HOME » KOREA
KOREA

12 Rekomendasi Anime Olahraga Terbaik dan Terpopuler, Nggak Kalah Seru Dibanding Genre Action atau Fantasi

Selasa, 19 Juli 2022 11:55

Rekomendasi Anime Olahraga (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Dari dulu hingga sekarang, anime masih jadi tontonan yang tak pernah sepi peminat. Anime begitu digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Wajar saja, pasalnya anime memang punya cerita menarik. Terkadang, anime juga mengangkat tema spesifik seperti olahraga. Malahan, ada beberapa rekomendasi anime olahraga yang cukup populer.

Anime olahraga juga punya cerita yang tak kalah seru dibandingkan genre action atau fantasi. Rekomendasi anime basket menjadi contoh tontonan yang banyak dicari. Dalam anime olahraga juga terdapat aksi-aksi mendebarkan saat para karakter bertanding. Selain itu, rekomendasi anime olahraga juga banyak bercerita tentang perjuangan dan semangat meraih mimpi. Tak hanya sampai di situ, anime olahraga juga banyak mengajarkan pelajaran berharga tentang persahabatan hingga kerja sama.

Penasaran, anime olahraga apa saja yang seru dan menarik untuk ditonton? Langsung saja simak daftar rekomendasi anime olahraga terbaik dan seru berikut ini.

1. CAPTAIN TSUBASA

Siapa yang tak tahu CAPTAIN TSUBASA? Rekomendasi anime olahraga satu ini sudah sangat populer di Indonesia, bahkan di berbagai penjuru dunia. Pertama dirilis pada 1983, hingga kini CAPTAIN TSUBASA masih jadi salah satu anime terpopuler favorit banyak orang, khususnya pecinta olahraga sepak bola.

CAPTAIN TSUBASA bercerita tentang tokoh bernama Tsubasa Ozora yang berambisi jadi pemain sepak bola terbaik di dunia. Dari episode awal, penonton akan diajak menyaksikan perkembangan dan perjuangan Tsubasa untuk meraih mimpinya tersebut. Seiring berjalannya alur cerita, Tsubasa juga akan berjumpa dengan kawan dan lawan yang tak kalah menarik perhatian. 

Tak saja dalam hal jalan cerita yang terus berkembang mulai dari Tsubasa kecil hingga dewasa, secara kualitas grafis anime CAPTAIN TSUBASA juga mengalami berbagai evolusi. Hal ini membuatnya semakin menarik untuk terus diikuti.

2. SLUM DUNK

Rekomendasi anime olahraga yang kedua adalah SLUM DUNK. Sama seperti CAPTAIN TSUBASA, SLUM DUNK juga jadi salah satu anime olahraga terbaik dan terpopuler yang pernah ada. Bahkan kepopuleran SLUM DUNK pada masa rilisnya dulu, disebut-sebut turut membuat olahraga basket jadi lebih digemari di Jepang.

SLUM DUNK bercerita tentang Hanamichi Sakuragi yang bercita-cita menjadi pemain basket terbaik di dunia. Untuk itu, Hanamichi menjalani setiap latihan dan pertandingan basket yang dia jumpai dengan penuh ambisi. Inilah yang membuat SLUM DUNK jadi seru dan menegangkan, bahkan tak kalah seru dibandingkan anime lain bergenre action.

3. KORUKO NO BASUKE

Sama seperti SLUM DUNK, rekomendasi anime olahraga yang ketiga ini juga mengangkat tema basket. KORUKO NO BASUKE bercerita tentang Kuroko seorang pemuda yang sudah yakin akan menjalani hidup sebagai pebasket. Menariknya, anime ini tak saja fokus pada karakter Koruko. KORUKO NO BASUKE berkisah tentang perjuangan satu tim basket untuk memenangkan setiap pertandingan.

Dari yang semula dipandang sebelah mata, tim Koruko berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan bahwa mereka layak dan mampu. Tak saja bercerita tentang olahraga basket dan kekompakan dalam tim, anime ini juga banyak menunjukkan kisah persahabatan yang menyentuh. Penasaran dengan perjuangan dan kekompakan Kokuro dan timnya? Langsung saja saksikan KORUKO NO BASUKE.

4. EYESHIELD 21

Rekomendasi anime olahraga berjudul EYESHIELD 21 juga tak kalah seru untuk ditonton. Pada masa dirilisnya dulu, anime olahraga ini cukup mencuri perhatian. Pasalnya, bukan sepak bola ataupun basket, anime ini justru mengangkat olahraga yang terbilang tidak begitu populer di dunia, yaitu american football. 

Meski demikian, EYESHIELD 21 nyatanya berhasil membuktikan bahwa anime ini punya cerita yang solid dan seru untuk diikuti. Bahkan, keseruan EYESHIELD 21 bisa dirasakan mulai dari episode pertama. Cerita anime ini bermula dari kedatangan seorang murid baru bernama Kobayakawa Sena di sekolah bernama Deimon High School. 

Kobayakawa Sena yang berbakat lari pun kemudian bergabung dengan Devil Bats, klub american football yang ada di sekolah tersebut.

5. OOKIKU FURIKABUTTE

Baseball termasuk olahraga yang cukup populer di Jepang sana. Sehingga, rasanya tak mungkin jika tidak ada rekomendasi anime olahraga yang mengangkat tema olahraga satu ini. OOKIKU FURIKABUTTE adalah salah satu anime olahraga yang bercerita tentang olahraga baseball. 

