KOREA

5 Lagu Tahun 2009 dan 2010-an Yang Iconic Banget Seolah Lagu Kebangsaan Industri Musik Korea, Non K-Popers Pasti Tahu!

Kamis, 30 September 2021 16:50 Penulis: Editor KapanLagi.com

Girls Generation (credit:instagram/girlsgneration)

Kapanlagi.com - Dengerin lagu-lagu K-Pop tahun 2010-an memang bikin nostalgia. Apalagi banyak lagu iconic yang booming hingga internasional. Lagu-lagu ini pun tidak hanya diminati oleh K-Popers saja, namun banyak non K-Popers yang juga mengenal lagu ini karena diputar berulang kali di berbagai acara maupun tempat publik.

Bahkan lagu-lagu tahun 2010 ini sering digunakan untuk dance masal atau yang disebut flashmob. Hal ini juga didukung dengan ciri khas gerakan yang dibawa oleh lagu tersebut. Walaupun pernah jaya pada zamannya, kebanyakan girl group dan boy group tersebut sudah vakum dan tergantikan oleh grup-goup baru.

Lagu-lagu ini dianggap telah berjasa membuka nama industri musik Korea ke kancah internasional. Kira-kira kalian masih ingat dengan lagu-lagu ini nggak ya? Nostalgia bareng yuk sambil dengerin lagu girl group dan boy group yang rilis pada tahun 2010-an!

1. PSY – Gangnam Style

ini dinyanyikan oleh rapper handal PSY. Gerakan khas seolah menunggangi kuda ini melejit di berbagai negara hingga digunakan untuk dance bersama atau flashmob dengan jumlah besar.

Lagu ini memuncaki tangga lagu Gaon Chart sejak perilisannya dan berhasil menjadi MV K-Pop paling banyak ditonton di YouTube. Gangnam Style adalah istilah yang digunakan warga Korea Selatan untuk menggambarkan gaya hidup mereka di distrik Gangnam. Sangat total, MV Gangnam Style juga melibatkan berbagai artis Korea yang menarik perhatian masyarakat.

 

 

 

2. T-Ara – Roly Poly

Roly Poly adalah single yang dirilis oleh girl group T-Ara pada tahun 2011. Lagu ini membawa konsep anak sekolahan era 1970. Dengan alunan lagu yang fun dan mudah didengar, lagu Roly Poly berhasil meledak di pasaran dan dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Roly Poly juga mendominasi berbagai tangga lagu dan menjadi lagu paling banyak didengar serta diundur pada situs penjualan musik digital Melon. Lagu ini juga memiliki koreografi yang mudah dihafal oleh para penggemar. Hal ini membuat Roly Poly menjadi lagu yang begitu popular di tahun 2011.

 

 

 

3. Super Junior – Sorry Sorry

Sorry Sorry, salah satu single Super Junior yang melejit di pasaran. Lagu yang dirilis pada tahun 2009 ini sukses dan album SORRY SORRY menjadi album terlaris Korea 2009 di Korea Selatan, Taiwan, Thailand, China, dan Filipina. Lagu ini menjadi lagu Super Junior paling sukses di tangga lagu dan berhasil memenangkan 10 penghargaan dalam masa promosi.

Sorry Sorry memiliki gaya iconic yaitu tangan meminta maaf sambil berputar-putar. Dengan genre electro-funk dan dance, lagu ini berhasil menyita banyak perhatian K-Popers maupun non K-Popers. Lagu Sorry Sorry juga menjadi lagu comeback Super Junior dalam bentuk utuh setelah kesibukan mereka di luar grup. Super Junior masih aktif hingga saat ini dengan berisi 10 member.

 

 

 

4. Girls Generation – Gee

Gee adalah lagu miliki Girls Generation yang rilis pada 2009 silam. Sejak peluncurannya, lagu Gee berhasil mendobrak berbagai rekor seperti posisi 1 di berbagai tangga lagu, memecahkan rekor KBS Music Bank sebagai lagu paling lama berada di peringkat 1 selama 9 minggu, dan videonya memegang rekor MV K-Pop terpopuler ditonton lebih dari 70.000 hingga bulan April 2012.

Lagu Gee masuk dalam  album Girls Generation yang juga berjudul GEE. Lagu ini mendobrak pasaran dan berhasil menyabet 11 penghargaan bergengsi salah satunya adalah Song of the Year pada 7th Korean Music Awards. MV lagu Gee bercerita tentang member Girls Generation yang merupakan boneka manekin pada sebuah toko dan mereka menyukai pemiliki toko yang merawat meraka dengan baik.

 

 

 

5. 2NE1 – I am the Best

Lagu 2NE1 yang paling hits, I AM THE BEST dengan jumlah 71 juta kali didengar di spotify. Lagu iconic milik 2NE1 ini memiliki lirik yang sangat khas yaitu “Naega Jeil Jal Naga”. Lagu ini dirilis pada 24 Juni 2011 lalu dalam mini album kedua mereka.

Lagu I Am The Best memiliki pesan untuk dapat mencintai diri sendiri dan selalu melihat ke depan. Lagu ini berusaha memotivasi remaja untuk tidak menyerah dalam kegagalan. Berhasil sukses di pasaran, 2NE1 menyabet penghargaan Mnet Asian Music Award untuk lagu ini.

Setelah membaca list di atas pasti kalian kembali nostalgia ya dengan alunan musik dan ciri khas gerakan yang dibawakan lagu tersebut? Ternyata waktu cepat berlalu dengan kini industri musik Korea semakin berkembang. Kira-kira dari mereka yang kini vakum, siapa sih yang paling kamu harapkan untuk comeback? 

 

Ditulis Oleh : Salma Tsabita Wiradara

 

 

 


REKOMENDASI
TRENDING