KOREA

6 Fakta Menarik Sam Kim, Nyanyikan Banyak OST Drama Korea - Tulis Lagu Buat Park Bo Gum

Senin, 22 Maret 2021 17:35 Penulis: Mita Anandayu

Sam Kim dan Park Bo Gum © ARENA - VLIVE

Kapanlagi.com - Kalau berbicara tentang Korea memang tidak akan ada habisnya ya. Korea memiliki sejuta hal menarik yang bisa kamu ikuti, mulai dari drama, musik, budaya hingga makanannya. Salah satu hal yang sedang hangat diperbincangkan dan sering menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia yaitu musik Korea.

Musik Korea tidak terbatas hanya di boygroup dan girlgroup saja lho. Ternyata Korea juga terkenal akan musisi-musisi solo-nya yang bertalenta, salah satunya adalah Sam Kim. Nah bagi kamu yang ingin mengenal Sam Kim lebih jauh, yuk simak artikel ini sampai habis ya!

1. Memulai Kariernya Melalui Ajang Pencarian Bakat

Sam Kim memulai karir bermusiknya di Korea melalui ajang pencarian bakat, K-Pop Star 3 tahun 2013 lalu. Ajang bergengsi Korea ini sudah menciptakan musisi-musisi bertalenta seperti AKMU, Lee Hi, Jae Day6 hingga Bang Yedam TREASURE yang eksis sampai sekarang. Meskipun tidak memenangkan juara pertama, Sam Kim tetap berhasil mencuri perhatian masyarakat Korea dan menjadi runner up di acara ini. Setelah memenangkan posisi kedua, ia langsung menandatangani kontrak dengan Antenna Music, label musik milik Yoo Hee Yeol, salah satu produser musik yang menjadi juri di K-Pop Star 3.

2. Tinggal dan Besar di Amerika

Pria berusia 22 tahun ini, lahir di Amerika Serikat pada 19 Februari 1998 dan tinggal selama 15 tahun di sana. Sam Kim menghabiskan masa remajanya yang menyenangkan bersama keluarga dan teman-temannya di Federal Way, Seattle, Washington. Ia juga aktif membuat video cover musik dan mengunggahnya ke YouTube. Hal ini rutin ia lakukakan hingga salah satu kru K-Pop Star menemukannya di platform tersebut dan langsung menghubunginya untuk mengikuti ajang pencarian bakat paling terkemuka di Korea. Setelah tinggal di Korea selama beberapa tahun, Sam Kim mengaku sangat rindu dengan kampung halamannya. Kerinduan ini mulai ia tuangkan ke lagu di mini albumnya berjudul Mama Don’t Worry dan Seattle.

3. Belajar Gitar Secara Otodidak

Sam Kim terkenal dengan teknik bermain gitarnya yang memukau dan terlihat out of the box. Dalam sebuah interview, Sam Kim mengatakan bahwa ia tidak pernah mengikuti les gitar secara khusus. Musisi-musisi yang memiliki peranan besar dalam karir Sam Kim ialah Gabe Bondoc dan Tom Misch. Sam Kim mengaku belajar gitar secara otodidak hanya melalui video YouTube saja setiap hari. Saat ini, Sam Kim sudah mulai menguasai banyak jenis gitar dan sedang berusaha mengembangkan bakat bermain musiknya lebih jauh lagi.

4. Menyanyikan Original Soundtrack Drama Korea

Vokal yang merdu dan menenangkan hati membuat lagu-lagu Sam Kim menjadi favorit para pendengar musik di Korea. Tidak hanya fokus pada pembuatan lagu untuk album saja, Sam Kim juga sudah mulai merambah ke dunia OST Drama Korea lho! Salah satu lagu paling terkenal yaitu Who Are You yang menjadi Original Soundtrack drama Guardian: The Lonely and Great God, drama penuh pujian yang dibintangi oleh aktor Gong Yoo dan aktris Kim Go Eun. Selain itu Sam Kim juga mengisi OST untuk drama Search WWW yang berjudul Scent dan drama besutan Netflix It’s Okay Not To Be Okay berjudul Breath.

5. Pecinta Makanan dan Punya Hobi Memasak

Sam Kim mengaku adalah seorang pecinta makanan enak dan memiliki hobi memasak. Hal ini tidak mengherankan karena orangtuanya di Seattle memiliki sebuah restauran dan di masa mudanya Sam Kim sering membantu menyiapkan pesanan. Di sebuah interview bersama Dive Studios, Sam Kim mengatakan bahwa sangat menyukai memanggang roti dan kue di rumah saat sedang tidak ada kegiatan bermusik.

6. Menulis Banyak Musik Yang Menduduki Tangga Lagu Korea

Saat ini Sam Kim sudah berkarir selama lebih dari 5 tahun di Korea dan sudah menciptakan banyak lagu yang seringkali menduduki tangga lagu teratas. Sam Kim juga sudah resmi mengeluarkan album pertamanya berjudul Sun And Moon yang berisikan 8 lagu di tahun 2018. Tidak hanya itu saja, Sam Kim juga menuliskan lagu All My Love untuk Park Bo Gum sebagai tanda perpisahan aktor tersebut sebelum berangkat wajib militer.

Nah itulah fakta tentang Sam Kim, musisi jenius dari label Antenna Music. Setiap tahunnya lagu-lagu Sam Kim selalu ditunggu oleh para penggemar, semoga di tahun 2021 ini Sam Kim dapat mengeluarkan banyak musik dan album keduanya ya! Semangat selalu dalam bermusik ya, Sam Kim!

Ditulis oleh: Agustin Dwiyanti

(kpl/mit)

Editor: Mita Anandayu


REKOMENDASI
TRENDING