HOME » KOREA
KOREA

15 Rekomendasi Film Romantis Sedih Menyentuh Hati, Jangan Lupa Siapkan Tisu Sebelum Nonton

Senin, 30 Mei 2022 14:22

Rekomendasi Film Romantis Sedih (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Tak sedikit orang yang menyukai film-film dengan genre romantis. Malahan, film romantis termasuk salah satu genre yang selalu laris manis di pasaran. Terbukti, banyak film romantis yang diserbu penonton di bioskop. Wajar saja, pasalnya cerita cinta yang digambarkan di film romantis bisa bikin penonton ikut merasa berbunga-bunga. Kendati demikian, ternyata ada pula rekomendasi film romantis sedih dengan cerita yang menyayat hati.

Setiap film romantis secara garis besar selalu mengisahkan kisah cinta. Sebagaimana realita kehidupan manusia, cinta tak selamanya indah dan bikin berbunga-bunga. Ada pula kisah cinta yang semula indah kemudian berakhir sedih bahkan tragis. Cerita semacam inilah yang tersaji dalam rekomendasi film romantis sedih.

Meski menyayat hati, rekomendasi film romantis sedih tetap layak untuk ditonton. Sebab, dari film-film seperti ini kita bisa belajar untuk lebih menghargai pasangan. Penasaran, apa saja rekomendasi film romantis yang sedih? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. THE FAULT IN OUR STARS

Rekomendasi film romantis sedih yang pertama berjudul THE FAULT IN OUR STARS. Film romantis yang satu ini merupakan hasil adaptasi novel dengan judul yang sama. THE FAULT IN OUR STARS mempunyai cerita yang romantis sekaligus menyentuh. Dikisahkan, tokoh utama dalam film ini adalah seorang gadis bernama Hazel yang tengah melawan penyakit kanker.

Suatu ketika, Hazel berjumpa dengan seorang pemuda bernama August yang merupakan anggota dari kelompok pendukung kanker. Pertemuan Hazel dan August ternyata menumbuhkan perasaan di antara mereka. Sejak saat itu, mereka menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih yang saling menguatkan.

2. FIVE FEET APART

FIVE FEET APART juga jadi salah satu rekomendasi film romantis sedih yang wajib kalian tonton. Film ini juga punya cerita yang romantis sekaligus sedih. Sama seperti THE FAULT IN OUR STARS, FIVE FEET APART juga bercerita tentang perjuangan sepasang kekasih dalam menjalin cinta di tengah kondisi kesehatan yang terganggu.

Bedanya, FIVE FEET APART menampilkan dua tokoh yang sama-sama menderita penyakit langka kemudian saling jatuh cinta. Sayangnya, lantaran penyakit yang diderita mereka tidak bisa saling mendekat. Agar tidak memperparah kondisi kesehatan mereka, masing-masing harus menjaga jarak sekitar lima kaki. Ya, meski saling cinta selalu ada jarak lima kaki di antara mereka. Sedih, bukan?

3. ETERNAL SUNSHINE OF SPOTLESS MIND

ETERNAL SUNSHINE OF SPOTLESS MIND merupakan salah satu film romantis yang wajib kalian tonton. Film yang juga bergenre fiksi ilmiah ini bercerita tentang sepasang kekasih yang bergaya nyentrik dan suka kebebasan. Mereka adalah Joel Barish dan Clementine. Mereka adalah pasangan yang serasi dan saling mencintai. Sampai suatu ketika mereka terlibat dalam sebuah pertikaian.

Lantaran berpikir pendek, Clementine memutuskan untuk menghapus ingatannya tentang Joel. Sakit hati, Joel juga melakukan hal yang sama. Namun setelah keduanya saling tidak mengenal, mereka justru dipertemukan.

Uniknya cerita di film ini bergulir dengan latar alam bawah sadar kedua tokoh. Dimana Joel akhirnya menyadari bahwa dia sangat mencintai Clementine. Joel kemudian berusaha untuk menyadarkan Clementine bahwa dia juga mencintai Joel sebegitu dalam lewat petualangan di alam bawah sadar mereka sendiri.

4. THE NOTEBOOK

Selanjutnya di rekomendasi film romantis sedih ada THE NOTEBOOK. Film yang diproduksi tahun 4014 ini disebut-sebut sebagai salah satu film romance terbaik. THE NOTEBOOK diadaptasi dari sebuah novel laris dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks.

