KOREA

4 Fakta Film Korea 'MIRACLE IN CELL NO.7' yang Dibuat Versi Indonesia, Ternyata Diangkat dari Kisah Nyata

Selasa, 12 Mei 2020 14:11 Penulis: Dhia Amira

Miracle in Cell No.7 (credit: id.wikipedia.org/wiki; instagram.com/hanungbramantyo)

Kapanlagi.com - Bila kalian pencinta film atau serial drama Korea, maka kalian pasti tahu dengan film sedih berjudul MIRACLE IN CELL NO.7, yang merupakan salah satu film tersedih di Korea. Film MIRACLE IN CELL NO.7 merupakan film layar lebar Korea Selatan pada tahun 2013. Film ini juga telah memenangkan beberapa penghargaan besar seperti penghargaan, Paeksang Art Awards, Mnet 20th Choice Awards, 22nd Buil Film Awards, 50th Grand Bell Awards 50th, 34th Blue Dragon Film Awards, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, film garapan tahun 2013 ini sampai sekarang masih menjadi film favorit dan tontonan wajib yang harus diketahui oleh para pecinta film atau drama Korea. Film MIRACLE IN CELL NO.7 merupakan film yang menceritakan tentang seorang pria cacat mental yang dituduh melakukan kejahatan terhadap anak di bawah umur, dan mendapatkan hukuman mati dengan meninggalkan satu anak perempuan yang masih kecil. Cerita MIRACLE IN CELL NO.7 merupakan cerita melodrama keluarga yang akan menyayat hati.

Ternyata film ini juga memiliki fakta menarik loh, bukan hanya akan dibuat versi Indonesia, film MIRACLE IN CELL NO.7 juga merupakan sebuah kisah nyata. Penasaran bagaimana penjelasan dan apa saja fakta menarik lainnya? Dilansir dari berbagai sumber inilah fakta film Korea MIRACLE IN CELL NO.7 yang wajib kamu ketahui sebelum menonton versi Indonesia.

 

 

 

1. Dari Kisah Nyata

Fakta Film Korea MIRACLE IN CELL NO.7 yang pertama yaitu, diangkat dari sebuah kisah nyata. Ternyata film yang sangat sedih dan menyayat hati ini benar-benar terjadi di kisah nyata loh KLovers. Film ini mengambil kisah nyata pada tahun 1972 di Korea Selatan, dimana saat itu hukum selalu melakukan diskriminasi kepada orang-orang yang memiliki keterbelakangan mental.

Film ini menyuguhkan kembali bagaimana saat itu hukum mendiskriminasi seseorang yang memiliki kebutuhan khusus. Tentu saja hal ini membuat para penonton akan merasa sedih dan emosional. Tak hanya itu saja Lee Yong Go yang diperankan oleh aktor senior Ryu Seung Ryong ini juga memiliki anak perempuan yang masih kecil, sehingga menambah kesedihan yang akan kita terima saat menonton film ini.

2. Telah Dibuat Beberapa Versi

Ternyata film MIRACLE IN CELL NO.7 juga sudah dibuat beberapa versi loh KLovers, sebelum akhirnya giliran Indonesia yang akan menggarap ulang film ini. Film yang telah di buat banyak versi oleh beberapa negara ini juga sukses, dan negara-negara tersebut antara lain, India pada tahun 2017, Filipina pada tahun 2019, Turki pada tahun 2019.

Tak kalah dengan Korea, beberapa versi adaptasi juga memiliki banyak keunggulannya, seperti di India yang masuk dalam nominasi film adaptasi dengan skenario terbaik di Oscar. Lalu ada versi Filipina, yang mengeluarkan trailer film tersebut dan langsung memiliki 7 juta penonton dalam waktu 24 jam saja.

Bukan hanya itu, saat penayangan perdana film di Filipina, tiket langsung terjual habis pada saat itu di seluruh bioskop manila, Filipina. Kemudian ada juga versi Turki yang sama seperti Filipina, menjadi film yang paling banyak di tonton pada tahun 2019. Dan terakhir versi Indonesia yang saat ini sedang digarap oleh sutradara terkenal Indonesia, yaitu Hanung Bramantyo.

Baru mengeluarkan cuplikan foto saat syuting saja, para warganet di Indonesia sudah tidak sabar untuk menonton film ini. Dan menunggu bagaimana kesuksesan film ini, apakah akan sama sukses dengan Korea Selatan, atau lebih sukses dari itu. Tentu saja banyak para warga net yang menunggu tanggal perilisan film MIRACLE IN CELL NO.7 versi indonesia.

3. Dibuat Versi Indonesia

Sudah banyak yang mengetahui bahwa film Korea Selatan MIRACLE IN CELL NO.7 telah dibuat versi Indonesia oleh sutradara terkenal Hanung Bramantyo. Film yang sukses di Korea Selatan dan telah dibuatkan versi Indonesia ini tentu mencuri perhatian khalayak ramai. Dikabarkan bahwa film ini akan rilis pada tahun 2020 dan banyak yang tak sabar akan rilisnya film tersebut.

Film ini juga akan diperankan oleh beberapa artis besar Indonesia seperti, Vino G Bastian, Indro Warkop, Tora Sudiro, Bryan Domani, Indra Jegel, Rigen, Denny Sumargo, dan Mawar Eva De Jongh. Saat melakukan siaran langsung tentang bagaimana film ini dibuat, Hanung Bramantyo berkata bahwa ini merupakan sesuatu hal yang sangat sulit. Ia mengungkapkan, pada siaran YouTube langsung pada tanggal 11 Mei kemarin di Falcon Pictures channel.

"Banyak orang sudah menonton, tahu ceritanya seperti apa, cast-nya seperti apa, sekarang kita dituntut untuk berbeda tapi tidak keluar jalur. Ini berat banget," ungkapnya.

Hanung juga berkata bahwa, ia harus menyesuaikan agar para penonton Indonesia merasa dekat dengan film. Seperti iklim, budaya, dan latar belakang tempat yang membuat Hanung memilih pemukiman kumuh dekat dengan rel kereta api.

Hal ini tentu sangat lazim kita lihat pada pemukiman masyarakat kelas bawah. Dan menjadi latar belakang kehidupan tokoh utama. Tak hanya itu saja, rilisnya foto latar belakang tempat untuk film MIRACLE IN CELL NO.7 di Indonesia membuat para penonton tak sabar menunggu trailer serta perilisan film ini.

4. Menjadi Film Terlaris Sepanjang Masa

Pada versi Korea, film MIRACLE IN CELL NO.7 menjadi film yang sukses sepanjang masa dengan menempati posisi ketiga setelah 2 film lainnya, yakni TRAIN TO BUSAN yang menempati posisi nomor dua. Dan juga MIRACLE IN CELL NO. 7 menjadi film yang sering ditonton hingga saat ini, itu dibuktikan dengan penonton yang lebih dari 12,8 juta selama 46 hari penayangan.

Film ini juga mendapatkan keuntungan sebesar 81,8 juta dolar, atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Dan para warganet Indonesia berharap, versi Indonesia tak kalah sukses dengan versi Korea atau versi dari negara lainnya.

Itulah 4 fakta menarik tentang film Korea MIRACLE IN CELL NO.7 yang wajib kamu ketahui. Selain menyuguhkan kisah komedi dan keluarga, film MIRACLE IN CELL NO.7 juga dapat mengaduk perasaan penontonnya hingga benar-benar dapat menangis.


REKOMENDASI
TRENDING