahun. Ellie bersekolah di Lady Hawkins Kington, di sana dirinya pernah menjuarai sebuah pementasan drama sekolah berjudul THE WIZARD OF OZ, saat itu Ellie berperan sebagai Scarecrow.

 

Pada usia 15 tahun, Ellie mulai mencoba menulis lagunya sendiri dan memenangi lomba menyanyi ketika di bangku kuliah. Dirinya berkuliah di University of Kent, di sana Ellie mulai tertarik dengan musik elektronik. Ellie pun mulai mengembangkan ide sound di lagu Wish I Stayed dengan mendapat bantuan dari Starsmith dan Frankmusik.

 

Setelah 2 tahun berada di Kent, bakat Ellie telah dilirik oleh Jamie Lillywhite yang merupakan salah seorang dari Turn Firs Artist, sebuah ajang kontes bintang kampus. Dari sana, Ellie pun diajak untuk pindah menuju West London.

 

Lillywhite akhirnya menjadi manajer dan A&R-nya, yang kemudian Ellie bergabung dengan Polydor Records pada July 2009. Tak lama berselang, Ellie meluncurkan single pertamanya berjudul Under The Sheets dan berada di urutan 53 UK Single Charts.

 

KARIR

 

Debut album Ellie, LIGHTS dirilis pada Maret 2010, album tersebut menjadi nomor 1 di UK Album Charts dan no. 6 di Irish Album Charts. Pada Juni 2012 LIGHTS telah terjual sebanyak 850 ribu kopi di UK dan 1,6 juta di seluruh dunia.

 

Sebagai penanda perilisan debut albumnya, Goulding mengadakan rangkaian tour pada 2010. Selama melakukan British tour, dirinya didukung oleh Passion Pit dan John Mayer.

 

Pada Juni 2010, Ellie juga menjadi salah satu pengisi acara dalam Glastonbury Festival, dirinya perform di John Peel Stage. Selain itu Ellie juga menjadi opening dari konser 360 U2 di kota Munich dan Viena.

 

Dia juga melakukan kolaborasi dengan Skrillex di album EP BANGARANG. Kemudian mereka mengadakan South American Tour pada 2011.

 

Pada Februari 2011, Ellie memberitahukan pada Daily Star bahwa dirinya akan merilis album keduanya di tahun tersebut. Kemudian Goulding mengabarkan bahwa, judul album terbarunya adalah HALCYON dan akan dirilis pada 8 Oktober 2012.

 

Setelah peluncuran HALCYON, Goulding menggelar tournya bertajuk Halcyon Days pada Mei 2013, dan didukung juga oleh penampilan Bruno Mars. Saat tampil di BBC Radio 1'st Live Lounge, Goulding mengcover lagu Justin Timberlake berjudul Mirrors. Selanjutnya pada September 2013, Ellie meluncurkan video klip dari How Long Will I lOve You untuk sebuah film berjudul ABOUT TIME.

 

DISKOGRAFI

 

LIGHTS (2010)
HALCYON (2012)

 

PRESTASI

 

Dalam BBC Sound of, memenangi kategori Sound Of 2010
Dalam BBC Awards 2010, memenangi kategori Critics Choice
Dalam Glamour Magazine Awards 2011, memenangi Pandora Newcomer of the Year 2011

 

 

 

Baca Profil Lengkap Ellie Goulding ▼



Show More ▼