HOME » KOREA
KOREA

10 Drama Jepang yang Auto Bikin Pecinta Drama Korea Ketagihan Nonton Setiap Episodenya

Senin, 19 Juli 2021 21:10 Penulis: Iwan Tantomi

credit: NTV/Netflix/NHK

Kapanlagi.com - Popularitas drama Korea memang tinggi, bahkan peminatnya dari waktu ke waktu terus bertambah. Namun, bagi penikmat setia drama Korea sedari lama, mungkin akan muncul rasa bosan. Terlebih jika dalam periode tertentu drama Korea yang dirilis nyaris menyajikan jalan cerita yang sama.

Nah, untuk mendapatkan jalan cerita baru yang tak kalah seru, bahkan lebih fresh, tak ada salahnya untuk move on sejenak ke drama Jepang. Dan, tahukah kamu, beberapa drama Jepang ini tak sekadar hits abis, tetapi ternyata mampu bikin pecinta drama Korea auto kepincut hingga tertarik untuk menontonnya. Kok bisa sih?

1. WE MARRIED AS A JOB

Pertama ada drama WE MARRIED AS A JOB atau kalau di Jepang terkenal dengan judul NIGERU WA HAJI DA GA YAKU NI TATSU. Drama Jepang ini bercerita tentang seorang lulusan sarjana yang tak kunjung mendapatkan pekerjaan, bernama Moriyama Mikuri (Aragaki Yui). 

Sampai akhirnya ia memutuskan untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk Tsuzaki Hiramasa (Hoshino Gen). Siapa sangka, pekerjaan tersebut justru membawanya ke permintaan kawin kontrak dari Hiramasa.

Drama Jepang ini sangat laris di Negeri Sakura, karena tak hanya sekadar menyajikan kisah romantis yang mengaduk emosi, tetapi bumbu komedi yang menyulut gelak tawa. Plot yang berat dan serius, justru jadi sumber penasaran saat menonton WE MARRIED AS A JOB.

2. GANGSTER TEACHER

Tak kalah menarik ada GANGSTER TEACHER. Drama yang lebih dikenal sebagai GOKUSEN di Jepang ini menceritakan seorang guru muda bernama Yamaguchi Kumiko (Nakama Yukie) yang begitu optimis saat memasuki Shirokin Gakuen.

Ia diharapkan bisa membawa perubahan di sekolah tersebut. Naas, Kumiko justru didapuk sebagai wali kelas 3-D, salah satu kelas dengan murid paling bermasalah di Shirokin Gakuen.

Para murid berupaya membuat Kumiko hengkang dengan terus bikin onar. Hanya karena sifatnya yang sangat sabar, mereka tak tahu jika Kumiko sebenarnya cucu pimpinan Yakuza.

Meski sudah dirilis pada 2002 silam, drama 3 season ini justru tak pernah bosan ditonton. Beragam kebodohan sekaligus kisah yang menyentuh hati benar-benar menjadikan GOKUSEN salah satu drama Jepang wajib tonton.

3. ALICE IN BORDERLAND

Hadir sebagai suguhan menarik di masa pandemi, ALICE IN BORDERLAND menjadi drama Jepang yang cukup menyita perhatian para penikmat drama Korea. Drama ini bercerita tentang Ryohei Arisu (Yamazaki Kento), seorang pengangguran yang kecanduan main video games, sampai-sampai tak sadar Tokyo berubah sangat sepi.

Arisu dan temannya kemudian diharuskan berkompetisi dalam sebuah game agar bisa bertahan hidup. Arisu juga bertemu Yuzuha Usagi (Tsuchiya Tao), perempuan muda yang juga bermain game serupa seorang diri. Mereka akhirnya bekerja sama untuk memecahkan misteri di balik dunia baru ini.

Meski hanya hadir dalam 8 episode saja, drama yang terkenal di Jepang dengan judul IMAWA NO KUNI NO ALICE ini benar-benar menyuguhkan karakter berbeda dengan keunikan masing-masing. Drama ini bahkan mampu memberimu kesan 'kiamat' dalam drama yang tak pernah kamu temui sebelumnya.

4. FOR YOU IN FULL BLOSSOM: IKEMEN PARADISE

Dikenal dengan judul HANAZAKARI NO KIMITACHI E di Jepang, FOR YOU IN FULL BLOSSOM: IKEMEN PARADISE bercerita tentang kisah komedi Muzuki Ashiya (Horikita Maki) cewek yang baru saja kembali ke Jepang dari California.

Dia jatuh cinta dengan Izumi Sano (Oguri Shun), atlet lompat galah yang terpaksa pensiun dini akibat cedera. Hanya karena Ashiya ingin melihat Sano kembali berlatih, ia sampai harus menyamar dan tinggal di asrama atlet lompat galah cowok. Ashiya sangat terkejut ketika ia ditempatkan sekamar dengan Sano.

Pecinta drama Korea mengenal drama yang diangkat dari komik berjudul Hana Kimi ini sebagai TO THE BEAUTIFUL YOU. Drama ini ringan dan sangat lucu, tetapi sanggup membuatmu ketagihan menontonnya episode demi episode.

5. NOBUNAGA CONCERTO

Selanjutnya ada NOBUNAGA CONCERTO yang bercerita tentang Saburo (Oguri Shun), seorang siswa SMA biasa yang melakukan time travel ke era Sengoku (1549). Dia bertemu dengan seorang raja yang wajahnya mirip dengannya.

Saburo diminta menggantikan posisinya, dan mulai menjalani hidup sebagai Oda Nobunaga, samurai yang ingin menyatukan negara. Drama ini cocok buat kamu yang tertarik untuk menikmati serunya drama sejarah Jepang.

