Ratna Riantiarno adalah seorang aktris, manajer seni pentas dan juga aktivis teater Indonesia. Lahir di Manado, 23 April 1952, Ratna mengenal dunia kesenian lewat seni tari, yang kemudian mengantarkan dirinya berkeliling dunia.

Sementara seni drama digeluti pada 1969 dengan pementasan pertamanya bersama Teater Kecil dalam lakon KAPAI KAPAI (1969) (1969). Disusul perannya dalam beberapa pementasan karya Arifin C. Noer, seperti SUMUR TANPA DASAR, MEGA-MEGA, MADEKUR TARKENI dan KOCAK-KACIK.

Ratna kemudian ikut mendirikan Teater Koma, pada 1 Maret 1977. Bermain dalam banyak lakon karya penulis drama dan sutradara, N. Riantiarno, yang kemudian pada 1978 menikahinya. Bersama Teater Koma, lakon yang pernah didukungnya seperti RUMAH KERTAS, BOM WAKTU, OPERA KECOA, OPERA PRIMADONA, SAMPEK ENGTAY, KONGLOMERAT BURISRAWA, SUKSESI, KALA, REPUBLIK BAGONG, PRESIDEN BURUNG-BURUNG, REPUBLIK TOGOG dan MAAF.MAAF.MAAF.

Selain seni panggung, Ratna juga mengeluti dunia film. Film AKIBAT BUAH TERLARANG, JANGAN AMBIL NYAWAKU, PETUALANG-PETUALANG, JAKARTA 66, OPERA JAKARTA, PETUALANGAN SHERINA, BROWNIES, adalah sejumlah film yang turut dibintanginya.

Di sisi lain Ratna juga pernah bekerja sebagai asisten kehumasan Majalah Pertiwi, direktris perusahaan PR, RR & Associates dan pernah menduduki sejumlah jabatan penting di bidang kebudayaan, termasuk sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta, periode 1996-2003.

FILMOGRAFI
AKIBAT BUAH TERLARANG
JANGAN AMBIL NYAWAKU
PETUALANG-PETUALANG
JAKARTA 66
OPERA JAKARTA
PETUALANGAN SHERINA
BROWNIES

RINDU PURNAMA (2011)

Baca Profil Lengkap Ratna Riantiarno ▼



Show More ▼