KOREA

7 Fakta Menarik Bahiyyih, Adik Huening Kai TXT yang Jadi Peserta 'Girls Planet 999'

Jum'at, 09 Juli 2021 21:00 Penulis: Iwan Tantomi

credit via twitter.com/TXT_bighit & instagam.com/leanavvab

Kapanlagi.com - Baru-baru ini Mnet mengumumkan survival show baru bernama Girls Planet 999. Acara tersebut bakal menjadi ajang kompetisi baru yang diikuti peserta dari tiga negara, yaitu Korea, Jepang dan China.

Sebagaimana kompetisi sejenis sebelum-sebelumnya, peserta yang bertahan hingga babak final, berkesempatan untuk debut dalam sebuah project group. Menariknya, dari beberapa peserta yang ikutan, beberapa sosok parasnya sangat familier. 

Salah satunya adalah Bahiyyih, yang ternyata adalah adik kandung Huening Kai TXT. Tak heran jika parasnya bak pinang dibelah dua saat disandingkan bersama kakaknya. Lebih lanjut, yuk cari tahu beberapa fakta menarik Bahiyyih yang tak kalah bertalenta dengan sang kakak berikut ini.

1. Bahiyyih Jaleh Huening

Bahiyyih memiliki nama lengkap Bahiyyih Jaleh Huening. Ia merupakan anak bungsu dari keluarga Huening. Bukan saja terdengar unik, ternyata namanya memiliki makna yang indah, yaitu embun yang penuh cahaya. Namanya diambil dari bahasa Persia, dengan cara pelafalan yang benar 'bah-hee-yeh'.

2. Masih Berusia 16 Tahun

Bahiyyih lahir pada 27 Juli 2004, yang mana kini berusia 16 tahun. Dia hanya berselisih dua tahun dengan Huening Kai TXT. Hal inilah yang membuat banyak orang awalnya menduga, Bahiyyih juga lahir dan besar di China, lantaran Huening Kai diketahui lahir dan menghabiskan masa kecilnya di Negeri Tirai Bambu.

Faktanya, Lea, kakak tertua Bahiyyih dan Huening Kai, dalam sebuah kesempatan membenarkan jika Bahiyyih memang pindah ke Korea pertama kali bersama keluarganya pada usia 6 tahun. Saat itu, ia hanya fasih berbicara Mandarin, tetapi kini sudah lancar berbahasa Korea dan Inggris.

3. Punya Darah Campuran

Secara etnis, Bahiyyih merupakan keturunan orang Korea dari pihak ibu. Namun, dari pihak ayah, ia merupakan keturunan orang Amerika dengan kakek dan leluhur berdarah campuran Polandia, Inggris, dan German. Menariknya lagi, sang ayah ternyata kelahiran Brazil.

Sama halnya Huening Kai, Bahiyyih pun kemungkinan besar mampu berbicara dalam bahasa Portugis. Kerennya lagi, ia juga mewarisi bakat seni dari sang ayah, Nabil Huening yang tak lain seorang artis ternama, aktor serta penyanyi dan penulis lagu di China.

4. Lolos Audisi di YG Entertainment dan BE:LIFT LAB

Dalam VLIVE terbaru, Huening Kai TXT menyebutkan jika adiknya pernah melewati beberapa kali audisi dan menjalani masa trainee di berbagai tempat.

Di awal tahun, dance academy tempat Bahiyyih belajar, mengonfirmasi jika ia lulus audisi tahap awal di YG Entertainment. Namun, Lea kemudian mengonfimasi jika adiknya tak gabung dengan agensi tersebut. 

credit via instagram.com/_bahiyyih

Tak berselang lama, dance academy yang sama kembali mengonfirmasi jika Bahiyyih juga lolos audisi di BE:LIFT LAB, agensi yang menaungi ENHYPEN. Spekulasi lantas mencuat, yang mengira Bahiyyih bakal menjadi salah satu peserta I-LAND versi perempuan.

5. Popularitasnya Tak Main-Main

Meski Bahiyyih belum pernah debut sebagai idol seperti kakak-kakaknya, tapi ia mampu membangun popularitasnya secara mandiri di media sosial. Lewat media sosial pribadinya, seperti TikTok dan YouTube, Bahiyyih bahkan beberapa kali memamerkan kemampuan menyanyinya.

Salah satunya cover Breathin' milik Ariana Grande versinya yang cukup viral. Selain itu, Bahiyyih juga menunjukkan kemampuan menarinya dengan cover lagu BLACKPINK Kill This Love dan ITZY Icy. Bahkan, ada video tentang masa kecilnya yang viral saat memainkan piano di atas panggung juga.

6. Bintang Televisi Waktu Kecil

Dari sisi profesional sebagai performer, Girls Planet 999 bukanlah penampilan perdana Bahiyyih di televisi. Sebab, saat masih kecil ia sudah membintangi sejumlah reality show bersama keluarga dan sang ayah tentunya di China. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Bahiyyih saat berkompetisi di acara Girls Planet 999.

7. Bahiyyih Sangat Suportif Kepada Saudaranya

Last but not least, Bahiyyih diketahui sangat penyanyang dan suportif kepada saudara-saudaranya. Saat Lea masih menjadi member VIVA, Bahiyyih memberikan dukungan penuh kepada sang kakak yang kala itu menjadi main vocalist. Sebagai informasi tambahan, VIVA merupakan idol K-Pop yang aktif pada periode 2017 hingga 2019.

Begitu juga saat Huening Kai debut bersama Tomorrow X Together atau TXT, Bahiyyih memberikan dukungan penuh kepadanya. Ia bahkan rela menabung untuk membelikan smartphone yang bagus buat Huening Kai, agar ia bisa posting selfie yang bagus buat para penggemarnya.

credit via instagram.com/_bahiyyih

Sebagai balasan, Lea dan Huening Kai pun memberikan dukungan balik kepada Bahiyyih. Salah satunya lewat postingan foto tiga bersaudara Huening yang diunggah Lea di Insta Story dengan caption dukungan semangat buat si adik. Sementara alasan kenapa wajah Huening Kai harus ditutupi stiker, fans berpendapat ada kaitannya dengan kebijakan agensi.

Well, itulah beberapa fakta menarik tentang Bahiyyih. Dengan kemampuan bernyanyi, dance maupun bermusiknya, ia akan bersaing dengan 99 peserta di Girls Planet 999. Mari ikuti perjalanannya, apakah ia bisa debut lewat ajang pencarian bakat yang akan tayang mulai 6 Agustus 2021 ini?

 

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING