PERSONAL
Elizabeth Woolrifge Grant, atau yang lebih dikenal dengan Lana Del Rey lahir di New York pada 21 Juni 1986. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Kent School, Connecticut, Del Rey kembali ke New York untuk melanjutkan sekolahnya di Fordham University jurusan metafisika.

Setelah belajar gitar dari sang paman, Del Rey mulai manggung di klub-klub di Brooklyn dengan berbagai nama panggung seperti Sparkle Rope Jump Queen, Lizzy Grant atau the Phenomena. Di antara tahun 2005 dan 2006, ia merekam album berjudul SIRENS dengan nama May Jailer.

KARIR
Ketika berusia 20 tahun, Del Rey menandatangani kontrak pembuatan album senilai USD10.000 dan memutuskan untuk pindah dari New York. Saat itu proses pembuatan albumnya tertunda sementara karena ia mulai bekerja di bidang pelayanan sosial. Lima tahun kemudian, Del Rey bergabung dengan 5 Point Records, sebuah label indie milik produser David Kahne. Di bawah 5 Point Records, Del Rey merilis mini album berjudul KILL KILL pada Oktober 2008 dan sebuah full album berjudul LANA DEL RAY A.K.A LIZZY GRANT pada Januari 2010.

September 2010, Del Rey tampil bersama Mando Diao, band alternative rock asal Swedia dalam acara MTV Unplugges di Berlin. Tahun 2011, Del Rey sempat mengunggah beberapa lagunya di YouTube. Video tersebut menarik minat Stranger Records dan kemudian menawari Del Rey untuk merilis salah satu singlenya yang berjudul Video Games. Lagu ini meraih Q Award untuk kategori Next Big Thing pada Oktober 2011.

Masih di bulan Oktober 2011, Del Rey dikontrak oleh Interscope Records dan Polydor untuk menggarap album keduanya yang berjudul BORN TO DIE. Album ini dirilis pada 31 Januari 2012 dan berhasil menduduki puncak tangga lagu di 11 negara.

DISKOGRAFI
LANA DEL RAY A.K.A LIZZY GRANT (2010)
BORN TO DIE (2012)

Baca Profil Lengkap Lana Del Rey ▼



Show More ▼