Red Hot Chili Peppers (mulanya Tony Flow and the Miraculously Majestic Masters of Mayhem) adalah kelompok musik rock yang dibentuk di Los Angeles, California tahun 1983. Kelompok musik ini didirikan oleh Michael 'Flea' Balzary (bassist), Anthony Kiedis (vokalis), almarhum Hillel Slovak (gitaris) dan Jack Irons (drummer).

Setelah Slovak meninggal karena overdosis tahun 1988, Irons mengundurkan diri. Grup band ini kemudian berganti-ganti personil, diantaranya Dave Navarro, Cliff Martinez, Arik Marshall, Jack Sherman, Jesse Tobias, Zander Schloss, D. H. Peligro, DeWayne "Blackbyrd" McKnight dan Chuck Biscuits. Saat ini anggotanya terdiri dari Kiedis, Balzary, gitaris John Frusciante dan drummer Chad Smith.

Gaya musik Red Hot Chili Peppers (RHCP) merupakan perpaduan rock tradisional dengan elemen funk, punk rock, alternative rock, rap, heavy metal dan psychedelic rock. RHCP telah mengeluarkan sembilan album studio, sembilan #1 modern rock hits, dan telah menjual hampir 50 juta keping album di dunia (37 juta terjual untuk ketiga album BLOOD SUGAR SEX MAGIK, CALIFORNACATION dan BY THE WAY).

Album perdana RHCP bertajuk THE RED HOT CHILI PEPPERS diterbitkan pada 10 Agustus 1984 dan direkam dengan Jack Sherman (gitar) dan Cliff MartinÚz (drum) serta diproduseri oleh Andy Gill dari Gang of Four. Hasil penjualan album ini tidak menggembirakan.

Tanggal 16 Agustus 1985 mereka mengeluarkan album ke-2, FREAKY STYLEY diproduseri George Clinton. Tak berbeda dengan album sebelumnya, album ke-2 ini gagal dipasaran.

Album mereka selanjutnya adalah THE UPLIFT MOFO PARTY PLAN dirilis 29 September 1987 dengan produser Michael Beinhorn. Album inilah yang membawa RHCP masuk ke Billboard Top 200 untuk pertama kalinya. Menjelang tur, Slovak meninggal dan Irons mengundurkan diri.

Setelah kepergian Slovak dan Irons, RHCP merekrut Chad Smith dan John Frusciante. MOTHERS'S MILK, album ke-4 RHCP rilis Agustus 1989. Dalam album ini terdapat hit Knock Me Down yang mereka persembahkan untuk Slovak dan menempatkan mereka dalam top modern rock. Album ini mencapai #52 di AS, yang tertinggi bagi mereka saat itu

Tahun 1990 mereka pindah ke Warner Brothers Records. Rick Rubin menjadi produser album kelima mereka, BLOOD SUGAR SEX MAGIK, yang menghasilkan banyak hit dan terjual 7 juta keping di AS. Single Give it Away memenangkan Grammy Award 1992 untuk "Best Hard Rock Performance With Vocal", dan single-single lainnya adalah Breaking the Girl, Suck My Kiss dan Under the Bridge. Album ini masuk ke nomor 310 dalam daftar Rolling Stone magazine The 500 Greatest Albums of All Time dan tahun 1992 mencapai # 3 di AS.

Sayangnya Frusciante, sang gitaris, keluar pada Mei 1992 karena masalah obat-obatan. Setelah menggantikannya dengan Arik Marshall dan Jesse Tobias dari Mother Tongue, mereka akhirnya menggaet mantan gitaris Jane's Addiction, Dave Navarro, untuk merekam album ONE HOT MINUTE tahun 1995. Album ini terjual 5 juta keping dan bertahan di tangga album selama 55 minggu.

John Frusciante kembali bergabung, setelah Navarro dipecat pada 1997. Mereka merekam CALIFORNACATION, yang dirilis 8 Juni 1999. Album ini meraih sukses dan terjual 15 juta keping. Lagu-lagu hit dari album ini antara lain Scar Tissue, Otherside dan Californication.

RHCP kembali merilis BY THE WAY 9 Juli 2002. Album ini terjual 700.000 keping pada minggu pertama dan menghasilkan lagu-lagu hit By the Way, The Zephyr Song, Can't Stop, Dosed, dan Universally Speaking. Album ini mampu bertenger #18 di the Billboard Hot 200.

Mereka merekam dua lagu baru Fortune Faded dan Save the Population untuk album Greatest Hits. Tahun 2004 mereka membuat album live yang pertama, LIVE IN HYDE PARK.

Pada tahun 2006 RHCP merilis STADIUM ARCADIUM. Album ini langsung mencapai #1 on the US charts dan bertahan selama 2 minggu. Juga langsung duduk dinomer satu UK Albums Chart dan di 25 negara yang lain. Pada minggu perdananya, album ini meraih 442.000 unit di Amerika Serikat dan lebih dari 1.000.000 di seluruh dunia.

Akhir 2006, album ini disebut-sebut sebagai the best-selling album of the year dengan lebih dari 7 juta unit terjual.

Album ini menghasilkan pula 5 penghargaan dari Grammy Awards 2007, untuk kategori Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal (Dani California), Best Rock Song (Dani California), Best Boxed or Special Limited Edition Package (Stadium Arcadium), Best Rock Album (Stadium Arcadium), Best Producer (Rick Rubin - Stadium Arcadium).

RHCP juga berpartisipasi dalam konser Live Earth di London's Wembley Stadium tanggal 7 Juli 2007.

Baca Profil Lengkap Red Hot Chili Peppers ▼



Show More ▼