Anime ini bercerita tentang Ren Mihashi seorang pemain baseball di sebuah sekolah. Ren Mihashi mempunyai bakat terpendam yang tidak setiap orang mengetahuinya. Di klubnya, Ren Mihashi mengisi posisi penting sebagai pitcher ace. Namun karena bakatnya yang tersembunyi, banyak yang meragukan kemampuan Ren Mihashi untuk posisi tersebut.

Lambat laun lewat pertandingan-pertandingan, Ren Mihashi membuktikan bahwa dirinya memang mampu dan layak.

6. HAIKYUU

Rekomendasi anime olahraga yang keenam berjudul HAIKYUU. Anime yang satu ini mengangkat tema olahraga bola voli dengan tokoh utama bernama, Shouyou Hinata. Awal mula kecintaan Shouyou Hinata pada voli terjadi saat dia menonton sebuah pertandingan Volly keren yang diikuti Ace.

Suatu saat Shouyou Hinata berada satu tim dengan seorang pemain yang dijuluki Raja Pengadilan. Interaksi antara Shouyou Hinata dan sosok Raja Pengadilan ini baik di lapangan maupun di luar lapangan, lantas jadi daya tarik tersendiri dalam anime ini. Anime yang sudah mencapai seasons 5 ini, juga mempunyai rating tinggi yaitu 8.8.

Jadi tunggu apalagi, langsung saja tonton HAKYUU dan buktikan keseruan aksi Shouyou Hinata dan si Raja Pengadilan!

7. BUZZER BEATER

Rekomendasi anime olahraga selanjutnya berjudul BUZZER BEATER. Cerita yang diangkat dalam film ini bukan merupakan kisah dari siswa SMA ataupun basket profesional, tapi pertandingan antara ras manusia dan alien.

Oleh karena itu, tontonan yang diadaptasi dari manga karya Takehiko Inoue ini pantas masuk ke daftar rekomendasi anime basket yang tak boleh dilewatkan. Secara garis besar, anime ini berkisah tentang Hideyoshi Tanaka, seorang anak yatim yang hidup di jalanan. Dia merupakan salah satu pemain All-Star tim Bumi untuk bertanding basket antargalaksi.

8. RO-KYU-BU!

Karena tokoh-tokoh yang dihadirkan anime ini tak seperti pada umumnya, RO-KYU-BU bisa menjadi rekomendasi anime basket untuk kalian tonton. Jika pada rekomendasi anime olahraga biasanya dihadirkan tokoh lelaki yang keren, anime ini justru menampilkan para tokoh perempuan kecil yang menggemaskan.

Diceritakan bahwa ada lima perempuan yang tergabung dalam tim bola basket di sekolahnya. Mereka dilatih oleh lelaki tampan yang sebenarnya sudah kehilangan hasrat untuk bermain basket. Namun, akhirnya dia kembali menemukan semangat setelah dirayu para muridnya. Saat menontonnya, kalian juga akan menemukan banyak komedi yang segar dan menghibur.

9. AHIRU NO SORA

Rekomendasi anime basket yang harus kalian tonton selanjutnya adalah AHIRU NO SORA. Anime ini berisi kisah tentang satu tim basket yang seluruh anggotanya adalah berandalan. Justru itu, AHIRU NO SORA menjadi rekomendasi anime olahraga yang cukup menarik.

Secara garis besar, anime ini berkisah tentang Ahiru no Sora yang mengikuti perjalanan Sora Kurumatani. Dia berusaha agar teman-temannya yang berandalan itu benar-benar tertarik main basket. Justru dengan tubuh Sora yang tak terlalu tinggi, dia bisa melakukan tipuan yang rapi untuk menembus pertahanan lawan yang kuat.

10. DEAR BOYS

DEAR BOYS merupakan salah satu rekomendasi anime olahraga yang juga tak boleh kalian lewatkan. Anime ini bercerita tentang kapten tim basket bernama Aikawa Kazuhiko. Kapten tim tersebut pindah sekolah dan mengetahui bahwa tim di sekolah baru begitu malas latihan. Agar timnya bisa tampil dengan baik. dia terus berusaha untuk membangkitkan tim mereka.

Meski ceritanya bisa dibilang cukup klise, kalian tak akan bosan saat menonton rekomendasi anime basket yang satu ini.

11. BARANGAY 143

Rekomendasi anime basket selanjutnya adalah BARANGAY 143. Anime ini berisi kisah tentang Bren Park, seorang pemuda yang pernah bermain untuk tim bola basket Korea. Kemudian, dia berhenti karena kehilangan keluarganya dalam kecelakaan. Dia pun mengetahui kabar bahwa ayah kandungnya merupakan orang lain.

Dia pun mencari ayahnya dan dalam perjalanan, dia masuk ke tim bola basket lokal, Puzakals of Barangay 143. Rekomendasi anime olahraga ini memang lebih banyak fokus pada cinta dan keluarga. Namun, aksi basket di dalamnya masih tetap bisa dinikmati.

12. BASQUASH!

Jika kalian sedang mencari rekomendasi anime olahraga yang unik, jawabannya adalah BASQUASH. Kalian akan menemukan cara yang berbeda dalam menceritakan olahraga bola basket. Pasalnya, bukan manusia yang akan kalian temui dalam rekomendasi anime basket. Kalian akan melihat penampilan para robot untuk bertanding basket.

Secara garis besar, cerita anime ini berada di Earth Dash atau planet alternatif dari Bumi yang lebih futuristis. Nah, olahraga favorit di planet tersebut adalah BFB (Big Foot Basketball). Permainan itu pun di bawa ke jalan dan mengubah namanya menjadi BASQUASH.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi anime olahraga seru dan menarik untuk ditonton. Selamat menonton dan rasakan keseruannya!


REKOMENDASI
TRENDING