Sebab, alih-alih ingin kembali ke masa sekarang, NOBUNAGA CONCERTO justru menyajikan plot berbeda, di mana Saburo justru ingin menjalani hidup sebaik mungkin di masa lalu. Meski bergenre sejarah, drama ini sanggup membuatmu tersulut gelak tawa.

6. SUNSHINY ASA

Menghadirkan masa akhir Tokugawa Shogunate atau sekitar 1868, SUNSHINY ASA atau dalam bahasa Jepang berjudul ASA GA KITA berkisah tentang Shirooka Asa (Haru) yang lahir sebagai anak kedua keluarga saudagar kaya di Kyoto.

Asa kemudian pindah ke Osaka dan menjalankan beragam bisnis, seperti pengolahan batu mulia, perbankan, asuransi jiwa, hingga mendirikan universitas untuk perempuan pertama di Jepang.

SUNSHINY ASA didasarkan dari kisah nyata seorang perempuan tangguh di Jepang, Hirooka Asako. Bagaiman kisah women empowerment yang ditunjukkan oleh Asako tersaji secara detail dalam drama.

7. FROM TODAY, IT'S MY TURN!!

Kembali berkisah tentang kehidupan sekolah, ada FROM TODAY, IT'S MY TURN!! yang tak kalah menarik ditonton. Drama yang dikenal dengan judul KYOU KARA ORE WA!! ini bercerita tentang dua siswa pindahan bernama Mitsuhashi Takashi (Kaku Kento) dan Ito Shinji (Ito Kentaro).

Alih-alih belajar, kedua siswa ini justru untuk menjadi berandalan di sekolah baru tersebut. Meski sempat tak sejalan, tetapi Shinji dan Takashi pada akhirnya berteman dan menjadi berandalan paling disegani.

Drama Jepang ini sendiri diangkat dari anime dan manga atau komik. Meski mungkin tampak aneh, tapi FROM TODAY, IT'S MY TURN!! justru mengajakmu untuk menikmati drama Jepang dengan genre berbeda sekaligus memetik banyak nilai kehidupan di dalamnya.

8. UNNATURAL

Sementara buat yang belum move on dengan drama Korea tentang kedokteran, bisa menonton UNNATURAL. Bukan sekadar kisah paramedis biasa, drama Jepang ini menyuguhkan cerita misteri yang menghinggapi Unnatural Death Institute (UDI).

Kisah tersebut melibatkan seorang ahli jantung Misumi Mikoto (Ishihara Satomi), teknisi lab Shoji Yuko (Ichikawa Mikako), dan seorang staf rekam medis baru bernama Kube Rokuro (Kubota Masataka). Mereka mengidentifikasi kebenaran di balik sebuah kematian yang tak wajar.

Drama Jepang ini 11:12 dengan CIS, NCIS, Criminal Minds dan semacamnya, sehingga benar-benar jadi tontonan yang menarik apabila kamu menyukai genre seperti itu. Meski kerap menyajikan beberapa kasus berbeda dalam episodenya, tetapi drama ini jauh dari kata membosankan lho.

9. KISS THAT KILLS

Bagi kamu yang suka drama percintaan yang tak biasa, KISS THAT KILLS atau TODOME NO KISS wajib kamu tonton. Drama Jepang ini berkisah tentang Dojima Otaro (Yamazaki Kento) yang bekerja sebagai host. Akibat kisah masa lalu yang dialaminya, Otaro percaya cinta tak akan bikin orang bahagia.

Sampai tiba-tiba saja, Otaro bertemu seorang perempuan misterius (Kadowaki Mugi) yang menciumnya, lalu kemudian membunuhnya. Anehnya, ia justru mendapatkan kesadarannya kembali. Bukan di masa yang sama, tapi 7 hari sebelum kejadian yang menimpanya. Di masa itu, ia tengah diikuti seorang perempuan.

Keunikan dari KISS THAT KILLS adalah setiap karakter memiliki kekurangan yang jelas, tetapi mampu terbangun dengan baik sepanjang drama, sehingga tak sampai ada karakter yang 'gantung' hingga episode tamat. 

10. THERE'S SOMETHING WRONG WITH US

Last but not least, ada THERE'S SOMETHING WRONG WITH US atau bahasa Jepangnya biasa disebut sebagai WATASHITACHI WA DOUKA SHITEIRU. Drama Jepang ini bercerita tentang Yuriko, seorang single parent yang memiliki anak berusia 6 tahun bernama Hanaoka Nao.

Yuriko merupakan penjual manisan di sebuah toko tradisional Jepang. Di sana ia bertemu dengan anak sang pemiliki toko bernama Takatsuki Tsubaki, hingga akhirnya keduanya saling jatuh cinta.

Sayangnya, suatu hari ayah Tsubaki ditusuk oleh seseorang, dan Yuriko dituduh sebagai pelakunya. Nao diusir keluar, dan ibunya meninggal. Hal tersebut menyebabkan Nao begitu dendam dengan Tsubaki.

15 tahun berikutnya, Nao berjumpa lagi dengan Tsubaki dalam sebuah kompetisi membuat manisan. Tsubaki tertarik mencoba manisan Nao, hingga tanpa ragu meminang Nao tanpa mengetahui identitas aslinya.

Nao yang menyembunyikan identitas aslinya, memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuktikan jika ibunya tidak bersalah. Meski drama Jepang ini hanya hadir dalam 8 episode, tetapi semua ceritanya terkemas dengan baik sampai akhir.

Gimana, mana yang ingin kamu tonton lebih dulu, KLovers? Apapun pilihanmu bersiaplah untuk dibikin jatuh hati hingga auto ketagihan melihat episode demi episodenya sampai akhir. Selamat menonton!

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING