Karir Awal (2001 - 2002)
My Chemical Romance adalah band beraliran punk rock yang digawangi oleh empat pria ganten, Gerrrad Way, Mikey Way, Frank Iero, dan Ray Toro. Band ini berasal dari New Jersey dan dibentuk pada tahun 2001. Band ini dibentuk oleh Gerard Way dan Matt Pellisier tepat setelah serangan 11 September. Sedangkan nama dari My Cmeical Romance itu sendiri diusulkan oleh adik Gerrard Way, Mikey yang pada saat itu bekerja di perpustakaan dan sedang berkutat dengan buku berjudul Ecstacy: Three Tales of Chemical Romance dan kemudian muncullah nama My Chemical Romance. Rekaman pertama mereka adalah lagu Our Lady of Sorows yang direkam di Loteng rumah Pellisier. Mikey way , yang identik dengan kacamatanya, bergabung dengan band setelah ia mendengarkan rekaman lagu pertama dan ia tertarik bergabung setelah keluar dari Universitas. Frank Iero bergabung setelah band bekerja untuk Eyealls Records, ia bergabund tepat sehari sebelum rekaman perdana band. Album pertama yang dihasilkan band yang akrab disingkat MCR ini adalah I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love dan diluncurkan pada tahuin 2002 tepat tiga bulan sebelum band dibentuk.

2003 - 2006
Setelah peluncuran album pertama tahun 2003, MCR setuju untuk menandatangai kontrak dengan Reprise Records. Saat mengikuti tor bersama dengan Avenged Sevenfold, MCR kembali bekerja untuk menggarap album kedua mereka yan bertajuk THREE CHEERS FOR SWEET REVENGE. Album tersebut dilepas di pasar musik tahun 2004 dengan empat single terbaru mereka yaitu I'm Not Okay (I Promise), Thank You for the Venom, Helena, dan The Ghost of You. Segera saja album kedua dari MCR itu mendapatkan platinum setelah satu tahun dirilis dan selama tahun itu juga band mengganti Matt Pellisier dengan Bob Dryar. Tahun 2006, biografi MCR diluncurkan dengan judul Something Incridible This Way Come yang ditulis oleh Paul Stenning. Dalam biografi tersebut juga disebutkan yang menjadi cikal bakal album ketiga, THE BLACK PARADE.

2006 - 2008

Album ketiga MCR mulai direkam pada 10 April 2006. Pada awalnya album tersebut akan diberi judul The Rise and Fall of My Chemical Romance namun ternyata nama itu hanyalah lelucon belaka. Band yang beraliran alterntive rock ini merampungkan pembuatan dua single pertama mereka pada 3 Agustus 2006 yang berjudul Welcome to the Black Parade dan Famous Last Words. Tur dunia the Black Parade dimulai pada Februari 2007 yang diikuti oleh kepergian sementara Mikey Way yang ingin menghabiskan waktu bersama istri barunya Alicia Simmons-Way. Kepergian Way sementara digantikan oleh Matt Cortez. Album ketiga MCR ini mendapat sambutan baik dari masyarkat luas dengan dinominasikannya MCR menjadi band altenative terbaik pada American Music Award 2007, band teraik tahun 2007 versi NME awards. MCR mengumumkan mereka akan mengadakan konser terakhir mereka di Amerika sebelum mereka beristirahat, mereka juga mengumumkan akan meluncurkan album kompilasi berjudul THE BLACK PARADE IS DEAD.

2009-present
MCR meluncurkan single terbaru mereka Desolation Row pada 1 February 2009 sebagai lagu penutup untuk film WATCHMEN. Kemudian MCR juga meluncurkan sembilan live video yang belum pernah dipublikasikan langsung dari konser terakhir mereka di Meksiko tahun 2007. Video tersebut diproduksi dalam USB flash berbentuk peluru dan dilengkapi dengan foto-foto eksklusif mereka selama show. Pada Maret 2010, Gerard way diwawancara oleh MTV tentang title album terbaru MCR namun, Way menyatakan bahwa belum ada judul yang cocok untuk album tersebut. Pada akhirnya pun MCR tidak membocorkan kepada media tentang nama album terbaru mereka dan membiarkan publik berspekulasi tentang judul album yang akan dipakai. Sekitar bulan Juli, MCR telah merampungkan pembuatan album ke empat mereka yang dinyatakan oleh Gerard way dan dibenarkan oleh Frank Iero di website resminya. MCR juga telah mengganti posisi Bob Bryar dengan Michael Pedicone.

Discography :
I Brought You My Bullets, You Brought Me Your Love (2002)
Three Cheers for Sweet Revenge (2004)
The Black Parade (2006)
Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys (2010)

Oleh: Ratih Qorry Maulana

Baca Profil Lengkap My Chemical Romance ▼



Show More ▼