Grup musik Pearl Jam dibentuk pada 1990 di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Grup ini majadi salah satu kelompok musik rock yang sukses di tahun 1990-an, sebagi salah satu pelopor musik grunge.

Pertama kali merilis album pada 1991, berjudul Ten dan langsung melejit sebagai ikon musik rock alternatif. Kemudian, pada 1993, Pearl Jam kembali merilis album bertitle VS yang populer dengan lagu Daughter, Go dan Rearviewmirror.

Satu tahun kemudian, album ketiga, Vitalogy dirilis, sekaligus menjadi album terakhir bersama ang drummer Dave Abruzzese. Dave diganti oleh mantan drummer Red Hot Chilli Pepper, Jack Irons.

Pada 1994 bagi Pearl Jam juga menjadi tahun penuh kenangan, ketika mereka mengeluarkan tuntutan terhadap dugaan monopoli yang dilakukan promotor konser mereka, Ticketmaster. Perkara ini dimenangkan Ticketmaster dan membuat Pearl Jam tidak bisa tampil di seluruh Amerika.

Baru pada 1996, Pearl Jam kembali merilis album berjudul No Code, menyusul album Yield, yang sekaligus menjadi album terakhir bagi Jack Irons, karena permasalahan kesehatan ia haru s keluar dari Pearl Jam.

Jack kemudian digantikan mantan drummer Soundgarden, Matt Cameron hingga sekarang. Bersama Matt Cameron, Pearl Jam merilis tiga album, masing-masing Binaural (2000), Riot Act (2003) dan album terakhir Pearl Jam (2006).

Baca Profil Lengkap Pearl Jam ▼



Show More ▼