PERSONAL

Yayan Ruhian atau biasa disapa dengan Yayan adalah seorang pesilat dan aktor Indonesia. Pria yang lahir di Tasikmalaya 19 Oktober 1986 ini menemukan gairahnya di pencak silat dan seni bela diri sebelum memulai karirnya sebagai aktor. Namanya langsung melambung setelah kiprahnya di film laga THE RAID (2011), dengan perannya sebagai Mad Dog.

 

KARIR

Pada tahun 1998 dia sempat menjadi instruktur seni bela diri profesional di sebuah perguruan silat. Selama menjadi instruktur, ia biasa mengajar ke beberapa kota di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Yayan adalah salah satu anggota tim pencak silat yang sempat tampil di Festival des Arts Martiaux de Paris Bercy. Serta turut berpartisipasi di Institude Judo, menampilkan Silek Minang (seni bela diri dari Minang, Sumatera) di Paris, Perancis.

2009 Yayan menjadi koreografer pada film laga bertajuk MERANTAU, sebagai pengarah Silat Harimau dan Silat Minang. Namun karena audisi tidak menemukan pemeran yang sesuai, akhirnya Yayan ditunjuk untuk memerankan Eric di film garapan Gareth Evans tersebut. Di film laga yang juga dibintangi Donny Alamsyah.

Di tahun 2012 Yayan kembali bermain di film garapan Gareth Evans berjudul THE RAID. Guru silat ini berperan sebagai Mad Dog (anjing gila), tangan kanan dan algojo brutal Tama Riyadi (Ray Sahetapy) yang memiliki keahlian silat tinggi. Di film ini dia disandingkan dengan Donny Alamsyah dan Iko Uwais.

Setelah namanya dikenal karena film THE RAID, pada 2014 Yayan kembali lagi bermain pada sekuelnya, THE RAID 2: BERANDAL. Dia berperan sebagai Prakoso, seorang algojo dan tukang pukul.

 

 

 

Baca Profil Lengkap Yayan Ruhian ▼



Show More ▼