HOME » KOREA
KOREA

Buat Kamu Yang Tertarik Dengan Sastra Klasik Jepang, Sederet Anime Ini Wajib Kamu Tonton!

Kamis, 16 September 2021 22:23 Penulis: Editor KapanLagi.com

SHOUWA GENROKU RAKUGO SHINJUU (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Jepang memanglah negara yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain tempat-tempatnya yang indah, budayanya pun juga menarik untuk dipelajari. Salah satu dari budaya dari negeri matahari terbit yang telah memikat banyak orang dari seluruh dunia adalah sastra klasiknya.

Sastra klasik dari setiap negara memang unik dan memiliki daya unik tersendiri. Berbagai cerita mistis, dongeng, legenda, maupun cerminan hidup seseorang di masa lampau disampaikan dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca semua orang di masa mendatang.

Berikut adalah sederet anime yang memuat cerita dari budaya dan sastra klasik Jepang. Dengan visual yang memukau, tentu mempelajari cerita-cerita lama dari negeri sakura ini tidak akan terasa membosankan!

1. AYAKASHI: JAPANESE CLASSIC HORROR (2006)

Seperti judulnya, AYAKASHI: JAPANESE CLASSIC HORROR merupakan anime yang mengadaptasi cerita-cerita mistis di Jepang. Berbanding terbalik dengan ceritanya yang kelam, visual yang disuguhkan oleh anime ini cukup berwarna dan begitu artistik.

Anime ini memiliki 3 cerita horror masyarakat Jepang. Cerita pertama adalah tentang hantu wanita yang ingin membalas dendam, cerita kedua adalah tentang cinta terlarang antara manusia dengan seorang dewi, dan yang terakhir adalah mengenai calon pengantin wanita yang terbunuh oleh makhluk mistis.

 

2. MONONOKE (2007)

MONONOKE merupakan spin-off dari anime AYAKASHI: JAPANESE CLASSIC HORROR. Kesan artistik yang ditampilkan pun tak kalah bagusnya dari seri sebelumnya. Anime ini membahas 4 cerita klasik horror Jepang, di antaranya adalah Zashiki-warashi, Umibouzu, Nopperabou, Nue, dan Bakeneko.

Anime ini berpusat kepada seseorang tanpa nama yang bekerja sebagai tukang obat. Meski hanya berprofesi sebagai tukang obat, ia memiliki kemampuan untuk memburu hantu. Nantinya, anime ini akan bercerita bagaimana ia memusnahkan hantu-hantu di tempat yang ia kunjungi dalam perjalanannya.

 

3. AOI BUNGAKU SERIES (2009)

AOI BUNGAKU SERIES merupakan anime yang mengadaptasi 6 cerita klasik dari beberapa penulis terkenal di Jepang. Bagi para penggemar anime BUNGOU STRAY DOGS, nama penulis yang ceritanya digunakan dalam anime ini pasti tidak akan terasa asing. Karena diadaptasi dari beberapa sastrawan, tentunya anime ini memiliki genre cerita yang bervariasi.

Anime ini memiliki 2 cerita dari Osamu Dazai berjudul NO LONGER HUMAN dan RUN, MELOS! Lalu, terdapat sebuah cerita dari Ango Sakaguchi berjudul SAKURA NO MORI NO MANKAI NO SHITA dan satu cerita oleh Natsume Soseki dengan judul KOKORO. Tak lupa pula, 2 cerita terakhir adalah milik Ryuunosuke Akutagawa dengan judul THE SPIDER’S THREAD dan HELL SCREEN.

 

4. CHOUYAKU HYAKUNIN ISSHU: UTA KOI (2012)

CHOUYAKU HYAKUNIN ISSHU: UTA KOI adalah anime yang diadaptasi dari puisi romantis antologi HYAKUNIN ISSHU. HYAKUNIN ISSHU sendiri adalah kumpulan 100 puisi romansa dari 100 penyair yang berbeda. Sehingga, dapat dikatakan bahwa anime ini merupakan interpretasi dari puisi tersebut.

UTA KOI berkisah tentang cerita cinta dari 12 pasangan di Era Heian. Tak hanya berkisah tentang romansa, namun isu sosial dan budaya yang umum dan terjadi pada masa tersebut juga ikut disinggung. Oleh karenanya, tidak semua pasangan dalam anime ini mendapatkan akhir yang bahagia.

 

5. SHOUWA GENROKU RAKUGO SHINJUU (2016)

Tidak seperti anime-anime yang telah disebutkan sebelumnya yang ceritanya merupakan hasil adaptasi, SHOUWA GENROKU RAKUGO SHINJUU bukanlah adaptasi dari cerita klasik. Meski begitu, anime ini memberikan banyak pengetahuan mengenai seni bercerita tradisional Jepang yang disebut rakugo.

Anime ini mengisahkan seorang pria yang merupakan mantan narapidana yang ingin memulai hidup baru. Ia pun memutuskan untuk mempelajari seni rakugo setelah terkesima oleh penampilan seni tersebut saat di penjara. Bagi kalian yang sangat tertarik dengan seni rakugo, anime ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton!

Nah, itulah beberapa anime yang memiliki unsur-unsur literatur klasik Jepang dengan pembawaan cerita serta visual yang menarik. Happy watching and learning!

 

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

 

REKOMENDASI
TRENDING