Sama seperti beberapa judul yang telah disebutkan sebelumnya,  THE NOTEBOOK menceritakan tentang kisah cinta yang penuh pertentangan dan cobaan. Dua karakter sepasang kekasih di film ini harus menghadapi berbagai masalah mulai dari masalah status sosial, perbedaan karakter, hingga jarak yang jauh. Film ini bisa jadi motivasi dari perjuangan cinta yang semula dipenuhi keraguan lantaran banyaknya cobaan.

5. TITANIC

Siapa yang tak tahu TITANIC? Film romantis satu ini sudah begitu populer dari masa ke masa. Mengambil latar cerita kejadian nahas tenggelamnya kapal mewah Titanic, tentu film yang dirilis pada 1998 ini layak masuk pada daftar rekomendasi film romantis sedih.

Film TITANIC berkisah tentang kisah cinta Jack dan Rose saat sama-sama mengendarai kapal mewah Titantic. Meski berujung tragis, kisah cinta Jack dan Rose ibarat telah jadi cerita legenda yang menarik meski sudah ditonton puluhan kali. Tak saja ceritanya yang menarik, film TITANIC berhasil memboyong 11 piala Oscar. Sehingga, tak perlu lagi diragukan kualitasnya.

6. A STAR IS BORN

A STAR IS BORN jadi salah satu film yang cukup mencuri perhatian di tahun 2018 lalu. Film ini menjadi debut bagi Lady Gaga di dunia akting. Tak saja romantis dan melankolis, A STAR IS BORN juga kental akan unsur musikal. Film yang juga dibintangi Bradley Cooper ini memiliki kisah percintaan sedih dan juga tragis.

Dikisahkan dalam film ini, dua orang sepasang kekasih yang sama-sama berambisi pada kariernya. Kendati demikian, ambisi dalam mengejar karier sama sekali tak jadi malah bagi mereka. Bahkan mereka bertekad untuk saling mendukung dan tak ingin jadi beban bagi pasangannya. Sampai di sini cerita terdengar indah dan manis. Namun, film ini mempunyai ending yang mencengangkan dan mengaduk emosi penonton.

7. ALL THE BRIGHT PLACES

Rekomendasi film romantis sedih selanjutnya berjudul ALL THE BRIGHT PLACES. Film ini berkisah tentang dua sahabat yang berusaha mengatasi trauma masing-masing. Trauma Violet Markey berasal dari kematian sang Kakak yang cukup tragis. Sementara Theodore Finch juga dihantui trauma dan itu membuatnya sering berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Kisah persahabatan Violet dan Finch dimulai setelah mereka dipasangkan untuk mengerjakan tugas sekolah. Apakah persahabatan tersebut bisa menjadi jalan untuk menyembuhkan trauma? Simak sendiri kisahnya pada cerita dengan akhir menyedihkan ini.

8. TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK sepertinya juga layak masuk ke daftar rekomendasi film romantis sedih untuk kalian tonton. Film dengan genre drama romantis ini bercerita tentang kisah cinta Zainuddin dan Hayati yang harus terpisah hanya karena latar belakang status sosial.

Saat menonton, Hayati awalnya memang terkesan menjadi pengkhianat. Seharusnya Zainuddin pun marah dengan semua itu. Dia memang menunjukkan kemarahan, tapi ternyata, cinta yang tulus masih tersimpan di hatinya. Sepanjang hidupnya, mereka harus melalui kisah cinta yang penuh lika-liku sampai maut menjemput.

9. IF I STAY

Film IF I STAY merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya Gayle Forman. Kisahnya berisi cerita melodramatik antara Mia Hall dan Adam. Mia dan Adam sama-sama menyukai musik. Mereka pun saling mendukung satu sama lain untuk mengejar mimpi.

Konflik pun muncul saat Mia mendapat beasiswa sekolah musik di New York, sedangkan Adam juga sibuk dengan tur bandnya. Jarak dan kesibukan itu ternyata memantik konflik kecil dalam hubungan mereka. Tak berhenti di situ, konflik kembali muncul dan hubungan mereka terus diuji setelah keluarga Mia mengalami sebuah kecelakaan. Mia dinyatakan koma dan keluarganya dinyatakan tewas. Saat koma, diceritakan bahwa jiwa Mia terpisah dari tubuhnya. Dia dihadapkan pada pilihan untuk mati menyusul keluarganya atu tetap melanjutkan hidup.

