PERSONAL
Woody Allen terlahir dengan nama Allen Stewart Konigsberg, di Brooklyn, New York, AS pada 1 Desember 1935. Woody dikenal sebagai seorang aktor, sutradara, penulis, musikus, dan komedian.

Terkait kehidupan pribadinya, Allen telah menikah tiga kali, istri pertamanya adalah Harlene Rosen, yang kemudian bercerai pada 1962. Istri keduannya adalah aktris Louise Lasser dan bercerai pada 1969. Dan istri ketiganya aktris Soon-Yi Previn, yang dinikahinya pada 1997.

KARIR
Sebagai salah seorang sutradara, ia memiliki pengaruh pada zaman modern berkat film-filmnya yang kaya intelektualitas serta jumlah karyanya. Seringkali dirinya terjun berakting dalam film arahan sendiri. Inspirasi film-filmnya banyak bersentuhan dengan sastra, filsafat, psikologi, dan New York City, kota kelahiran serta tempat tinggalnya.

Allen awalnya adalah seorang penulis skenario serta pelawak stand-up, film pertama yang disutradarainya berjudul What's Up, Tiger Lily? (1965). Tahun 1977 merupakan masa tersuksesnya, film-film karyanya pada masa itu antara lain, Annie Hall, Manhattan, The Purple Rose of Cairo dan Hannah and Her Sisters.

Pada tahun 2000-an dirinya mencoba kembali membuat film komedi umum namun film-filmnya gagal meraih keberhasilan. Match Point (2005) merupakan filmnya yang tersukses dalam hampir 20 tahun terakhir dan berhasil memperoleh nominasi Oscar.

Allen telah 14 kali masuk unggulan dalam kategori Skenario Terbaik (asli maupun adaptasi) Oscar. Dan tiga kali meraih Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik (Annie Hall, 1977), Skenario Asli Terbaik (Annie Hall, 1977 dan Hannah and Her Sisters, 1986). Ia juga telah 13 kali menjadi pemenang BAFTA dalam berbagai kategori, termasuk film, skenario, dan sutradara terbaik.

Baca Profil Lengkap Woody Allen ▼



Show More ▼