PERSONAL
Gotye lahir di Belgia pada 21 Mei 1980 dengan nama asli Wouter De Backer. Ketika berusia dua tahun, ia bersama keluarganya pindah ke Australia. Gotye dikenal sebagai penyanyi yang mahir memainkan berbagai alat musik. Suara tipis Gotye membuatnya sering dibandingkan dengan Peter Gabriel, Phil Collins dan Sting. Selain sebagai penyanyi solo, ia juga tergabung dalam band indie-pop asal Melbourne, The Basics.

Sejak usia muda, Gotye sudah menaruh minat pada alat musik. Ia mencoba berbagai alat musik seperti piano dan drum. Ia sempat membentuk band bernama Downstares ketika SMA. Setelah lulus SMA, band yang ia bentuk bubar seiring dengan kesibukan masing-masing personelnya yang fokus pada pendidikan.

Gotye mulai menggunakan nama panggung Gotye sejak tahun 2000. Nama Gotye merupakan turunan dari kata Gauthier yang dalam bahasa Prancis sama dengan kata Walter atau Wouter yang merupakan nama aslinya.

KARIR
Tahun 2001 Gotye merekam mini album pertamanya dengan salah satu single berjudul Out Here in the Cloud. Ia menulis sendiri daftar lagu dalam albumnya dan mewarnai cover albumnya dengan pensil. Album yang ia kerjakan 'handmade' ini hanya diproduksi 50 keping saja. Album tersebut ia kirimkan ke beberapa radio dan perusahaan rekaman di Melbourne. Respon positif dari radio membuatnya semakin percaya diri untuk berkarya.

Gotye kemudian membentuk sebuah band bersama Kris Schroeder bernama The Basics. Bersama The Basics, Gotye merilis 3 album berjudul GET BACK, STAND OUT/FIT IN dan KEEP YOUR FRIEND CLOSE. Selain sibuk dengan The Basics, Gotye fokus pada pembuatan album solonya. Ia menambahkan dua lagu  dari album 'handmade'nya yang kemudian dirilis di tahun 2003 dengan judul BOARDFACE.

Tahun 2006 Gotye kembali berkonsentrasi pada pambuatan album solo keduanya berjudul LIKE DRAWING BLOOD. Album ini juga merupakan proses kerja sama Gotye dengan Danny Rogers, manajer band The Temper Trap. Dua single dalam album ini, Learnalilgivinanlovin dan Hearts a Mess berhasil masuk dalam Triple J's Hottest 100 pada tahun 2006. Album LIKE DRAWING BLOOD berhasil terjual sebanyak 70.000 keping dan meraih platinum.  Album ini kemudian dirilis di Amerika pada tahun 2012.

Setelah sukses dengan LIKE DRAWING BLOOD, Gotye mulai mengumpulkan materi untuk album ketiganya, MAKING MIRRORS. Pertengahan Oktober 2010, ia merilis single EYES WIDE OPEN secara online dan dalam kemasan vinyl. Lagu ini berhasil membawa Gotye kembali ke deretan Triple J Hottest 100 pada tahun 2010.

19 Mei 2011, Gotye mengumumkan bahwa album ini akan dirilis pada 19 Agustus dalam acara Graphic Festival di Sydney. Dalam acara launching ini Gotye akan tampil bersama para animator dan 10 anggota orkestra. Setelah launching, Gotye merilis single Somebody That I Used To Know yang merupakan duetnya bersama penyanyi asal Selandia Baru, Kimbra. Meskipun tidak banyak promosi di radio, namun lagu ini berhasil meraih top ten ARIA singles chart. Lagu ini pun ikut melejit setelah Ashton Kutcher dan Lily Allen mempromosikannya lewat twitter.

Video Somebody That I Used To Know yang dirilis di Youtube dan Vimeo pun tercatat telah ditonton lebih dari 300 juta kali hingga Agustus 2012. Video ini juga masuk ke dalam daftar video yang paling banyak ditonton di Youtube.

Hanya dalam waktu seminggu setelah dirilis, album ini meraih nomor satu di Australian ARIA Album chart. Album ini meraih platinum di Australia, Prancis, Polandia, Belgia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Jerman, Inggris, Irlandia, Kanada dan Belanda.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih Gotye antara lain 3 penghargaan APRA Music Awards untuk kategori Song of the Year, Most-played Australian week, dan Songwriter of the Year. Sebelumnya, ia meraih 5 penghargaan ARIA Awards untuk kategori Single of the Year, Best Pop Release, Best Video, Engineer of the Year, Producer of the Year dan Best Male Artist.

Tahun 2012 Gotye mengumumkan tur dunia yang akan dimulai pada bulan Agustus 2012 dan berakhir di Australia pada Desember 2012.

DISKOGRAFI
BOARDFACE (2003)
LIKE DRAWING BLOOD (2006)
MAKING MIRRORS (2011)

Baca Profil Lengkap Gotye ▼



Show More ▼