10. LAST CHRISTMAS

Bicara soal rekomendasi film romantis sedih, LAST CHRISTMAS jelas tak boleh ketinggalan. Film ini berkisah tentang hubungan asmara antara Kate Andrich dan Tom. Mereka bertemu saat Kate terancam menjadi gelandangan karena diusir oleh pemilik apartemen. Kate kemudian bekerja sebagai penjaga toko pernak-pernik Natal dan mengikuti audisi bernyanyi. Saat itu, Tom datang ke kehidupannya dan membawa kebahagiaan. Dia pun mulai mencintai dirinya sendiri dengan mengubah pandangan soal hidup.

Kate yang mulai jatuh hati pun memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya. Sayangnya, Tom punya alasan yang membuatnya menjauh dari Kate. Namun, alasan itu justru terkesan tidak jelas.

11. LA LA LAND

Film yang dibintangi oleh Ryan Gosling dan Emma Stone ini jelas tak boleh kalian lewatkan. Kisah awal yang romantis tak menjamin ending yang membahagiakan. Dinamika di dalamnya membuat LA LA LAND pantas masuk ke dalam rekomendasi film romantis sedih yang tak boleh kalian lewatkan. Kisah ini bercerita tentang hubungan Sebastian, seorang pianis musik Jazz dan Mia, perempuan yang bercita-cita menjadi aktris terkenal.

Masing-masing mempunyai mimpi yang kuat tentang masa depan, sehingga mereka saling mengisi dan mendukung satu sama lain untuk meraih mimpi tersebut. Adegan musikal di dalamnya memang menghanyutkan, tapi kalian tetap harus bersiap dengan ending yang menguras air mata.

12. MOULIN ROUGE

Rekomendasi film romantis sedih selanjutnya adalah MOULIN ROUGE. Film yang dibintangi oleh Nicole Kidman dan Ewan McGregor berisi lagu-lagu menarik dan kisah cinta yang menyentuh. Kisah cinta ini milik Satine, seorang penari eksotis di klub Moulin Rouge, dan Christian, seorang penulis. Keduanya merupakan sepasang kekasih yang saling mencintai. Sayangnya, banyak yang menentang kisah kasih mereka. Film ini berakhir tragis, ketika Satine mengidap penyakit tuberculosis.

13. A WALK TO REMEMBER

A WALK TO REMEMBER juga menjadi rekomendasi film romantis sedih yang wajib ditonton. Kisah ini bercerita tentang seorang anggota geng motor bernama Landon Carter yang jatuh cinta dengan seorang perempuan polos bernama Jamie Sullivan. Mereka memang punya kepribadian yang saling bertolak belakang, tapi hal itu tak menghalangi cinta untuk tumbuh di antara mereka.

Sayangnya, saat hubungan asmara mereka mulai serius, Jamis justru mengungkap sebuah fakta yang menyakitkan bagi Landon. Penonton akan dihinggapi perasaan campur aduk melihat perjuangan cinta mereka.

14. REMEMBER ME

Selanjutnya, ada rekomendasi film romantis sedih berjudul REMEMBER ME yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Emilie De Ravin. Film ini berkisah tentang Tyler Hawkins dan Ally Craig yang memiliki trauma setelah ditinggal orang-orang tersayang.

Tyler belum bisa melupakan kakaknya yang bunuh diri, sedangkan Ally harus menyaksikan kematian Mamanya yang dibunuh di sebuah stasiun kereta bawah tanah. Film ini memang berjalan dengan lambat. Namun, film ini juga mengajarkan penonton untuk bisa lebih menghargai waktu dengan orang-orang tersayang.

15. PIECES OF WOMAN

Rekomendasi film romantis sedih selanjutnya berjudul PIECES OF WOMAN. Film dengan genre drama ini menghadirkan kisah pilu dari seorang perempuan yang kehilangan bayinya. Martha, seorang yang baru saja melahirkan bayinya yang begitu dinantikan dengan sang kekasih ternyata tak bisa diselamatkan.

Hal ini membuat Martha merasa begitu sedih. Belum lagi tekanan dari ibunya yang menyalahkannya karena melahirkan bukan di rumah sakit, tapi di rumah. Kekasihnya pun malah pergi meninggalkannya. Masalah bertubi-tubi yang menimpa Martha membuatnya depresi.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi film romantis sedih yang tak boleh kalian lewatkan.


REKOMENDASI
TRENDING