HOME » KOREA
KOREA

9 Anime Jadul Rekomendasi Tahun 80-an yang Penuh Nostalgia, Cocok Jadi Hiburan Ringan

Senin, 05 September 2022 12:33 Penulis: Dhia Amira

Anime Jadul Rekomendasi (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Anime menjadi salah satu hiburan yang banyak dipilih untuk semua usia. Nah, bagi KLovers yang sedang mencari-cari anime jadul, ada loh beberapa anime jadul rekomendasi tahun 80-an.

Ya, beberapa anime jadul ini bisa banget menjadi hiburan bagi KLovers. Ada anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang memiliki cerita ringan, hingga anime jadul dengan cerita fantasy yang menantang.

Apa saja ya anime jadul rekomendasi tahun 80-an tersebut? Yuk kita lihat beberapa anime jadul rekomendasi berikut ini. Langsung saja dicek KLovers.

1. DORAEMON (1979)

Anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang pertama yaitu, ada anime berjudul DORAEMON. Ya, anime yang tayang pada tahun 1979 ini menjadi salah satu anime legend tertua yang masih eksis hingga saat ini.

Siapa sih yang nggak tahu dengan tokoh robot kucing yang datang dari masa depan? Ya, Doraemon menjadi tokoh legend yang eksis karena barang-barang masa depan yang ia miliki.

Barang-barang canggih seperti, baling-baling bambu, pintu kemana saja, konyaku penerjemah, senter pengecil, dan masih banyak lagi ini untuk membantu sosok Nobita anak kelas 5 SD yang super payah.

2. ASTROBOY (1980)

Kalian suka dengan anime yang memiliki tokoh overpower? Maka, kalian bisa banget nih memilih anime jadul rekomendasi berjudul ASTROBOY.

Ya, anime yang tayang pada tahun 1980 ini mengisahkan tentang petualangan sebuah robot berwujud bocah manusia bernama Astroboy yang melawan kekuatan jahat bernama Atom.

Bukan hanya menghibur dengan kisah-kisah ringan saja, anime ASTROBOY ini juga memiliki kisah fantasy dan petualangan yang seru. Dan menjadi salah satu anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang sayang untuk dilewatkan.

3. NINJA HATTORI (1981)

Tayang perdana tahun 1981 silam, anime NINJA HATTORI juga masuk ke dalam salah satu anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang wajib masuk daftar tontonan KLovers. Sama seperti anime DORAEMON, anime NINJA HATTORI ini juga sangat populer loh.

Anime dengan tema slice of life dan dengan alur yang ringan ini mengisahkan tentang seorang bocah laki-laki biasa bernama Kenichi yang bertemu dengan seorang ninja bernama Hatori. Hatori pun kemudian tinggal bersama Kenichi dan menjalani kisah seru bersama.

4. CAPTAIN TSUBASA (1983)

Di kalangan anak 90-an tentu sudah tidak akan asing lagi dengan anime berjudul CAPTAIN TSUBASA. Pasalnya, CAPTAIN TSUBASA jadi salah satu anime olahraga paling populer sepanjang masa. Anime ini bercerita tentang seorang anak bernama Tsubasa Ozora yang berambisi jadi pemain sepak bola terbaik di dunia.

Lewat anime ini yang tayang perdana pada tahun 1983 ini, penonton akan diajak menyaksikan perjuangan seorang anak dalam meraih impiannya. Dalam perjalanannya mengejar mimpi, Tsubasa juga akan berjumpa dengan kawan dan lawan yang semakin membuat cerita semakin seru untuk diikuti.

5. DRAGON BALL (1986)

Anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang lainnya yaitu ada DRAGON BALL. Ya, anime satu ini memang menjadi salah satu anime legendaris dan terbaik sepanjang masa. Anime DRAGON BALL ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1986 loh KLovers. Bahkan menjadi salah satu anime populer pada tahun 90-an.

Bagi kalian generasi 90-an, pasti tahu banget nih dengan anime DRAGON BALL ini. Anime ini mengisahkan tentang perjalanan Goku bersama teman-temannya untuk mencari berbagai bola naga yang bisa mengabulkan permohonan siapapun yang bisa menemukannya. Dengan berbagai halangan serta rintangan.

Bahkan diketahui bahwa, pada tahun 2015 kemarin anime DRAGON BALL kembali tayang dengan judul DRAGON BALL Z. Ya, anime DRAGON BALL Z ini mengisahkan perjalanan seorang Goku yang sudah dewasa dan menjadi salah satu anime yang populer.

6. SAINT SEIYA (1986)

Kemudian ada anime berjudul SAINT SEIYA yang juga menjadi salah satu anime jadul rekomendasi tahun 80-an. Anime SAINT SEIYA menceritakan tentang sekelompok pemuda yang mengerahkan kekuatan mereka untuk melindungi Athena, Dewi Kebijaksanaan dan Perang.

Mereka-mereka ini kemudian dinamakan Saints. Anime dengan tema adventure dan fantasy ini memang menjadi salah satu anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang populer. Bahkan menjadi salah satu anime jadul yang wajib banget untuk kalian tonton.

7. GRAVE OF THE FIREFLIES (1988)

GRAVE OF THE FIREFLIES sangat cocok masuk dalam daftar anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang bikin nangis. Anime ini menceritakan kisah tragis nasib anak-anak di masa perang. Kalian akan dihadapkan pada gambaran situasi 1945 saat Jepang menyerah pada akhir Perang Dunia II.

Seita dan Setsuko, kakak-adik yang ditinggal ayah yang bekerja sebagai angkatan laut dan ibu meninggal terbakar saat dibom. Perang terus berkecamuk. Dua anak kecil tersebut tak diterima dengan baik oleh sanak keluarga yang sebenarnya harus mengasuhnya. Dalam durasi 1 jam 29 menit, hati kalian akan terasa dicabik berkali-kali.

Dua anak tersebut pergi dari rumah dan memulai hidup mandiri di sebuah tempat yang jauh dari kata layak. Penerangan mereka hanya berasal dari kunang-kunang yang ditangkap dan dilepaskan di dalam rumah saat malam. Kehidupan terus sulit dan makin terasa sulit.

8. AKIRA (1988)

Anime AKIRA merupakan salah satu anime klasik terbaik dengan plot cerita keren berbumbu sci-fi dan action yang sayang untuk kalian lewatkan. Anime yang tayang tahun 1988 silam ini menceritakan tentang kota fiktif bernama Neo Tokyo yang kini kacau.

Di sana ada seorang tokoh bernama Tetsuo, ia merupakan seorang anggota geng pengendara motor yang kerap kejar-kejaran dengan polisi. Namun, segalanya berubah saat Tetsuo menabrak seorang bocah laki-laki misterius. Dan petualang pun dimulai.

9. RANMA 1/2 (1989)

Dan anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang terakhir ada anime berjudul RANMA 1/2. Ya, anime RANMA 1/2 sendiri menceritakan tentang sosok Ranma, seorang bocah yang setengah pria dan setengah wanita.

Sebuah kutukan membuat Ranma menjadi seorang wanita saat terkena air dingin. Namun, hal ini tak menyurutkan mimpinya untuk menjadi pegulat handal. Dan menjadi salah satu anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang sayang untuk dilewatkan.

Itulah beberapa anime jadul rekomendasi tahun 80-an yang bisa KLovers tonton. Bukan hanya menghibur saja, namun juga penuh akan nostalgia.

REKOMENDASI
TRENDING