KOREA

Bernuansa Dark dan Penuh Misteri, Sutradara Lee Eung Bok Ungkap Makna 'SWEET HOME' dalam Filmnya

Selasa, 22 Desember 2020 18:01 Penulis: Mita Anandayu

Lee Eung Bok Sutradara Film SWEET HOME © NETFLIX

Kapanlagi.com - Drama Netflix SWEET HOME disutradarai oleh Lee Eung Bok yang sebelumnya dikenal dengan drama suksesnya di Korea dan Indonesia antara lain DESCENDANTS OF THE SUN, GOBLIN dan MR SUNSHINE. Drama yang tayang pada tanggal 18 Desember lalu ini berhasil menyita perhatian pecinta drama Korea. Banyak dari mereka dibuat tegang dengan jalan ceritanya dan monster-monster yang muncul.

Drama dengan nuansa dark dan penuh mister itu pun memiliki judul yang berbanding terbalik. Yapp, SWEET HOME dipilih sebagai judul sama halnya dengan judul webtoonnya karya Kim Kan Bi dan Hwang Young Chan yang dirilis pertama kali di tahun 2017. Lalu apa sebenarnya maknya SWEET HOME sendiri?

"Ceritanya memang memiliki awal yang sama sekali tidak 'sweet (manis)'. Meski butuh waktu yang lama untuk bisa menjadi keluarga, akan tetapi pada akhirnya mereka akan menjadi keluarga yang saling membutuhkan dan memiliki cerita yang emosional hingga bisa dikatakan merupakan 'sweet home' bagi semuanya. Mungkin di awal kamu bakal berpikir ceritanya sedikit ironis tapi di akhir kamu bakal setuju kalau film ini merupakan 'sweet home'," ungkap Lee Eung Bok.

Para penghuni apartemen GREEN HOME di Film SWEET HOME © NETFLIX Para penghuni apartemen GREEN HOME di Film SWEET HOME © NETFLIX

1. Konsep Apartemen Green Home

Seperti yang kita tahu, khususnya buat kamu yang sudah nonton SWEET HOME nih, drama ini menceritakan tentang para penghuni apartemen Green Home dengan kejadian misterius di lingkungannya di mana manusia berubah menjadi monster. Sutradara yang akan hadir dengan drama terbarunya berjudul MOUNT JIRI ini pun menjelaskan bagaimana konsep dari Green Home yang dia gambarkan dalam film.

"Dikarenakan kami syuting di tempat tertutup di sepanjang episodenya, saya mencoba merepresentasikan panggung 'monsterisasi' dengan cahaya yang datang dari luar dan transformasi bangunan. Bangunan itu memiliki penutup di pintu masuk pada awalnya, kemudian diganti dengan dinding, diikuti oleh keruntuhan dan ruangan yang terbuka. Dalam prosesnya, saya mencoba menggambarkan berbagai tahap dari apa yang dirasakan oleh penghuni apartemen dengan pergantian lampu dan barikade. Berbagai unsur bangunan kuno dan sejarah digabungkan dalam struktur dari apartemen Green Home," jelas sutradara yang juga menggarap drama DREAM HIGH ini.

2. Kisah SWEET HOME Jadi Alasan Lee Eung Bok Putuskan Sutradarai Filmnya

Lee Eung Bok dikenal dengan karya film yang tak hanya sukses di Korea tapi juga bagaimana drama ataupun film karyanya juga mendapatkan apresiasi dan dinikmati pecinta drama di luar Korea, termasuk Indonesia. SWEET HOME pun dipilihnya untuk menjadi proyek drama yang disutradarainya. Lantas, apa alasannya memutuskan untuk menggarap film ini?

"Saya suka dengan cerita ironis yang terjadi ketika seorang anak cowok memutuskan untuk bunuh diri namun dia justru berubah menjadi monster dan menyelamatkan banyak orang. Di tiap episodenya penuh dengan adegan yang menegangkan, dan itulah alasan mengapa aku rasanya harus menyutradarai film ini." pungkas Lee Eung Bok.


REKOMENDASI
TRENDING